Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Keaktifan Organisasi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.54066/jurma.v1i3.901Keywords:
Family environment, activeness in the organization, academic achievementAbstract
This study aims to determine the influence of the family environment and activeness in the organization on the academic achievement of study students at the Hima of the Faculty of Economics, Muhadi Setiabudi University. This research uses explanatory research with quantitative methods. The technique used in this study used a saturated sampling technique with active student respondents participating in the Student Association of the Faculty of Economics and Business, Muhadi Setiabudi University. totaling 50 students. The data collection technique used a questionnaire, the analytical method used was multiple linear regression.The results of this study show that: 1) Students who are active in participating in HIMA are in the category of high academic achievement as much as 62%, those who fall into the moderate category are as much as 32%, and those who fall into the less category are as much as 6%. 2) There is a positive and significant influence of the family environment on academic achievement. There is a positive and significant influence of activeness in the organization on academic achievement. There is a positive and significant influence of family environment and activeness in organizations on academic achievement.
References
Agustin, A. M. (2019). Pengaruh keaktifan mahasiswa dalam organisasi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi. Malang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Alexandro, R., Putri, W. U., & Hariatama, F. (2022). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UPR. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang.
Amilia, S. B. (2020). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi, Lingkungan Keluarga, Dan Manajemen Waktu Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Aktif Program Studi Manajemen Tahun Angkatan 2018 Universitas Muhammadiyah Gresik. Skripsi. Gresik: Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Gresik.
Badrun, U. (2018). Menjadi Aktivis Kampus Zaman Now: Intelektualitas Gerakan, Godaan Kekuasaan dan Masa Depan Aktivis. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.
Bhinneka.com. (2021, 27 November). Manfaat Mahasiswa Mengikuti Organisasi Kampus. Diakses pada 22 Mei 2023, dari https://www.bhinneka.com/blog/manfaat-mahasiswa-mengikuti-organisasi-kampus/
Darmadi, H. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi: Konsep Dasar, Teori, Strategi, dan Implementasi dalam Pendidikan Globalisasi. An1mage.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. (2022). Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan Tahun 2022. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Dja'far, Y. d. (2021). Manajemen Pendidikan Islam: Konsep, Prinsip, Ruang Lingkup Manajamen Pendidikan Islam. Indramayu: Adab.
Efendi, H. (2017). Hubungan Keaktifan Berorganisasi Dengan Tingkat Manajemen Waktu dan Indeks Prestasi Kumulatif Pada Mahasiswa Angkatan Tahun 2013 Di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung . Skripsi. Lampung: Fakultas Kedokteran. Universitas Lampung.
Ernilah, E., Toharudin, M., & Wahid, F. S. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual.
Fadhilah, N. &. (2021). Hubungan Lingkungan Keluarga, Interaksi Teman Sebaya dan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan.
Fatimah, S., Nurbaeti, R. U., & Pranoto, B. A. (2019). Hubungan antara disiplin dan motivasi dengan prestasi belajar siswa kelas III. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL.
Fauzi. (2021). Menguatkan Peran Keluarga Dalam Ekosistem Pendidikan . Purwokerto : STAIN Press.
Fitroh, S. F. (2022). Pendidikan Anak dalam Keluarga: Perspektif Pendidikan dan Psikologi. Malang: Inara Publisher.
Gafur, H. (2015). Mahasiswa dan Dinamika Dunia Kampus. Bandung: Rasi Terbit.
Hidayati, M. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas IV, V, VI di MI At-Tahzib Kekait Lombok Barat Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Mataram: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Mataram.
Leuwol, N. V. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Manusia Perguruan Tinggi: Sebuah Konsep, Fakta dan Gagasan. Yayasan Kita Menulis.
Luailiyah, A., Hilmi, A. Z., & Sahariani, M. (2022). Pengaruh Keaktifan Organisasi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Plexus Medical Journal.
Murhaini, S. (2016). Sosiologi Hukum Lingkungan Hidup. Lembaga Literasi Dayak.
Octaviana, L. N. (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan.
Safira, A. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar dan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Skripsi. Surabaya: Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Surabaya.
Sholikhah, A. (2018). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi FE Unesa Angkatan 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE).
Sugianto. (2021). Pendidikan Kita: Pendekatan Teori dan Praktik. Jember : Guepedia.
Sutinah, C. (2021). Landasan Pendidikan. Pasuruan : Penerbit Qiara Media.
UNESA, U. (2020). Mengapa Kami Memilih Kuliah?. Banyuwangi: MHPubliser.
Wahid, F. S., Pranoto, B. A., Antika, T., & Ubaedillah, U. (2022). Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Tanggung Jawab Belajar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN.
Wati, F. A., & Isroah, I. (2019). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Lingkungan Keluarga, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xii Ips Sma Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia.
Yanto, S. (2021). Pendidikan Anak Keluarga Islam di Era Modern dalam Perspektif Hasan Langgulung. Gorontalo: Cahaya Arsh Publisher.