PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SDK NABUTAEK

Authors

  • Yohana Febriana Tabun STKIP Sinar Pancasila Betun

DOI:

https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i1.83

Keywords:

Metode Demonstrasi, Hasil Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterlibatan siswa secara langsung dalam pembelajaran yang sangat minim sehingga siswa tidak memahami materi yang diajarkan. Disamping itu, siswa tidak antusiasi dan tertarik pada materi karena menggunakan metode konvensional dalam mengajar.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas IV SDK Nabutaek. Jenis penelitianyang digunakan adalah penelitian tindak kelas dengan empat tahapan yakni: persiapan, pelaksanaan, evaluasi, obsevasi dan refleksi dengan mengambil lokasi SDK Nabutaek, Kabupaten Malaka. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah para siswa kelas IV yang berjumlah 28 orang, dengan rincian 15 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik tes dan nontes/observasi. Data yang terkumpul dengan teknik analisis deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Hal ini dilihat dari hasil tes setiap siklus yakni pra siklus sebesar 71,07% dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 50. Siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM 19 orang atau 67,86% dari nilai KKM yang ditetapkan yaitu 70. Sementara ketuntasan klasik yang ingin dicapai 70%. Ini menunjukan bahwa ketuntasan dalam pembelajaran belum tercapai. Dan siklus II diperoleh nilai rata-rata 78,21 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 50. Siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM 22 orang atau 78,75% dari nilai KKM yang ditetapkan yaitu 70. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa sudah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Oleh karena itu penelitian dianggap cukup sampai siklus II.

 

 

References

Arikuanto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta Rineka cipta

Ahmad, S. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta.

Dimyati, M. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka cipta,

Hamalik. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Ismail. 2003. Media Pembelajaran (model pembelajaran), Pendidikan Nasional. Jakarta

Kumandar. 2010. Langkah Muda Penelitian Tindakan Kelas. Dirjen Depdikbud Jakarta

Wingkel. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramadia

Nasution. 1982. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Shalahuddin. 1990. Pengantar Pesikologi Pendidikan. Surabaya: Bina Ilmu

Sanjaya. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana

Jumati, dkk. 2013. Kreatif Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV untuk sekolah dasar. Jakarta: Duta

Pupuh, F & Subry, S. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – yaktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Syah, M. 2006. Psikologi Belajar, Jakarta : Raja Grafindo Persada,

Syaiful, B, D & Aswan Z. 2010. Strategi Belajar Mengajar, Cetakan keempat. Jakarta : Rineka Cipta

Sulistyorini, S. 2007. Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar. Yogjakarta: Tiara Karya

Sudjana, N dan Ibrahim. 2009. Penelitian dan penilaian Pendidikan Bandung.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Yohana Febriana Tabun. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SDK NABUTAEK . JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS), 1(1), 62–68. https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i1.83