Pengaruh Persepsi Harga, Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian

(Studi pada Pengguna Alfagift)

Authors

  • Intan Fitri Dwi Hardono Universitas Budi Luhur
  • Rina Ayu Vildayanti Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.54066/jurma.v3i1.3088

Keywords:

Brand Image, Price Perception, Promotion, Purchasing Decisions

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of Price Perception, Promotion, and Brand Image on Purchasing Decisions. The sample in this study were 100 Alfagift users, with the sampling method using Non Probability Sampling with Accidental Sampling technique. Data collection by distributing questionnaires. The research instrument was a questionnaire with a Likert Scale. The method used in this research is quantitative method. The results of the respondents' answers to the questionnaire given were then processed using SPSS software version 26. The results showed that Price Perception and Brand Image have a significant effect on Purchasing Decisions, Promotion has no significant effect on Purchasing Decisions, and Price Perception, Promotion and Brand Image simultaneously affect Purchasing Decisions.

References

Akbar, T. S., & Halik, A. (2024). Pengaruh persepsi harga, desain produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk sepatu futsal merek Ortuseight pada Triangel Sport 99 di Kabupaten Sidoarjo. Neraca Manajemen, Ekonomi, 8. https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359

Alimin, E., Eddy, Afriani, D., Agusfianto, N. P., Octavia, Y. F., M, T., Satriawan, Yusuf.M, S. Y., Irwansyah, R., Moonti, A., Sudarni, A. S. C., Endrawati, B. F., Suhadarliyah, Armiani, Andayani, S. U., & Tabun, M. A. (2022). Manajemen pemasaran: Kajian pengantar di era bisnis modern (M. Bairizki Ahmad, Ed.). Seval Literindo Kreasi.

Anggraini, F. D. P., Aprianti, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2022). Pembelajaran statistika menggunakan software SPSS untuk uji validitas dan reliabilitas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6491–6504. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3206

Ardiansyah, Risnita, & Syahran, M. J. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Ihsan: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 1(1). http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan

Arman. (2022). Introduksi manajemen pemasaran: Dasar dan pengantar manajemen pemasaran (Yusup, Ed.). MEDIA, LD.

David, N. A. A. P., Fasa, I. M., & Suharto. (2022). Implementasi strategi manajemen pemasaran bank syariah di era revolusi industri 4.0 di Indonesia. LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 6, 143–162. https://doi.org/10.33507/lab.v4i01

Dewi, M. I. A. P., Setyohadi, J. S., & Tjitrosumarto, S. (2023). Pengaruh promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian kosmetik Emina pada masyarakat Kelurahan Cipayung. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(04), 910–921.

Edvin Fairliantina, N. I. R. (2023). Pengaruh kualitas produk, promosi, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian Fore Coffee. Jurnal Ecoment Global, 8(2), 18–29. https://doi.org/10.35908/jeg.v8i2.2945

Fathoni, A., & Dewi, R. F. (2023). Pengaruh persepsi harga, promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk “Jalu” jamur Lunas (studi kasus pada mahasiswa Universitas Islam Lamongan). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 2(1), 36–49.

Fathoni, A., & Dewi, R. F. (2023a). Pengaruh persepsi harga, promosi, dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk “Jalu” jamur Lunas (studi kasus pada mahasiswa Universitas Islam Lamongan). CITACONOMIA: Economic and Business Studies, 2. https://ejournal.citakonsultindo.or.id/index.php/CITACONOMIA/indexdex

Fatma, N., Alimuddin, M., & Latiep, I. F. (2023). Manajemen pemasaran era industri 4.0. Nas Media Pustaka.

Kojongian, A. S. C., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. (2022). Pengaruh variasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian Careofyou.id pada media sosial Instagram. Productivity, 3(2).

Putra, A. P. M., Aminudin, Anwar, S., & Nababan, B. O. (2024). Pengaruh citra merek dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek NMAX di Kabupaten Bogor. Jurismata, 6(1), 2685–1164.

Qolbi, N., & Hermansyah, T. (2023). Pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan Sanford di Sinar Mart Batam. Jurnal AL-AMAL, 2(1), 50–57.

Rahmawati, M., & Jalari, M. (2022). Pengaruh promosi, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening (studi empiris sepeda motor Yamaha Nmax). Jurnal Ekobis Dewantara, 5(2).

Downloads

Published

2025-02-19

How to Cite

Intan Fitri Dwi Hardono, & Rina Ayu Vildayanti. (2025). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian : (Studi pada Pengguna Alfagift). Jurnal Riset Manajemen, 3(1), 449–466. https://doi.org/10.54066/jurma.v3i1.3088