Implementasi Pembelajaran Daring pada Program Studi Independen di PT Revolusi Cita Edukasi (Revou) dalam Pengembangan Diri Bidang Teknologi Digital
DOI:
https://doi.org/10.54066/jkb.v1i2.542Keywords:
Kampus Merdeka, Studi Independen, RevoU, Teknologi DigitalAbstract
Perkembangan teknologi dan informasi yang berkembang pesat pada era globalisasi memiliki dampak dalam berbagai macam sektor termasuk sektor pendidikan. Pada era ini proses pembelajaran yang diberikan pada mahasiswa dituntut harus lebih inovatif sehingga mahasiswa dapat mencapai capaian pembelajaran yang relevan dan optimal. Berdasarkan latar belakang tersebut, lahirlah program Kampus Merdeka. Kampus Merdeka, merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek) sebagai wadah bagi para mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman melalui program pengembangan diri. Salah satu program dari Kampus Merdeka adalah Studi Independen. PT Revolusi Cita Edukasi (RevoU) merupakan salah satu mitra Kampus Merdeka pada program Studi Independen yang memiliki masa belajar selama empat bulan. Adapun pembelajaran yang diberikan RevoU pada mahasiswa yaitu, Data Analytics, Product Management, Digital Marketing, dan Software Engineering. RevoU juga memberikan pembelajaran tentang Career Development untuk membekali kemapuan soft skill yang dibutuhkan pada industri teknologi. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa dapat mengembangkan skill yang mereka miliki terutama dalam bidang teknologi digital dan dapat mengimplementasikannya dengan baik.
References
Ayesha, I., Pratama, I. W. A., Hasan, S., Amaliyah, Effendi, N. I., Yusnanto, T., Diwyarthi, N. D. M. S., Utami, R. D., Firdaus, A., Mulyana, M., Fitriana, Norhidayati, & Egim, A. S. (2022). Digital Marketing (Tinjauan Konseptual). In Pt. Global Eksekutif Teknologi.
Azizah, N., & Cordelia Izaak, W. (2020). Personal Branding Social Media Usage As a Learning Media in Developing Academic Skills Towards “Merdeka Belajar” in the Digital Era. Jurnal Ilmiah Manajemen, 440(4), 440–449. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/index
Keriapy, D., & Tondang, I. (2021). Mengenalkan Keterampilan dan Pendidikan yang Dibutuhkan pada Era New Digital Economy Melalui Program Kampus Merdeka. Abdi Psikonomi, 3(4), 241–248. https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.1391
Lombok, V. V., & Samadi, R. L. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Emina (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 953. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43524
Runkler, T. (2020). Data Analytics. In Informatik-Spektrum. https://doi.org/10.1007/s00287-019-01231-9
Saputra, D. (2016). Perbandingan Teknologi System Software, Application Software, Embedded Software Dan Web Applications. Jurnal Bangkit Indonesia, 5(1), 74. https://doi.org/10.52771/bangkitindonesia.v5i1.67
Witanto, K. S., & Astuti, L. G. (2023). KEGIATAN STUDI INDEPENDEN BERSERTIFIKAT PENGEMBANG MACHINE LEARNING DAN FRONT-END WEB DI PT PRESENTOLOGICS DICODING INDONESIA. 1(November 2022), 565–570.