Analisis Dampak E-Commerce Terhadap Pengaruh Penjualan UMKM

Authors

  • Riana Raharti Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Muhammad Irwan Padli Nasution Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54066/jurma.v2i1.1303

Abstract

This research aims to determine the impact of E-commerce on the influence of MSME sales. The method used is Library Research (Library) in this writing, this method uses books, and journals, both written and online. Based on the results of this research, it can be concluded that E-commerce has a positive impact on MSMEs, including access to larger markets, reduced operational costs, marketing capabilities, in-depth data analysis, and brand development. E-commerce helps MSMEs to develop, increase efficiency, and build customer trust. In facing competition, MSMES needs to focus on effective marketing strategies and maintaining product and service quality. E- commerce is a powerful tool for the growth of MSMEs in the digital era.

References

Anonimius, 2015. Tim Kementrian Koperasi dan UMKM 2015, Rencana Strategis Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia Tahun 2015-2019, Kementrian Koperasi dan Ukm, Jakarta.

Helmalia, & Afrinawati. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam) 3, (2):237.

Helmalia, A., & Afrinawati, A. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 237.

Hendriani, 2012. Peran UMKM Dalam Perekonomian Teknologi Indonesia Open Source E- Commerce Terhadap Kinerja UMKM dengan Faktor-Faktor Technology Acceptance Model (TAM) Sebagai Moderating Variabel. Jurnal Teknomatika Vol. 1 No. 1 Palembang STIMIK PalComTech.

Huy, L.V., Rowe, F., Truex D. and Huynh, M.Q., 2012, An empirical Study of Determinants of E-Commerce Adoption in SMEs in Vietnam an economy in transition, Journal of Global Information Management, Vol. 20 No. 3, pp. 23-5

Ikhsan, M., & Hasan, M. (2020). Analisis Dampak Penggunaan E-Commerce dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Makassar. Journal of Economic Education and Enterpreneurship Studies.

Ikhsan, M., & Hasan, M. (2020). Analisis Dampak Penggunaan E-Commerce dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Makassar. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 1(1), 39.

Jahanshahi, A.A, Zhang, S.X. & Brem, A. (2013). E-Commerce for SMEs: Empirical Insights from Three Countries. Journal of Small Business and Enterprise Development 20, (4), 849– 65.

Karagozoglu, N., & Lindell, M. (2004). Electronic commerce strategy, operations, and performance in small and medium-sized enterprises. Journal of Small Business and Enterprise Development. https://doi.org/DOI:10.1108/14626000410551555

Kasmi, & Nurdian, A.C. (2017). Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatan Penjualan Produk. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara 15, (2), 109–16.

Maryama, S. (2013). Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Utama. Jurnal Liquidity, Vol 2 No 1.

Maulana. Miftah Shabur.dkk.2015. Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Tokoh Pastbrikkota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis.Fakultas Ilmu AdministrasiUniversitas Brawijaya Malang. Vol.29 No.1

Nurhadi. 2015. Anteseden Penggunaan E-Commerce: Pengaruhnya Terhadap Manajemen Pengetahuan Dan Kinerja Organisasi (Studi Pada Hotel Berbintang Di Provinsi Bali). Disertasi. Malang: Universitas Brawijaya.

Nurlinda, & Fathimah, V. (2019). Determinan Adopsi E-Commerce dan Dampaknya Pada Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). JURNAL RISET AKUNTANSI DAN KEUANGAN, Vol.7 | No.

Rahmidani Rose, 2015. Pengunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan. Jurnal. Sevtian, F. I. 2011. Pengaruh E- commerce Terhadap Tingkat Volume Penjualan Sandal Kelom Geulis Di CV Kelomgeulis Tasikmalaya. Skripsi, Jakarta: FPEB Universitas Pendidika Indonesia.

Rianty, M., & Rahayu, P. F. (2021). Pengaruh E-Commerce Terhadap Pendapatan UMKM Yang Bermitra Gojek Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, Vol. 16, N, Hal. 153-167.

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Riana Raharti, & Muhammad Irwan Padli Nasution. (2023). Analisis Dampak E-Commerce Terhadap Pengaruh Penjualan UMKM. Jurnal Riset Manajemen, 2(1), 171–178. https://doi.org/10.54066/jurma.v2i1.1303