MEMBANGUN ANAK DIDIK MELALUI NILAI-NILAI PEMBELAJARANAN HOLISTIK BERBASIS KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i2.94Keywords:
Pembelajaran Holistik, KarakterAbstract
Manusia seutuhnya ditunjukkan dengan perkembangan dan peningkatan seluruh bagian kemajuan. Pemeragaan kembali perkembangan dan pengasuhan remaja yang tidak ideal menjadi predisposisi ketidakmampuan untuk memasuki pelatihan lebih lanjut dan penggunaan kemampuan masing-masing anak yang tidak memadai. Motivasi di balik ujian ini adalah untuk mendeskripsikan dan merinci secara lebih mendalam persiapan, implementasi, manajemen, dan implementasi program pelatihan berbasis karakter yang mencakup semua yang telah diselesaikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Berbagai macam informasi dengan metode tertentu, wawancara luar dan dalam, dokumentasi. Mata pelajaran Eksplorasi antara lain: Pengarah, Fasilitator, Pendidik, Pengorganisasi Karakter, Wali Siswa. Untuk memastikan legitimasi informasi, strategi triangulasi sumber, teknik, dan hipotesis digunakan. Pengecekan informasi dibantu melalui reduksi informasi, penyajian informasi, dan hasil akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan program yang bergantung pada hasil penilaian pelaksanaan program tahun sebelumnya dibantu melalui pembagian tugas pendidik sebagai penyelenggara meliputi karakter, SDM, periklanan dan organisasi, pendidikan dan perencanaan pembelajaran, dan penanggung jawab program. praktek memutuskan menjelang awal tahun. Manajemen diselesaikan selama jam belajar mengajar dan penyelesaian tindakan secara langsung atau dalam laporan yang disiapkan. Penilaian akhir setiap program gerakan oleh pendidik dan kepala sekolah, setiap triwulan dan semester oleh instruktur, pengurus dan pengawas, kemudian pada saat itu pelatihan dilakukan oleh seorang pembimbing, sekelompok ahli. Gagasan yang dapat diberikan antara lain: niat untuk bekerjasama dengan program sekolah melalui KPO sebagai mitra yang lebih layak, melaksanakan program agar sekolah rutin memberikan data kepada wali murid tentang materi yang diajarkan, serta monitoring dan penilaian.
References
Arikunto, Suharsimi. 1987. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Binaraksa
Baharuddin, 2010. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan, Jogjakarta: Ar Ruzz Media
DEPEG RI, Al-Qur'an dan Terjemahannya (Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-Qur'an)
Farida Isroani, (2022), Strategi Lembaga Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Di Era Digital, Sustainable, Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, IAIN Bangka Beltiyung, Vol 5 No 2.
Farida Isroani, (2022), , Upaya Memperkuat Resiliensi Pendidikan Inklusi Melalui Rumah Mengaji Di Masa Pandemi, Al Afkar: Journal of Islamic Studies, UNWIR Indramayu, Vol 6 No 1
Farida Isroani, (2022), Strengthening Character Education Through Holistic Learning Values, Quality Journal, IAIN Kudus, Vol 10 N0 2
Hadi, Sutrisno.1990. Prosedur Research Jilid I. Yogyagkarta: Andi Offset
Hamdan, Ahmad. 2003. Dampak Industri Kecil Terhadap Keadaan Sosial Ekonomi Masyarakat Sekitarnya (Studi Terhadap Berkembangnya Industri Meubel Di Desa Winangon Lor Kec. Winangon Kabupaten Pasuruan), Skripsi tidak diterbitkan, Malang: Jurusan P.IPS Fakultas Tarbiyah UIIS Malang
Hidayatullah, Furqon, 2010. Pendidikan Karakter: Membangun peradaban, Surakarta: Yuma Pustaka
Koentjaraningrat. 1997. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Moeleong, Lexy J. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosyda Karya.
Mulyasa, 2012. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara
Nata, Abudin. 2001. Perspektif Islam tentang pola hubungan guru-murid studi pemikiran tasawuf Al-Ghazali. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Nurani, 2005. Untung Rugi Full Day School, Surabaya: Edisi 221 Surabaya
Sudjana, Nana. 1989. Metode Statistik,, Bandung: Tarsito
Wahidmurni. 2008. Cara mudah menulis proposal dan laporan penelitian lapangan. Malang: UM PRESS.
Yasin, Fatah. 2008. Dimensi-dimensi pendidikan Islam. Malang: UIN-Malang Press.
Yusuf Qardhawi, Sunnah Rasul Sumber Ilmu Pengetahuan Dan Peradaban (Jakarta: Gema Insani Press)
Zainu Jamil, Muhammad bin. 2002. Solusi Pendidikan Anak Masa Kini. Jakarta: Mustaqim.