Studi Komparasi Perbandingan Metode Pembelajaran Course Review Horay dengan Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Tema 1 Sub Tema 2 Kelas V SDN 013858 Mekar Baru

Authors

  • Lidya Wulandari Universitas Negeri Medan
  • Erlinda Simanungkalit Universitas Negeri Medan
  • Masta Marselina Sembiring Universitas Negeri Medan
  • Robenhart Tamba Universitas Negeri Medan
  • Sorta Simanjuntak Universitas Negeri Medan
  • Winara Winara Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.54066/jupendis.v1i4.862

Keywords:

Comparative Study, Learning Methods, Course Review Horay, Teams Games Tournament

Abstract

This study aims This study aims to determine the comparison of the course review horay and Teams Games Tournament learning models on students' cognitive learning outcomes. The method used in this study is a comparison with the design of the Non Equivalent Control Group Design. Sampling was used by random sampling technique. Posttest results in experimental class 1 get the lowest score 60 and the highest score 80. While in the experimental class 2 get the lowest score is 65 and the highest score is 90, the average value in experimental class 1 is 74.25 and the average value of the experimental class 2 is 79.25 The results showed that there was a comparison of the Course Review Horay and Teams Games Tournament learning models on student learning outcomes. This can be seen from the results of the hypothesis using the t test obtained a significance value of 0.043, because the significance value is less than 0.05 then Ho is rejected and H1 is accepted. Thus it can be said that there is a comparison of the Course Review Horay and Teams Games Tournament learning models on student learning outcomes in Theme 1 Sub-th eme 2 Class V SDN Mekar Baru, with a difference value of 5.

References

Sukardi. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan:Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dina Fitriyah, 2018, pengaruh Metode Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Subtema Perubahan Lingkungan Siswa Kelas5 MI Yuspuri Malang, Skripsi, Fakultas Ilmu tarbiyah Dan Kehuruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malik.

Febti Bunga Mutiara dkk, 2019, Efektivitas Model kooperatif Tipe ReviewHoray (CRH) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa, Indonesia Journal of Science and mathematics Education. Vol. 2. E-ISSN: 2615-8639.

Gagne R.M, 2003, Prinsip-Prinsip Belajar Untuk Pengajaran, Surabaya: Usaha Offset printing.

Hamalik, 2013, Metode Belajar dan kesulitan-kesulitan belajar, Bandung: Tarsito

Indra Jaya, 2017, Penerapan statistik untuk pendidikan, Bandung: Citapustaka.Istrani, 2014, 58

Jaya, I. (2018). Penerapan Statistik Untuk Pendidikan. Bandung: Ciptaka Media Perintis.

Julita. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Literasi Saintifik Materi Alat Indra Manusia Kelas IV Sekolah Dasar. 5(2), 210–219.

Kunandar, 2013, Pendidikan Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan kurikulum ) . Jakarta: Raja Grafindo Persada

Lidia, W. dkk. 2018. Pengaruh model course review horay terhadap hasil belajar ips. Jurnal toti dan praksis pembelajaran ips. Vol. 3. No. 2

Lubis, M. A., & Azizan, N. (2020). Pembelajaran Tematik SD/Mi. Jakarta: Kencana

Lusi Marleni, Faktor-Faktor yang Mempengarihi Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Bangkinang, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1

Maisaroh, Rostrieningsih, 2010, Jurnal, peningkatan Hasil belajar Siswa dengan Menggunakan metode pembelajaran Active learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komuniaksi di SMK Negeri 1 Bogor.

Masyhud, S, M. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen Dan Profesi Pendidikan.

Malawi, I., & Kadarwati, A. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Magetan: CV. Ae Media Grafika.

Mardianto. (2019). Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Maryanto, Fransiska, Kusumawati, H., Puspa, D., & Subekti, A. (2017). Peristiwa dalam Kehidupan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Meilani, Rima dan Nani Sutarni. 2016. Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran.Vol.1. No. 1

Miftahu Huda, 2013, Model-model Pengajaran dan pembelajaran, Yogjakarta: Pustaka Pelajar Purwanto, 2006, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2023-09-10

How to Cite

Lidya Wulandari, Erlinda Simanungkalit, Masta Marselina Sembiring, Robenhart Tamba, Sorta Simanjuntak, & Winara Winara. (2023). Studi Komparasi Perbandingan Metode Pembelajaran Course Review Horay dengan Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Tema 1 Sub Tema 2 Kelas V SDN 013858 Mekar Baru. JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS), 1(4), 21–28. https://doi.org/10.54066/jupendis.v1i4.862