Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian

(Studi Kasus Konsumen Kita Bersama Swalayan Bulakamba)

Authors

  • Ela Febriani Universitas Muhadi Setiabudi
  • Hendri Sucipto Universitas Muhadi Setiabudi
  • Roby Setiadi Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.54066/jurma.v1i3.892

Keywords:

Service Quality, Promotion, Purchase Decision

Abstract

This research aims to analyze the influence of service quality and promotion on purchasing decisions in the consumer case study of Kita Bersama Swalayan Bulakamba. The type of this research is quantitative descriptive. In this study, researchers obtained 100 samples calculated from a population of 2,451 using the slovin formula at an error rate of 10%. The method used in this study uses Multiple Linear Regression Analysis. The data collection technique is by distributing questionnaires to respondents using Google from. The results of this study indicate from the t test which states that the service quality variable influences purchasing decisions with a calculated t value of service quality of 6.344 > t table 0.1660 with a significant value of 0.000 <0.05 and promotion has a positive and significant effect on purchasing decisions with promotion t-count 14.655 > t-table 0.1660 with a significant value of 0.000 <0.05.

References

Afifah, & Ikhwan, S. (2021). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Produk tape ketan daun jambu. Journal Economics and Management (JECMA), 1(1).

Almira, A., & Susanto, E. J. (2018). Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Masion Nob. Jurnal Manajemen dan Start- Up Bisnis, 250-259.

Erinawati, & Syafarudin. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, promosi terhadap keputusan. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Kewirusahaan, 130-146.

Fadila at al . (2021). Pengaruh Kepercayaan, Electronic Of Mouth Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Online Pada Shopee di Pangkalan Brandan. JIM Manajemen: Manajerial Terapan, 1(November), 19–26.

Ikhwan, S., & Setiadi , R. (2019). Pengaruh Marketing Mix, Kualitas Pelayanan dan Citra Merk terhadap Keputusan Pembelian Produk Piston . Journal Economics and Management(JECMA), 1(1), 72-82.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Istifana, L., & Sucipto, H. (2019). pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan di toko mebel sinar jaya losari brebes. Journal Economics and Management(JECMA), 33-40.

Kasmir. (2017). Customer Service Exsellent. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, & Keller. (2016). 163.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: Cv Al faht Zumar.

Marendra, I. G. (2018). Pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, lokasi dan promosi) terhadap keputusan pembelian konsumen di minimarket (alfamart atau indomaret) (Studi kasus di Universitas Pamulang ). 34–52.

Nabilah Alya Insani, P. N. (2020). engaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Gofood Di Kota Bandung. urnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi, 4.

Rizdiyanti, E., & Sucipto, H. (2022). Analisis Pengaruh Harga tiket fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung desa wisata hutan mangrove pandansari brebes. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4864-4874.

Rosita, D., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image. Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 494–505.

Rozi, A. I., & Khuzaini. (2021). Pengaruh Harga, Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 1-20.

Satriadi, W. E. (2021). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Samudera Biru.

Setiadi, R., & Farizal, A. (2022). Apakah promosi soaial media berpengaruh terhadap keputusan berkunjung pada wisata pantai pulau cemara sawojajar brebes tahun 2020-2021. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 5400-5408.

Downloads

Published

2023-09-15

How to Cite

Ela Febriani, Hendri Sucipto, & Roby Setiadi. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian : (Studi Kasus Konsumen Kita Bersama Swalayan Bulakamba). Jurnal Riset Manajemen, 1(3), 286–299. https://doi.org/10.54066/jurma.v1i3.892