Penerapan Model Inquiry Learning Variasi Pembelajaran Sosial Emosional Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Kelas 2 SDN Srondol Wetan 5 Semarang

Authors

  • Alfian Nurianto Ramadhani Universitas Negeri Semarang
  • Unik Herniati SDN Srondol Wetan 5 Semarang
  • Trimurtini Trimurtini Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.54066/jupendis.v1i4.861

Keywords:

Motivasi Belajar, Inquiry Learning, Model pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Inquiry Learning variasi pembelajaran sosial emosional. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas II SDN Srondol Wetan 05. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran dengan model Inquiry Learning variasi pembelajaran sosial emosional dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I pertemuan 1 sebesar 63% dan pertemuan 2 sebesar 71%, meningkat pada siklus II pertemuan 1 sebesar 82% dan pertemuan 2 sebesar menjadi 87% pada kategori peningkatan “ Sangat Tinggi”.

 

References

Bahari, Fajar.2023. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Virtual Laboratory Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Pada Materi Fluida Statis. Universitas Jember.

Hendriana, Heuris., Euis E., & Utari S. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung : Refika Aditama.

Hermayani, Anisa Zahra, Sri Dwiastuti, & Marjono. 2015. Peningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ekosistem Melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Biologi. Hal:79.

Hidayah, Nurul, Kartika, & Ngatman.2017. Penerapan Model Inquiry Terbimbing dalam Peningkatan Motivasi Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN KlegenwonosariTahun Ajaran 2016/2017. 5(5), Hal:464.

Muhammadin, Ayatullah. 2015. Penerapan Metode Inquiry Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Materi Lingkungan Kelas V SD Negeri Kacangan I Kecamatan Sumberlawang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 6(2), Hal:1.

Nur, Siti Halimah, Ratu, & Tasyiri. 2015. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Danpenguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia.4(30), Hal: 447.

Nursiti, Sjafty. 2017. Masalah-Masalah Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar. Jurnal Media Penelitian pendidikan. 11(2), Hal:54.

Silalahi, Ransus. 2011. Kontribusi Model Pembelajaran Kontekstual Tipe Inkuiri Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Edisi Khusus. No 2, Hal:134.

Widiastuti, Sussi. 2021. Pembelajaran Sosial Emosional Dalam Domain Pendidikan: Implementasi dan Asesmen. Jurnal Pendidikan Mandala. 7(4), Hal: 964-967.

Wiwin, Apriani.2023.Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Biro. Master Thesis thesis, Universitas Tadulako.

Yani, Yuli. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Sekolah Dasar Negeri. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Yulianti, Anisah, Octarina, & Nuri. 2023. Peningkatan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Tematik Melalui Penerapan Model Inkuiri Kelas Ii Sdn 01 Kartoharjo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 8(2), Hal : 1328.

Downloads

Published

2023-09-10

How to Cite

Nurianto Ramadhani, A., Herniati, U., & Trimurtini Trimurtini. (2023). Penerapan Model Inquiry Learning Variasi Pembelajaran Sosial Emosional Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Kelas 2 SDN Srondol Wetan 5 Semarang. JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS), 1(4), 29–40. https://doi.org/10.54066/jupendis.v1i4.861