Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing dengan di Mediasi Kepuasan Konsumen pada Toko Roti dan Kue Onoydi Kota Jambi

Authors

  • Nur Vironika Universitas Jambi
  • Dahmiri Dahmiri Universitas Jambi
  • Sigit Indrawijaya Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.54066/jurma.v2i1.1671

Keywords:

Product Innovation, Product Quality, Competitive Advantage, Consumer Satisfaction

Abstract

Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM play an important role in economic activities because they dominate the economic structure in Indonesia. In increasingly tight competition, a business must have strong competitiveness to create competitive advantages with other businesses, especially businesses in the culinary sector such as bread and cakes in Jambi City. Many factors determine competitive advantage, one of which is product innovation and product quality. The aim of this research is to analyze the influence of product innovation and product quality on competitive advantage mediated by consumer satisfaction at onoy bakeries and cakes in Jambi City. This research uses descriptive methods and a quantitative approach. The sampling method uses a purposive sampling technique. The number of samples in this research was 80 respondents. The data used is primary data obtained through a questionnaire using a Google form with a Likert scale. The data analysis method in this research uses the Structural Equation Model (SEM) technique using the SmartPLS program (v.4.0.9.9) for Windows. The results of this research show that product innovation and product quality have a positive and significant effect on competitive advantage mediated by consumer satisfaction.

References

Ali, r. C. A., mandey, s. L., & wenas, r. S. (2022). Pengaruh bauran pemasaran dan kepuasan konsumen terhadap keunggulan bersaing pada minuman air mineral club di kota manado. Jurnal emba: jurnal riset ekonomi, manajemen, bisnis dan akutansi, 10(1), 1634–1643.

Anggraeni, d. R. (2021). Pengaruh inovasi produk, desain produk, kualitas produk terhadap keunggulan bersaing (studi kasus pada ukm kerajinan kulit manding di kabupaten bantul). Skripsi.

Bagaskara, y. T. (2019). Pengaruh inovasi produk, desain produk, dan kualitas produk terhadap keunggulan bersaing pada produk woodney.

Dahmiri, d., bhayangkari, s. K. W., & khalik, i. (2021). Pengaruh kualitas produk dan inovasi terhadap keunggulan bersaing umkm kuliner di masa pandemi covid-19. Ekonomis: journal of economics and business, 5(2), 434. Https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i2.401

Danial, s., & yusuf, e. Y. M. (2020). Aplikasi metode sem-pls dalam pengelolaan sumberdaya pesisir dan lautan.

Fatmaningrum, r. S., & et al. (2020). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian minuman frestea. Jurnal ilmiah manajemen ekonomi dan akuntansi , 4(1), 1–13.

Fillayata & mukaram. (2020). Pengaruh inovasi produk terhadap kepuasan konsumen ( studi pada road café steak & pasta bandung ). 26–27.

Ghozali, i. (2014). Struktural equation modeling metode alternatif dengan partial least square (pls).

Hair, r. E. A. J. W. C. B. B. J. B. J. F. (2010). Multivariate_data_analysis_7th_edition.pdf (pp. 1–761).

Hamzah, f., & ariesta, f. (2022). Pengaruh kualitas dan inovasi produk terhadap kepuasan konsumen di kuswini catering bandung. Jurnal sains manajemen, 4(1), 26–35. Https://doi.org/10.51977/jsm.v4i1.694

Haryono, s. (2016). Metode sem untuk penelitian manajemen amos lisrel pls.

Haryono, t., & marniyati, s. (2017). Pengaruh market orientation, inovasi produk, dan kualitas produk terhadap kinerja bisnis dalam menciptakan keunggulan bersaing. Jurnal bisnis dan manajemen, 7, 51–68.

Heryanto, i. (2015). Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan. Jurnal ekonomi, bisnis & entrepreneurship, 9(2), 80–101.

Hutahaean, r., & sari, a. D. (2023). Pengaruh perda pemberdayaan dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran umkm. Jurnal kolaboratif sains, 6(4), 315–320.

Jumhur, a. A., ph, d., jumhur, a. A., ph, d., rachman, a., kebonsari, j., & no, t. (2020). Keunggulan bersaing industri kecilmenengah, scopindo media pustaka.

Khasanah, i. N. (2015). Pengaruh harga, kualitas produk, dan distribusi terhadap minat konsumen membeli kerajinan kayu pada ud. Firdhausi kecamatan mojowarno kabupaten jombang. Skripsi.

Krisdayanto, i., & haryono, a. T. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di i cafe lina putra net bandungan.

Kurniasari, r. D., & utama, a. (2018). The effect of product innovation, product creativity, and product quality on competitive advantage (a case study of handicraft enceng gondok “akar”). Jurnal manajemen dan bisnis indonesia, 3, 467–477.

Nugraha, h. H. (2019). Analisis kualitas produk dan inovasi produk terhadap kepuasan pelanggan dengan keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi (studi pada kedai filosofi kopi jogja).

Nurachman, m. H. (2021). Pencapaian keunggulan bersaing melalui inovasi produk , kualitas produk dan kualitas pelayanan pada kedai kopi di kota bandung. 4, 165–177.

Nyoman, n., & yasa, k. (2018). Peran keunggulan bersaing memediasi pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran umkm produk endek di denpasar. 8(1), 50–67.

Pattipeilohy, v. R. (2018). Inovasi produk dan keunggulan bersaing: pengaruhnya terhadap kinerja pemasaran (studi pada usaha nasi kuning di kelurahan batu meja kota ambon). Jurnal maneksi, 7(1), 66–73.

Paulus, a. L., & wardhani, z. K. (2018). Keunggulan bersaing usaha cake dan bakery : peran orientasi pasar , orientasi kewirausahaan , dan inovasi produk competitive advantage of cake and bakery business : the role of market orientation , entreprenuership orientation and product innovation. 10(2), 88–96.

Putra, g. P. Z. A. S. (2017). Dampaknya terhadap kepuasan konsumen ( survei pada mahasiswa administrasi bisnis fakultas ilmu administrasi angkatan 2013 dan 2014 universitas brawijaya yang melakukan pembelian paket data kampus ). Jurnal administrasi bisnis, 48(1), 124–131.

Rahmawati. (2021). Pengaruh inovasi produk dan kualitas produk terhadap keunggulan bersaing ukm kerajinan di kabupaten purworejo. 1–14.

Rahmawati, e. F. (2023). Pengaruh strategi bauran pemasaran dan inovasi produk terhadap keunggulan kompetitif umkm kuliner di desa manggis. Program studi manajemen bisnis syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam universitas islam negeri raden mas said surakarta.

Razak, i. (2019). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal manajemen bisnis krisnadwipayana, 7(2). Https://doi.org/10.35137/jmbk.v7i2.286

Rizal, m., & chandra, r. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi wanita berwirausaha ( studi kasus di kota langsa ). Jurnal manajemen dan keuangan, vol.5, no.2, 5(2), 525–534.

Rizky, f. A., sentosa, e., & nursina. (2023). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan , kualitas produk , dan keterampilan wirausaha terhadap keberhasilan pedagang cabai pd jaya pasar induk kramatjati jakarta timur. Jurnal ikrath-ekonomika, 6(2), 182–190.

Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Pt. Alfabet.

Sunaryo, j. P. A. B. F. R. (2018). Peran kepuasan konsumen sebagai mediasi pengaruh inovasi dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing. Jurnal bisnis dan manajemen, 5(2), 181–190.

Supriadi, b., astuti, w., & firdiansyah, a. (2017). Green product and its impact on customer satisfaction. Iosr journal of business and management (iosr-jbm), 19(8), 1 9. Https://doi.org/10.9790/487x-1908033542

Taan, h. (2017). Pengaruh inovasi produk dan harga terhadap keunggulan bersaing usaha karawo di kota gorontalo. Jurnal bisnis dan manajemen, 148–158.

Tjiptono, f. (2015). Strategi pemasaran (4th ed.). Andi.

Wakhidah, e. N., permatasari, y. A., & pramesti, d. (2017). Pengaruh harga, citra merek, dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi (studi pada konsumen batik arum madani surakarta.

Yuninda, r. F. P. (2020). Pengaruh inovasi, desain, dan kualitas produk terhadap keunggulan kompetitif (studi pada kasus umkm jenang di kudus). 16311311.

Zimmerrer, t. Dan n. M. S. (2008). Kewirausahaan dan manajemen usaha keci edisi 5. Jakarta: penerbit salemba empat.

Downloads

Published

2024-02-22

How to Cite

Nur Vironika, Dahmiri Dahmiri, & Sigit Indrawijaya. (2024). Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing dengan di Mediasi Kepuasan Konsumen pada Toko Roti dan Kue Onoydi Kota Jambi. Jurnal Riset Manajemen, 2(1), 355–378. https://doi.org/10.54066/jurma.v2i1.1671