Pengaruh Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Layanan Jasa Pembayaran (QRIS)
(Studi pada Usaha Dkriuk Fried Chicken Tangerang-Serang)
DOI:
https://doi.org/10.54066/jurma.v3i1.2931Keywords:
Customer satisfaction, customer loyalty, payment services (QRIS), Dkriuk Fried ChikenAbstract
This study aims to identify the satisfaction and loyalty of Dkriuk Fried Chicken customers to financial services (QRIS) in the Serang and Tangerang areas. QRIS payment services greatly facilitate customers in payment transactions. This research uses quantitative methods by administering questionnaires to Dkriuk Fried Chikencustomers. Data from questionnaires that have been collected are analyzed using a descriptive statistical analysis approach to determine the level of customer satisfaction and loyalty to QRIS payment services at Dkriuk businesses in the Tangerang - Serang area. The results showed that QRIS payment services at the Dkriuk Fried Chiken business had a positive impact on its customers. Customer satisfaction with QRIS payment services can be seen from the ease of paying and customer loyalty can be seen from their sense of security in payment.References
Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1–14.
Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan reliabilitas kuisioner pengetahuan, sikap dan perilaku pencegahan demam berdarah. Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020, 75.
Fatihudin, D., & Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran jasa: Strategi, mengukur kepuasan, dan loyalitas pelanggan. 206–210.
Fitri Rahmadani, & Made Suardana, H. S. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, produk, harga dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada UD. Eva Group Mataram. Valid Jurnal Ilmiah, 16(1), 124–135.
Heruwasto, I., & Aprilia, A. W. (2012). Faktor penentu kepuasan dan loyalitas pelanggan dalam layanan jasa penerbangan: Studi pada pengguna Lion Air. Jurnal Manajemen Usahawan Indonesia, 41(4), 421–435.
Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS.
Kolonio, J., & Soepeno, D. (2019). Dampak service quality, trust, dan consumer satisfaction bagi consumer loyalty pada CV. Sarana Marine Fiberglass. Jurnal EMBA, 7(1), 831–840.
Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2021). Marketing management: An Asian perspective.
Masunggang, E. T., Apriani, E., Martaria, L., Zuntika, S., & Syahputro, S. B. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Saturasi Coffee Dealer. Jurnal Adijaya Multidisplin, 1(06), 1246–1253.
Maulidiah, E. P., Survival, S., & Budiantono, B. (2023). Pengaruh fasilitas terhadap kualitas pelayanan serta implikasinya pada kepuasan pelanggan. Jurnal Economina, 2(3), 727–737.
Oktavia, Y., & Sudarwanto, T. (2023). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada konsumen produk kecantikan Wardah di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(2), 240–252.
Putri, F. K., Tumbel, A. L., & Djemly, W. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Matahari Department Store di Mantos 2. Jurnal EMBA, 9(1), 1428–1438.
Rahma, Y., Safrizal, & Aritonang, S. (2022). Pengaruh kualitas layanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Bengkel Parna Jaya Motor. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis, 2(2), 141–148. https://doi.org/10.56127/jaman.v2i2.243
Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji validitas dan reliabilitas kuesioner perilaku prososial. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(4), 279–284.
Santoso, B. A. (2020). Pengaruh kepercayaan, kemudahan penggunaan dan manfaat yang dirasakan pada sikap nasabah terhadap layanan mobile banking.
Sari, A. K. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel moderator pada penumpang BRT Trans Semarang Koridor VII. Universitas Semarang, Skripsi, 19–25.
Septyarani, T. A., & Nurhadi, N. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 7(2), 218–227.
Sugiyono. (2017). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trilaksono, A. I., & Prabowo, B. (2023). Analisis pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(1), 101–112.
Widjanarko, W., Saputra, F., & Hadita, H. (2023). Analisis keputusan pembelian dan loyalitas pelanggan terhadap voucher gratis ongkos kirim e-commerce Shopee Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(5), 678–685.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Riset Manajemen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.