Analisis Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemahiran BerbicaraSiswa Di SDN Telang 2
DOI:
https://doi.org/10.54066/jikma.v1i3.344Keywords:
Upaya Guru, Kemahiran Berbicara, Siswa SDAbstract
Berbicara merupakan kemampuan berbahasa manusia untuk menyampaikan ide, gagasan, atau informasi secara langsung. Keterampilan berbicara adalah kemampuan menghasilkan bunyi yang memiliki artikulasi kata yang bertujuan untuk menyampaikan pesan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya guru dalam meningkatkan kemahiran berbicara siswa kelas V SDN Telang 2. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan oleh peneliti yaitu siswa kelas V dengan jumlah total 19 anak dan guru kelas V. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan kemahiran berbicara siswa di SDN Telang 2 yakni sebagai berikut: 1) Menggunakan metode dikusi, tanya jawab dan presentasi ketika pembelajaran; 2) Melakukan pembiasaan khusus pada setiap mata pelajaran seperti bahasa Indonesia membaca dan menyimpulkan teks, matematika dengan melakukan tanya jawab dan maju ke depan kelas, agama dengan praktik berpidato; 3) mengikutsertakan siswa dalam lomba-lomba seperti lomba puisi, gambar bercerita, menyanyi, bercerita, dan pidato. Upaya ini dapat meningkatkan kemahiran berbicara siswa yang dibuktikan dengan hasil angket sebesar 68% dengan kategori selalu yang artinya upaya yang dilakukan oleh guru berhasil.
References
Annur, M. F., & Hermansyah. “Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11 no.2 (2020): 195–201. DOI: https://doi.org/10.31764
Aswad, H. “Efektivitas Pelaksanaan Metode Diskusi Kelompok Terpusat (Focus Group Discussion)Terhadap Motivasi Belajar Ips Murid Kelas V Sd Negeri Ii Bone-Bone Kota Baubau”. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 no. 2 (2019):135.
Atikah, Iis. Prana Dwija Iswara dan Nurdinah Hanifah. “Penerapan METODE Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Dengan Permaian “POS PELANGI” Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimpulkan Isi Cerita Anak Yang Dibaca”. Jurnal Pena Ilmiah, 2 no. 1(2017):31-32.
BAM, S. A., Setiawan, B., & Saddhono, K. “Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Diskusi Siswa SMA Negeri 4 Surakarta: Kajian Dengan Prinsip Kerja Sama Grice Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Keterampilan Berbicara”. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6 no.1 (2018):281-301.
Darmuki, A., Andayani, A., Nurkamto, J., & Saddhono, K. “Model Student Learning to Speak for Education Study Language and Literature Indonesia”. (2016): Document Analysis and Needs Learning to Speak. Prosiding Prasasti.
Densemina & Yunita. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Sekolah Dasar Manokwari Papua Barat”. Jurnal Papedaa, Vol 2, No.1 (2020):2715 – 5110
Firmansyah, M. B. “Model Pembelajaran Diskusi Berbasis Perilaku Berliterasi Untuk Keterampilan Berbicara”. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 8 no. 2 (2018):119-125.
Hadi, S. “Problematik Pendidikan Bahasa Indonesia Kajian Pembelajaran Bahasa Indonesi pada Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 3 no. 4 (2019):74–78.
Mabruri, Z. K., & Aristya, F. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Melalui Penerapan Strategi Role Playing Sekolah Dasar Negeri 1 Ploso Pacitan”. Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1no. 2 (2017).
Nikmah, D. A. A., Setyawan, A., & Citrawati, T. “Analisis Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Buluh 2”. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1 no 1 (2020).
Novianti, I., & Fatimah, V. S. “Pengaruh Bahasa Daerah Dan Gaul Terhadap Guru Dan Siswa Dalam Kegiatan Belajar Mengajar”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1 (2019): 543–549.
Prijanto, Jossapat Hendra dan Firelia de Kock. “Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online”. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11 no. 3 (2021): 238-251.
Rezeki, N., Syahrial, S., & Surya, Y. F. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Model Kooperatif Think Pair Share”. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3 no. 5 (2019):946-954.
Saputri, R. W., Amalia, N. “Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Tinggi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD Negeri 2 Selo”. (2018). (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Sari, Desi Puspita. “Penerapan Metode Presentasi Ilmiah Berbasis Poster Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD”. Jurnal Antologi UPI, 5 no. 1 (2017): 280-282.
Sinar. “Metode Active Learning”. (2018), Jakarta: Deepublish.
Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. (2017). Bandung : Alfabeta, CV.
Susanti Elvi. “Keterampilan Berbicara”. (Depok: Rajawali Pers, 2019) xvi, 242hlm, 23cm. ISBN 978-623-231-242-5
Tumpu, Abu Bakar. “Penerapan Pendekatan Komunikasi dalam Proses Keterampilan Berbicara untuk Meningkatkan Kemampuan Berceramah Siswa Kelas X SMA 5 Sungguminasa”. Jurnal Edukasi Nonformal, 3 no. 2 (2