Pengaruh Harga, Lokasi, Suasana Toko (Store Atmosphere) terhadap Keputusan Pembelian

Studi pada Konsumen Koffiekopi Kota Jambi

Authors

  • Agnes Ayu Arianda Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Rafidah Rafidah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Muhammad Orinaldi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.54066/jurma.v2i3.2216

Keywords:

Price, Location, Store Atmosphere and Purchasing Decisions

Abstract

The aim of this research is to analyze the influence of price, location and store atmosphere on consumer purchasing decisions for Koffie Kopi in Jambi City. This type of research is quantitative. The data source for this research is primary data by taking a sample of Koffie Kopi customers in Jambi City. Data collection was carried out among 96 respondents who were Koffie Kopi Jambi City customers. This research uses multiple regression analysis methods. The findings from this research show that: 1. Price has a significant influence on the purchasing decision process of Jambi City Koffie Coffee consumers, 2. Location has a significant influence on the Jambi City Koffie Coffee consumer purchasing decision process, 3. Store Atmosphere has a significant effect on the process Jambi City Coffee Koffie consumer purchasing decisions.

 

 

References

Abduillah, Thamrin. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aeidy, Hasan. (2007). Indahnya Ekonomi Islam. Bandung: Alfabet.

Aeini, & Leistari. (2021). Pengaruh Label Halal, Citra Merek, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Vol. 1 No. 2.

Alihuisna, Widya, Rafidah Rafidah, & Gwi Awal Habibah. (2022). Pengaruh Promosi, Sertifikasi Halal, dan Gaya Berbelanja terhadap Keputusan Pembelian Produk Madi Kake Jambi. Vol. 11 No. 2.

Alma, Buchari. (2017). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabet.

Arikunto, Suharmi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arkam, M. Mabruri. (2020). Pengaruh Lokasi dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian di Warung Suaka Kopi Leiseihan. PERFORMA, 5(1), 17–25.

Ayatulisifa, Suci Salira. (n.d.). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee.

Bastian, Rio. (2022). Pengaruh Harga, Lokasi, dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian di Omah Kopi 3 Mas Surabaya. Vol. 11.

Chasmaro, Veiry. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Delicio Bakery Cafe Tebet Jakarta. Vol. 2.

Damayanti, Ardilla, Agustina Mutia, & Laily Ifazah. (2024). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Religiusitas terhadap Keputusan Pembelian Lipstik pada Mahasiswa di Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 66–88.

Dharmmesta, Basu Swastha. (2018). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Fiyan, Afifi, & Wirip Dewi. (2019). Pengaruh Store Atmosphere dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli. Vol. 8 No. 3.

Ghanimata, Fifianita. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Keputusan Pembelian (Studi pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Erlina Semarang). Vol. 1 No. 2.

Ghofur, Abdul. (2017). Pengantar Ekonomi Syariah: Konsep Dasar, Paradigma Pengeimbangan Ekonomi Syariah. Depok: Rajawali Press.

Hadi, Amirul. (1998). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hasan, Iqbal. (2004). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Iis, Denok, Hadion. (2021). Pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Alfamart Cabang Cipondoh. Vol. 4 No. 1.

Imam, & Anton. (2020). Pengaruh Store Atmosphere dan Experiential Marketing terhadap Keputusan Pembelian di Kopi Daong Pancawati. Vol. 8 No. 2.

Imam, Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kasmir. (2014). Manajemen Keuangan. Jakarta: Rajawali Press.

Katarika, Dita Murinda. (2017). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian pada Coffee Shop di Bandung. Vol. 1 No. 2.

Kotler, Philip. (2007). Marketing Management. Jakarta: PT Macana Jaya Cemerlang.

Mardiasih, Titik. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di Pasar. Vol. 2 No. 1.

Prasetyaningsih, Erlita Diah. (2015). Pengaruh Citra Merek dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Produk Tas Branded pada Wanita Karir di Jakarta. No. 3.

Putri, Maudina Aisyah. (2018). Pengaruh Harga, Lokasi, Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Warung Unik Normal Cinema. Skripsi.

Rachmansyah, Iqbal. (2016). Pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Minat Beli pada Hotel Emboh Bandung. Vol. 1 No. 3.

Rahmasari, Lia, Meillya Nuraini Baining, & Erwin Saputra Siregar. (2023). Pengaruh Harga, Inovasi Produk, dan Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Vivi Jilbab di Kota Jambi. Vol. 1 No. 3.

Ridiansyah. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Online Shop (Studi Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Management Indonesia Samarinda). Vol. 2.

Saebani, Beni Ahmad. (2008). Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Saputra, Rezki Dwi. (2018). Pengaruh Green Marketing dan Customer Experience terhadap Brand Image serta Dampaknya pada Loyalitas Konsumen (Studi pada Konsumen Starbucks Coffee di Kota Pontianak).

Savitri, Sari Sekar. (2020). Pengaruh Desain Kemasan, Store Environment, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Starbucks Coffee di Surabaya. Vol. 2.

Setiadi, J. Nugroho. (2003). Perilaku Konsumen. Bogor: Kencana.

Setyobudi, Ismanto. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Soeharto, Annisa, Nursaidah. (2022). Pengaruh Lokasi, Harga, dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian. Vol. 19.

Suci, Ayatulisifa, Orintaldi, & Agusriandi. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee (Studi pada Masyarakat Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi). Vol. 1 No. 3.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarwini, V. Wiratha. (2014). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Susilowati, Isnurini Hidayat, & Sarah Camellia Putri. (2022). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian di Apotek MAMA Kota Depok. Vol. 6 No. 1.

Tim penyusun. (2010). Pedoman Penulisan Skripsi. Jambi: Syariah Press Fakultas Syariah IAIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Tjiptono. (2001). Manajemen Pemasaran dan Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. (2016). Pemasaran Jasa dan Aplikasinya. Yogyakarta: ANDI.

Ulfa, Mariya, Titin Agustin Ningsih, & Khairun Istiqomah. (2023). Pengaruh Pelayanan, Lokasi, dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Minimarket Win Win Kota Jambi.

Vania, Silvya, & Silcy Jeiova. (2019). Pengaruh Lokasi, Promosi, dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado. Vol. 7 No. 1.

Zahra, Surti, Mohamad Bayi Tabrani, & Ann Aldi Nurfalakh. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen di Warung Kopi Mustafa 85 Pandeglang Banten. Vol. 13 No. 2.

Published

2024-07-25

How to Cite

Agnes Ayu Arianda, Rafidah Rafidah, & Muhammad Orinaldi. (2024). Pengaruh Harga, Lokasi, Suasana Toko (Store Atmosphere) terhadap Keputusan Pembelian : Studi pada Konsumen Koffiekopi Kota Jambi. Jurnal Riset Manajemen, 2(3), 81–97. https://doi.org/10.54066/jurma.v2i3.2216