PENERAPAN SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KEGIATAN PEMBELAJARAN DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MIS GUPPI AL KHAERAT SIMBANG

Authors

  • Haedar Haedar MIS GUPPI Al Khaerat Simbang

DOI:

https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i1.84

Keywords:

Supervisi Klinis, Keterampilan Guru, Peningkatan Kualitas Pembelajaran

Abstract

Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa guru sudah melakukan persiapan dan pelaksanaan proses pembelajaran. Namun, kegiatan tersebut belum maksimal dalam pengelolaannya. Guru terlihat kurang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan kurang dalam memberikan kesimpulan dari materi yang dibahas. Permasalahan tersebut mendorong peneliti untuk melakukan penelitian tindakan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan dan keefektifan supervisi klinis kepala madrasah sebagai upaya peningkatan keterampilan guru mengelola kegiatan pembelajaran dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran di MIS GUPPI Al Khaerat Simbang Kec. Tombolopao Kab. Gowa Tahun Pelajaran 2022-2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan dalam 3 siklus. Peningkatan keterampilan guru terhadap daya serap kelompok pada siklus I, II, dan III sebesar 65,03%; 75,34%; dan 87,21%. Sedangkan peningkatan keterampilan guru terhadap ketuntasan kelompok pada siklus I, II, dan III masing-masing sebesar 12,50%; 50,00%; dan 100,00%. Dan peningkatan keterampilan guru terhadap ketuntasan hasil pembinaan pada siklus I, II, dan III masing-masing sebanyak 1, 4, dan 8 guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kegiatan pembinaan melalui penerapan Supervisi Klinis Kepala Madrasah memiliki efektivitas dan dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola kegiatan pembelajaran dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran mengajar di MIS GUPPI Al Khaerat Simbang Kec. Tombolopao Kab. Gowa Tahun Pelajaran 2022-2023.

 

 

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dunkin, M.J. dan Biddle, B.J. 1974. The Study of Teaching. New York: Holt. Rinehart and Winston.

Glickman, C.D.. 1981. Developmental Supervision: Alternative Practices for Help-ing Teachers Improve Intruction. Asspciantion for Supervision and Curriculum Development. Alexandria, Virginia.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sagala, Syaiful. 2012. Supervisi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sormin, Darliana. 2016. Kompetensi Guru dalam Melaksanakan dan Mengelola Proses Belajar Mengajar di Pondok Pesantren Darul Mursyidi Desa Sialogo Tapanuli Selatan. Jurnal Fitrah, 2 (1): 117-130.

Sudjana, Nana, dkk.. 2011. Buku Kerja Pengawas Sekolah. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan PSDM dan PMP Kementerian Pendidikan Nasional.

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Haedar Haedar. (2023). PENERAPAN SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KEGIATAN PEMBELAJARAN DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MIS GUPPI AL KHAERAT SIMBANG. JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS), 1(1), 69–82. https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i1.84