Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Makanan Ringan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM)

Authors

  • Novi Aisha Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.54066/jurma.v2i1.1235

Keywords:

Marketing Mix, Buying Interest.

Abstract

This study aims to determine the effect of the marketing mix on consumer buying interest. This study uses a qualitative descriptive approach, which describes the problem studied accurately regarding the facts and causes of the observed phenomena. Data collection techniques used are literature studies, documentation methods, internet searching related to the marketing mix and purchase intention. The results of this study obtained that there was an influence of product, price, place, and promotion on consumer buying interest.

References

Ali, Hasan. Manajemen Pemasaran dan Marketing, Penerbit Alfabeta, Bandung. 2008.

American Marketing Association. Definition of Marketing. American Marketing Association. (2013, July).

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid1. Jakarta:Pren hall Indo. 2012.

Boyd. W, Manajemen Pemasaran (Suatu Pendekatan Strategis Dengan Orientasi Global),(Jakarta: Erlangga, 2000), h. 264.

Daryanto, L. H., dan Hasiholan, L. B. The Influence Of Marketing Mix On The Decision To Purchase Martabak “Setiabudi”Pak Man Semarang. Journal of Management, Vol. 5, No. 5, 2019.

Herdioko, Jonathan. Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen dama Berbelanja Produk Kopi Secaara Daring: Studi Kasus Pada Situs Internet Otten Coffee. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, Vol 12, No.2 (2017). http://e-journalfb.ukdw.ac.id/index.php/jrmb/article/view/292/271.

Hurriyati (2005). Bauran Pemasaran & Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

https://dailysocial.id/post/tren-digitalisasi-umkm-di-indonesia-2023-tantangan-dan-peluang

https://islandsunindonesia.com/id/tren-makanan-ringan-indonesia/

Kasmir. 2004. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Prenada Media Group.

Kotler. Keller. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ketiga Belas. Erlangga. Jakarta. 2009.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler Philip & Gary Armstrong (1988). Prinsip-Prisip Pemasaran, Terjemahan Bahasa Indonesia. PT: Gelora Aksara Pratama. Cet Ke-12,h.62.

Kotler, Philip. dan Amstrong, Gary, 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kurniawan, R & Yuniar, A, K. Pengaruh Kelengkapan Produk dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Giant Expresss Sukabumi (Studi Kasus konsumen Giant Expresss Sukabumi). Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol X1 No 2 (2020).

Laksana Fajar (2008). Manajemen Pemasaran edisi pertama. Yogyakarta :Graha Ilmu

Marwana, dkk. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Bakso Bakar Pada Usaha Mikro Kecil di Kelurahan Lasoani. Jurnal Sinar Manajemen, Vol 9, Nomor 03: 420-427 (2022).

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2007.

Savitri, Citra dan Anggela, Flora Patricia. (2020). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pt. xxx. Buana ilmu, 4(2), 234-252.

Santoso, A., & Sungkari, H. S. The Analysis of The Impact of The Marketing Mix. Journal of Business Strategy and Execution, 6(1), 58-70, (2013).

Schiffman, L.G dan Kanuk, Lesley L.(2007). Consumer Behavior, New Jersey: Perason Prestice Hall.

Silaningsih, E. & Utami, P. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Produk Olahan Makanan Ringan. Jurnal Sosial Humaniora 9(2): 144-158, (2018).

Shintarani, E, D. Pengaruh Promosi Produk Seafooking Terhadap Brand Awareness Produk. Nyimak (Journal of Comunication), 1(2), 209-220, (2018). http://doi.org/10.31000/nyimak.vli2.484.

Suvattanad, M. Skin Whitening Products Purchasing Intention Analysis. Research Journal of Business Management, 8(1), 28-42, (2014, January).

Sukma, Hermina & Nova. Pengaruh Produk, Distribusi, dan Digital Marketing Terhadap Minat Beli Produk UMKM Binaan Kadin Jabar Pada Situasi Covid-19. MANNERS, Vol III No 2, (2020). http://Jurnal.unnur.ac.id

Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta. 2009.

Sugiarto, B U & Subagio H. Analisa Pengaruh Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli di Dream Of Khayangan Art Resto Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol 2, No 1, (2014).

Susanto, Aris. Pengaruh Merek, Desain Produk, dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Persebaya Store Gresik.JRE: Jurnal Riset Entrepreneurship, Vol 2 No 2; 62-6, (2019)

Sofjan Assauri,Manajemen Pemasaran. (2007). Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suparyanto & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor: In Media.

Tania, A, E, dkk.. Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Minat Beli. Publik: Jurnal anajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, Vol IX, No 1, (2022).

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Andi. Yogyakarta. 2002.

Trulline, P. Pemasaran produk UMKM melalui Media Sosial dan E-Commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, Vol 5, No 2, 259-279, (2021).

Wells, L., Farley, H & Amstrong G.A. The Importance of Packaging Design For Own –label Foodbrands. International Journal of Retail and Distribution Management, 35(9), 677-690, (2007).

Widyaningrum, N. A. Dampak Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Crispy Rice Crackers. Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 1 (6), 635-641, (2017).

Tjiptono, F. 2008. Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Umar, Husain. 2013. Riset pemasaran & perilaku konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Novi Aisha. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Makanan Ringan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM). Jurnal Riset Manajemen, 2(1), 19–29. https://doi.org/10.54066/jurma.v2i1.1235