Penggunaan Teknik Pancing untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMPN 4 Batang Anai
DOI:
https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i1.81Keywords:
teknik pancing, menulis teks eksposisi, SMPN 4 Batang AnaiAbstract
Teknik pancing merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan keefektivitasan pembelajaran menulis teks eksposisi. Penggunaan teknik pancing dalam pembelajaran menulis teks eksposisi diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa yang lebih kreatif. Selain itu, teknik pancing juga diharapkan mampu mengoptimalkan keterampilan menulis teks eksposisi dalam menyajikan informasi secara jelas, sistematis dan objektif. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi penggunaan teknik pancing dalam pembelajaran menulis teks eksposis siswa kelas VIII di SMPN 4 Batang Anai. Metode penelitian yang dipakai pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan PTK. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan ketuntasan siswa dalam belajar yaitu siklus I, hanya 63% siswa yang memenuhi ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II, peningkatan yang signifikan terlihat dengan 90% siswa mencapai ketuntasan belajar. Di samping itu, siswa juga terlihat antusias dan terlibat aktif mengikuti pembelajaran teks eksposisi.
References
Azwardi. (2018). Metode Penelitian: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala Press.
Bruff, D. (2009). Teaching with Classroom Response Systems: Creating Active Learning Environments. John Wiley & Sons.
Doyle, T., & Zakrajsek, T. (2013). The New Science of Learning:How to Learn in Harmony With Your Brain. Stylus Publishing, LLC.
Ernawati, S. D., Kurniawan, P. Y., & Ubaedilah. (2019). Keefektifan Metode Time Token Arends dan Mind Mapping dalam Menulis Teks Eksposisi. Jurnal SEMANTIKA, 1(01), 55-62.
Kunandar. (2004). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. Raja Grafindo Persada.
Maeng, J. L. (2016). Game-based learning and mathematics: A review of literature. Journal of Curriculum and Teaching, 5(1), 23-31.
Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Nurminto, T., & Afnita, A. (2020). Keefektifan Kalimat dalam Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Raya. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(3), 437-448.
Purnawi, Afi. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Clossroom Action Research). Yogyakarta: CV Budi Utama.
Ramadhan, Y. S., Asri, Y., & Arief, E. (2017). Pengaruh Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 416-421.
Sakaria, Usman, & Milenia, G.P. (2022). Pengaruh Metode Debat terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 8(1), 47-54.
Setiawan, A. (2019). Pembelajaran menulis teks eksposisi berbasis kehidupan nyata. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 19(1), 61-70.
Sudjana, N., & Ibrahim, M. (2015). Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Pembelajaran Melalui Teknik Pancing. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(1), 24-31.
Sugiani Ni, Putu. (2007). “Penerapan Teknik Pancing Alasan untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Ssiswa Kelas VIII.2 SMPN Laboratorium Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja”. Skripsi. Singajara. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah. Universitas Negeri Singajara.
Sukardi. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumu Aksara.
Verenikina, I., & Harris, P. (2018). Posing problems, problem solving, and ‘puzzling out’: enhancing children’s engagement in learning mathematics through challenging tasks. Mathematics Education Research Journal, 30(2), 223-239.
Yusuf, M. (2014). Pengaruh pembelajaran menulis teks eksposisi terhadap kemampuan berbahasa siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(1), 21-30.