Pengaruh Harga dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Bolly Dept Store Sila Bolo

Authors

  • Puji Lestari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima
  • Muhajirin Muhajirin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima
  • Ismunandar Ismunandar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima

DOI:

https://doi.org/10.54066/jurma.v2i3.2208

Keywords:

Price, Discount, Purchase Decision

Abstract

This study aims to analyze the influence of prices and discounts on consumer purchase decisions at Bolly Dept Store Sila Bolo. Using quantitative methods, data was collected through a questionnaire distributed to 150 respondents who were customers of Bolly Dept Store. Multiple linear regression analysis was used to test the proposed hypothesis. The results of the study show that both price and discounts have a significant influence on consumer purchase decisions. Specifically, competitive prices and attractive discounts can significantly improve consumer purchasing decisions. This finding has implications for Bolly Dept Store management in designing pricing and discount strategies to increase sales and customer satisfaction.

 

References

Adrianto, A. (2021). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Smartphone.

J. Ilman J. Ilmu Manaj, 9(2), 55-61.

Anggriani,& Sudarwanto,T.(2020). Pengaruh Harga Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian produk Mcdonal’s di Surabaya (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2016-2019 Universitas Negeri Surabaya) . jurnal pendidikan tata niaga (JPTN),8(3).

Assauri,S.(2012) .Manajemen Pemasaran.Jakarta:Rajawali Gramedia pustaka utama.

Ayuni,S.,et al (2020) Laporan Perekonomian Indonesia 2019.BPS RI. Basu,S. (2012) Manajemen Penjualan Edisi 3.Yogyakarta:BPFE

Dwi, D. M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Diskon, Dan Keputusan Pembelian Online Maharani Prima Skin Care Di Blitar. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 2(1), 8-19.

Febrianto, D., & Yosepha, S. Y. (2021). Pengaruh Iklan Di Media Sosial Dan Potongan Harga (Diskon) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen BliBli. com Pada Pengikut Akun Twitter@ bliblidotcom. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(3), 206-217.

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69-72.

Habibah,U., & Sumiati (2016,Maret). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Tehadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di kota di Kota Bangkalan Madura.Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(1),31-48.

Hidayat,R., & Lubis. (2017) Pengaruh Citra Merk dan Harga terhadap keputusan pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan.jurnal Ilman,5,16.From

Igir,F.G.,Tampi,J.R.,Taroreh,H. (2018) Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick (Studi Pada PT.Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang).jurnal Administrasi,6(2).

Jannah, M., Wahono, B., & Khalikussabir, K. (2022). Pengaruh Diskon Flash Sale, Rating Dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 10(13).

Kumala, F. O. N., & Fageh, A. (2022). Pengaruh diskon terhadap keputusan pembelian kosmetik halal dengan minat beli sebagai variabel intervening. Jurnal Ecodemica, 6(1), 1-11.

Sari, R. M., & Prihartono, P. (2021). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(3), 1171-1184.

Tanujaya,C. (2017) Perencanaan Standart Operational Procedur Produksi Pada

Widodo, M. W. B. S. J., Zulianto, M., & Widodo, J. (2022). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee (Studi Kasus Masyarakat Desa Kesilir Kabupaten Jember). Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi dan Kewirausahaan (JPEAKU), 2(1), 24-29.

Zulaicha,S,.& Irawati,R. (2016) Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmen di Morning Bakery Batam.Jurnal Inovasi dan Bisnis ,4 (2),125-136.

Published

2024-07-23

How to Cite

Puji Lestari, Muhajirin Muhajirin, & Ismunandar Ismunandar. (2024). Pengaruh Harga dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Bolly Dept Store Sila Bolo. Jurnal Riset Manajemen, 2(3), 27–48. https://doi.org/10.54066/jurma.v2i3.2208