Pengaruh Content Marketing dan endorsment terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening pada Shopee

(Studi Kasus pada Mahasiswa Manajemen UPI YPTK Padang Angkatan 2020)

Authors

  • Khaira Septia Annisa Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Yulasmi Yulasmi Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Mardhatila Fitri Sopali Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang

DOI:

https://doi.org/10.54066/jurma.v2i1.1673

Keywords:

Content Marketing, Endorsement, Customer Satisfaction, Purchase Decision

Abstract

This study titled Influence of Content Marketing and Endorsement on Customer Satisfaction with Purchasing Decisions as an intervening variable in shopee (Case Study In Management Students of UPI YPTK Padang Angkatan 2020). The purpose of this study was to know and try to analyze the Effect of Content Marketing and Endorsement on Customer Satisfaction with Purchasing Decisions as an intervening variable on shopee (Case Study In Management Students of UPI YPTK Padang Angkatan 2020). The study is a Structural Equation Modeling (SEM) model with the SmartPLS 3.0 analysis tool. Data collection methods were through interviews and circulating questionnaires, with a sample of 88 respondents. The results of the study found. There is a positive and significant influence of content marketing on Shopee's Customer Satisfaction. There is a positive and significant influence of content marketing on Shopee's purchasing decisions. There is no positive and insignificant influence of Endorsement on Customer Satisfaction on Shopee. There is a positive and significant influence between Endorsement and Purchase Decisions on Shopee. There is a positive and significant influence between Purchase Decisions on Customer Satisfaction on Shopee. Content Marketing mediates Purchase Decisions to Customer Satisfaction on Shopee. Endorsement mediates Purchase Decisions to Customer Satisfaction on Shopee.

References

(Octavia, P. & S. (2018). Kepuasan pelanggan merupakan sebuah rasa dari konsumen yang menilai perbedaan antara yang mereka terima juga mereka rasakan dengan harapan.Pelanggan akan merasa kekecewaan apabila kinerja tidak sejalan dengan harapan,apabila kinerja sejalan dengan harapan. Pengertian Kepuasan Pelanggan.

Abdurrahim dan Marijati. (2019). Content Marketing adalah penggunaan konten (teks,gambar,audio,dan video) dalam bentuk pemasaran yang lebih besar yang mencakup konsep pemasaran dasar, distribusi dan alat Content Marketing pencarian Web,media sosial,dan iklan digital.Pemasaran konten tida. Pengertian Content Marketing.

Aditama, R. A. (2020). Pengantar Manajemen,Teori dan Aplikasi.

Afandi. (2018). Manajemen adalah bekerja dengan orang-orang untuk mencapai tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penyusunan personalia atau kepegawaian (staffing), pengarahan dan kepemimpinan (leading), dan pen.

Agesha Marsyaf. (2019). tinjauan penelitian terdahulu. Pengaruh Orientasi Pelanggan, Orientasi Kepuasan Pada UMKM Produk Olahan Ikan Dikota Jambi.

Amelia Rahmasari. (2022). Secara umum metode explanory research adalah pendekatan metode yang menggunakan PLS. hal ini disebabkan pada metode ini terdapat pengujian hipotesis. Menguji hipotesis dapat dilihat nilai t statistic dan nilai probabilitas. Untuk pengujian hipotesis menggunakan. Uji Hipotesis.

Anak Agung Ayu Mira Wira Dewi, Luh Indrayani, L. E. T. (2019). tinjauan penelitian terdahulu. Pengaruh Harga, Promosi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kerajinan Perak Di Desa Celuk Kecamatan Sukawati Kabupaten Ganyar. Pengaruh Yang Signifikan Antara Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan.

Ari Meizary. (2018). Pengertian Sampel. Sampel Adalah Bagian Dari Jumlah Dan Karakteristik Yang Dimiliki Oleh Populasi.

Armaniah. (2019). menyatakan bahwa dimensi yang dapat mengukur kepuasan konsumen adalah : 1.Kualitas Produk,pelanggan puas kalau setelah membeli dan menggunakan produk tersebut ternyata kualitas produknya baik. 2.Harga,untuk pelanggan yang sensitif biasanya harga murah ada. Dimensi Kepusan Pelanggan.

Az. (2018). Kepuasan pelanggan merupakan harapan dari para pelaku bisnis, kepuasan pelanggan menjadi tujuan dalam keberhasilan suatu pelaku bisnis.Kepuasan pelanggan mempunyai pengaruh penting terhadap keputusan pembelian,perusahaan pun berusaha untuk membuat kualita. Pengaruh Keputusan Pembelian Terhadap Kepuasan Pelanggan.

Cahya, sihab. (2019). Pengaruh keputusan pembelian. Menunjukkan Bahwa Variabel Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Memiliki Pengaruh Yang Signifikan Terhadap Kepuasan Pelanggan.

Cahyanto. (2022). Uji reabilitas digunakan untuk mengetahui adanya konsistensi alat ukur dalam penggunaanya.dengan kata lain alat ukur tersebut mempunyai hal yang konsisten apabila digunakan berkali-kali pada waktu yang berbeda . Uji Reabilitas.

Chairina. (2020a). 1. Relevansi Pemasar dapat menyediakan konten dengan informasi yang relevan. Informasi yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan yang berhubungan dengan masalah yang dihadapi konsumen. 2. Akurasi Pemasar dapat menyediakan konten dengan informasi yang akurat. Indikator Content Marketing.

Chairina. (2020b). Content Marketing adalah strategi pemasaran dimana kita merencanakan,membuat,dan konten yang mampu menarik audiens, kemudian mendorong mereka untuk menjadi customer.Konten dalam content marketing bisa dalam berbagai bentuk,seperti gambar,foto,video audio,. Pengertian Content Marketing.

Damayanti. (2022). Dalam PLS Path Coefficients digunakan untuk melihat signifikasi dan kekuatan hubungan antar konstruk juga untuk menguji hipotesis. Model Strruktural PLS Path Coefficients diguakan untuk uji t serta dignifikasi dari koefisien parameter jalur structural. Path Coefficients Atau Koefisien Jalur.

Fahmi. (2019). 1. Selebrity Endorsment Celebrity Endorsement adalah sebagai semua individu yang menikmati pengenalan public dan menggunakan pengenalan ini untuk kepentingan produk konsumen dengan tampil bersama produk tersebut dalam suatu iklan. 2. Paid Promote Jasa Paid. Jenis-Jenis Endorsement.

Firmansyah. (2019). Keputusan pembelian merupakan kegiatan pemecahan masalah yang dilakukan individu dalam pemilihan alternatif perilaku yang sesuai dari dua alternatif perilaku atau lebih dan dianggap sebagai tindakan yang paling tepat dalam membeli dengan terlebih dahulu m. Pengertian Keputusan Pembelian.

Fitri, Aisyah, T. I. F. R. (2023). Tinjauan penelitian terdahulu. Pengaruh Content Marketing,Viral Marketing Dan Influencer Terhadap Minat Beli Produk Skincare Pada Mahasiswa.

Garthwaite dalam Setiawan. (2018). Endorsement adalah orang yang menggunakan jasa endorser yang artinya adalah pendukung iklan atau bintang iklan untuk mendukung iklan produknya.Dalam hal ini selebgram merupakan endorser yang bertugaskan untuk mempromosikan produk atau jasa dari orang yang. Pengertian Endorsement.

Garthwaite Setiawan. (2018). Endorsement adalah orang yang menggunakan jasa endorser yang artinya adalah pendukung iklan atau bintang iklan untuk mendukung iklan produknya.Dalam hal ini selebgram merupakan endorser yang bertugaskan untuk mempromosikan produk atau jasa dari orang yang. Endorsement.

Gilal. (2020). Berdasarkan teori Source Credibility Scale, terdapat tiga variabel celebrity endorsement yaitu Trustworthiness, Expertise dan Attractiveness (Gilal 2020). a.Kepercayaan (Trustworthiness) Kepercayaan adalah kesan konsumen tentang presenter atau model yang be. Indikator Endorsement.

Handayani. (2020). Teknik Pengambilan Sampel. ), Teknik Pengambilan Sampel Atau Biasa Disebut Dengan Sampling Adalah Proses Menyeleksi Sejumlah Elemen Dari Populasi Yang Diteliti Untuk Dijadikan Sampel, Dan Memahami Berbagai Sifat Atau Karakter Dari Subjek Yang Dijadikan Sampel, Yang Nantikan Dapat D.

Handayani & Wati. (2020). Metode penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang berlamdaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau sta. Desain Penelitian.

Hartono, W. (2019). pengaruh. Menunjukkan Bahwa Terdapat Pengaruh Positif Yang Signifikan Keputusan Pembelian Terhadap Kepuasan Konsumen.

Hasbi dan Oktini. (2018). a) Pilihan Produk Dalam mengambil keputusan, konsumen dapat memilih untuk membeli sebuah produk atau menggunakan uangnya untuk tujuan lain. Dalam hal tersebut, perusahaan harus mampu memusatkan perhatian kepada konsumen yang berminat membeli produk serta . Dimensi Keputusan Pembelian.

Hasyimm. (2018). Variabel Bebas. Variabel Bebas Adalah Variabel Yang Menyebabkan Atau Mempengaruhi Yaitu Factor-Faktor Yang Diukur, Dimanipulasi, Atau Dipilih Oleh Peneliti Untuk Menentukan Hubungan Antara Fenomena Yang Diobservasi Atau Yang Diamati.

Hery. (2018). Manajemen adalah proses mengkoordinir pekerjaan secara efisien dan efektif, yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian. Selain memastikan pekerjaan telah berjalan efisien, manajemen juga fokus pada tujuan organisasi. File:///E:/06. Bab II_Nabila Azmi Putri Wijaya_2302190453.Pdf.

IM alfaris. (2018). Perkembangan teknologi internet yang sedemikian pesat memunculkan perubahan perilaku dikalangan masyarakat dan mahasiswa. Perubahan perilaku ini dapat terlihat dari kebiasaan belanja masyarakat,yang tadinya terbiasa berbelanja secara langsung ke toko atau. Latar Belakang Masalah.

Imas Rokhyati. (2020). Tinjauan penelitian erdahulu. Pengaruh Harga, Kewirausahaan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada IKM Gula Semut Desa Durensari.

Indrasari. (2019). Indikator untuk mengukur kepuasan pelanggan, 1.Kesesuaian harapan,yaitu kepuasan tidak diukur secara langsung tetapi disimpulkan berdasarkan kesesuaian dan tidak kesesuaian anrata harapan pelanggan dengan kinerja perusahaan yang sebenarnya. 2.Minat berkun. Indikator Mengukur Kepuasan Pelanggan.

Jannah & Dra, Hj. S Anugrahini, Irawati M.M Hadi Purnomo SE. (2019). tinjauan penelitian terdahulu. Pengaruh Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UMKM Batik Gendog Khas Tuban.

Jatra2. (2018). Pengertian Populasi. Populasi Adalah Jumlah Keseluruhan Dari Unit Analisis Yang Ciri-Cirinya Akan Diduga. Populasi Yang Digunakan Penelitian Ini Yaitu Jumlah Pembeli Pada Shopee.

Jhuji, E. a. (2020). Pengertian, Ruang Lingkup Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 113.

Kotler, Philip, armstrong. (2018). perilaku pembeli yang kompleks adalah Ketika mereka benar-benar terlibat dalam pembelian, melalui proses belajar, mengembangkan keyakinan produknya lalu sikap, dan kemudian membuat pilihan pembelian. Kepuasan konsumen adalah evaluasi pasca konsumsi bahwa . Hubungan Kepuasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian.

Kotler. (2017). Kepuasan secara umum adalah perasaan senang atau kecewa seseorang akibat dari perbandingan performance produk yang diterima dengan yang diharapkan.Kepuasan konsumen merupakan hal yang penting dalam suatu proses jual beli. Pengertian Kepuasan Pelanggan.

Kotler & Armstrong. (2018a). Keputusan pembelian konsumen merupakan keputusan untuk membeli merek yang paling disukai, tetapi dua faktor dapat muncul antara niat membeli dan keputusan membeli. Pengertian Keputusan Pembelian.

Kotler & Armstrong. (2018b). Keputusan pembelian konsumen merupakan keputusan untuk membeli merek yang paling disukai,tetapi dua faktor dapat muncul antara niat membeli dan keputusan membeli.Keputusan pembelian merupakan kegiatan pemecahan masalah yang dilakukan individu dalam pemili. Keputusan Pebelian.

Kotler & Armstrong. (2018c). Salah satu fungsi iklan yang paling penting adalah untuk mempublikasikan merek dan pengiklan memanfaatkan nilai kepercayaan dengan memilih endorser yang secara luas dianggap sebagai orang yang jujur,dapat dipercaya,dan dapat diandalkan.“The marketing mix . Fungsi Iklan.

Kotler dan Armstrong. (2018). Pemasaran sebagai proses dimana perusahaan melibatkan pelanggan, membangun hubungan pelanggan yang kuat, dan menciptakan hubungan pelanggan, dan menciptakan nilai pelanggan untuk menangkap nilai dari pelanggan kembali. Pengertian Pemasaran.

Kotler dan Keller. (2018). Kepuasan pelanggan adalah fungsi dari seberapa besarnya harapan pelanggan produk dengan kinerja yang dipikirkan pelanggan atas produk tersebut. Pengertian Kepuasan Pelanggan.

Kukuh Winarso & Jufriyanto. (2019). R-square digunakan untuk melihat besarnya pengaruh dari sebuah indikator terhadap kostruk endogen maupun konstruk eksogen. Nilai R Square.

Lesmana, R. (2019). Analisis Strategi Bersaing Pt Dwi Perkasa Mobiltama Pamulang Untuk Meningkatkan Penjualan. Jimf (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 1(4), 1–12. https://doi.org/10.32493/frkm.v1i4.2554

Lukman Abdurrahman & Mulyana. (2022). Model Structural. Model Structural Atau Inner Model Adalah Model Yang Mengkorelasikan Antara Variabel Laten Di Dalam Model Tersebut.

M Trihudiyatmanto. (2019). Tinjauan Penelitian Terdahulu. Pengaruh Kulitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UMKM Pande Besi Di Wonosoho.

Makassar, K. N. (2021). buku Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen (Issue September 2020).

Meilyana. (2018). Content Marketing adalah salah satu strategi pemasaran digital melalui pembuatan dan pendistribusian konten yang relevan dan bermanfaat guna menarik perhatian target konsumen sekaligus membuatnya terlibat dan menjadi pelanggan suatu bisnis.Forbes sendiri . Content Marketing.

Mia Eka Arianti, S. S. 2020. (2020). Tinjauan penelitian terdahulu. Pengaruh Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada IKM Tenun Ikat Troso Kabupaten Jepara.

Muhammad In’amul Chulalfi. (2018). Adanya kepuasan konsumen bisa memberikan beberapa manfaat diantara lain sebagai berikut (Muhammad In’amul Chulalfi, 2018): a.Kaitan perusahaan dengan pelanggan menjadi baik b.Menyampaikan aturan yang benar bagi pembelian Kembali c.Memajukan terciptanya ke. Manfaatb Kepusan Pelanggan.

Nungky Viana Feranita, H. A. S. (2018). Tinjauan penelitian terdahulu. Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UMKM Sektor Manufaktur Di Kecamatan Tempurejo.

Nurhayati & Nurhalimah. (2019). Kepuasan merupakan tingkat perasaan pelanggan yang diperoleh setelah pelanggan melakukan atau menikmati sesuatu.Dengan demikian dapat diartikan bahwa kepuasan pelanggan merupakan perbedaan antara yang diharapkan pelanggan dengan situasi yang diberikan per. Pengertian Kepuasan Pelanggan.

P Hidayanti. (2022). Tinjauan Penelitian Terdahulu. Pengaruh Brand Image, Influencer, Content Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Scarlett Whitening.

Rini, Lisnini, Fetty, Y. P. (2020). Tinjauan penelitian terdahulu. Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Study Kasus Pada Usaha Kecil Pengola Han Makanan Di Kota Palembang.

S Suryani. (2018). Perkembangan usaha bisnis di Indonesia telah menunjukkan ke arah yang lebih baik.Hal ini dapat dilihat dengan berkembang pesatnya dunia bisnis.Dimana semakin banyak pelaku usaha membuka dan mengembangkan bisnis mereka.Banyaknya usaha yang sejenis bermuncu. Latar Belakang Masalah.

Sari. (2020). Tinjauan penelitian terdahulu. Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Study Kasus IKM Rotan Di Balearjosar Kecamatan Blimbing Kota Malang.

Sarwono & Narimawati. (2018). Analisis Structure Equation Modeling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS). Prosedur Regresi Partial Least Square (PLS) Digunakan Untuk Memperkirakan Kuadrat Terkecil Parsial Model-Model Regresi Atau Dikenal Sabagai Proyeksi Terhadap Struktur Laten.

Siswanto. (2018). Keputusan pembelian adalah suatu keputusan pemilihan suatu tindakan dari dua atau lebih pilihan alternatif yang ada.Keputusan pembelian dapat didefinisikan sebagai serangkaian unsur-unsur yang mencerminkan keputusan pelanggan dalam membeli,merupakan tahap. Pengertian Keputusan Pembelian.

Sugiyono. (2018a). Instrumen peneltian dan kisi-kisi instrumen penelitian. Skala Likert Yaitu Skala Yang Digunakan Untuk Mengukur Sikap, Pendapat, Dan Persepsi Seseorang Atau Sekelompok Orang Tentang Fenomena Sosial.

Sugiyono. (2018b). Variabel Terikat. Variabel Dependen Atau Variabel Terikat Merupakan Variabel Yang Dipengaruhi Atau Yang Menjadi Akibat, Berkaitan Dengan Adanya Variabel Bebas (Respon).

Sugiyono. (2021). Metode Pengumpulan Data. Analisis Data Adalah Proses Mencari Data, Menyusun Secara Sistematis Data Yang Diperoleh Dari Hasil Wawancara, Catatan Lapangan, Dan Dokumentasi, Dengan Cara Mengoerganisasikan Data Ke Dalam Kategori, Menjabarkan Ke Dalam Unit-Unit, Melakukan Sintesis, Me.

Suparno Saputra, & Melati Khafifah Putri. (2022). Membangun Kepercayaan Pelanggan Terhadap Layanan Pos Express Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Pada Kantor Pos Bandung. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 12(1), 1–16.

Tariga. (2022). Dalam SmartPLS mengukur model fit dilakukan dengan Standardized Root Mean Square Residual (SRMR). SRMR merupakan ukuran fit model (kecocokan model). Dengan kata lain pengujian ini dilakukan untuk menguji apakah data empiris cocok dengan model yang dibangu. Model Fit (Kecocokan Model).

Taufik Alwi, E. H. (2019). Tinjauan penelitian terdahulu. Pengaruh Harga, Orientasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Sektor UKM.

Taviya. (2022). Tinjauan penelitian terdahulu. Pengaruh Celebrity Endorsement, Testimoni, Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Aplikasi Shopee.

Tjiptono & Chandra. (2018). kepuasan memiliki manfaat yang berpotensi menjadi sumber pendapatan masa depan. Hubungan Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening.

Tjiptto. (2018). Perkembangan teknologi dan berkembangnya pendidikan masyarakat serta penghasilan masyarakat menjadikan masyarakat tersebut menjadi menuntut untuk diberikan pelayanan yang baik sehingga pelanggan menjadi puas.mengartikan tingkat kepuasan sebagai fungsi dar. Latar Belakang Masalah.

Tumembouw. (2019). a) Evaluasi Alternatif Proses yang dilakukan konsumen untuk menggunakan informasi yang di dapat untuk mengevaluasi alternatif yang ada, proses pemilihan produk yang akan dibeli. b) Keputusan Pembelian Konsumen merencanakan untuk membeli sebuah produk dan . Indikator Keputusan Pembelian.

Utama. (2020). Tinjauan penelitian terdahulu. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UKM Industri Kreatif.

Wulandari, D. A., & Simanjorang, F. (2023). Analisis Penerapan Manajemen Risiko Operasional Pada Fido Dido Guesthouse dan Restaurant Bukit Lawang. Jurnal Price: Ekonomi Dan Akuntansi, 2(1), 1–10.

Yogi yogaswara, DS Asep, T. K. (n.d.). Tinjauan penelitian terdahulu. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Dan Tempat Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Indukasinya Pada Keputusan Pembelian Secara Online.

Yogi yogaswara, DS Asep, T. K. (2019). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Dan Tempat Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Indukasinya Pada Keputusan Pembelian Secara Online. Diperoleh Hanya Dua Variable Yang Signifikan Terhadap Kepuasan.Konsumen (Y) Yaitu Produk (X1) Dan Promosi (X3), Serta Empat Variable Yang Signifikan Terhadap Volume Penjualan Secara Online (Z) Yaitu Produk (X1), Promosi (X3), Tempat (X4), Dan Kepuasan Kon.

Yuliantari & Wiwin. (2018). 1) Faktor budaya, budaya mempunyai pengaruh yang paling luas dan paling dalam terhadap keputusan keputusan pembelian. Pemasar harus memahami peran yang dimainkan oleh kultur, subkultur, dan kelas sosial pembeli. 2) Faktor sosial, keputusan pembelian juga . Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian.

Yusuf. (2021). Keputusan pembelian adalah suatu pemikiran di mana individu mengevaluasi berbagai pilihan dan membuat pilihan pada suatu produk dari banyak pilihan. Pengertian Keputusan Pembelian.

Zailani. (2020). valdasi GOF untuk menguji kesesuaian antara data dengan model yang diajukan secara keseluruhan berdasarkan kriteria absolute, incremental, dan parsimonius fit measures dikalkulasikan menggunakan program LISREL 8.72 untuk tiap indikator yang destiminasi de. Uji Goodness of Fit Index (Gof).

Zeithaml, Bitner, dan G. (2018). Kepuasan Pelanggan memiliki beberapa faktor yaitu: 1.Product and Service Features Kepuasan pelanggan dengan suatu produk atau layanan dipengaruhi secara langsung oleh pelanggan terhadap fitur-fitur produk atau layanan.Untuk layanan seperti hotel,area kola. Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan.

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

Khaira Septia Annisa, Yulasmi Yulasmi, & Mardhatila Fitri Sopali. (2024). Pengaruh Content Marketing dan endorsment terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening pada Shopee : (Studi Kasus pada Mahasiswa Manajemen UPI YPTK Padang Angkatan 2020). Jurnal Riset Manajemen, 2(1), 399–417. https://doi.org/10.54066/jurma.v2i1.1673