Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Spare Part di PT. Apexindo Perkasa
DOI:
https://doi.org/10.54066/jmbe-itb.v2i4.2411Keywords:
Product Quality, Service, Purchasing DecisionsAbstract
This research aims to determine the influence of product and service quality on spare part purchasing decisions at PT. Apexindo Perkasa. The population in this study were all customers at PT. Apexindo Perkasa. Data collection techniques use questionnaires and literatur study. The data analysis techniquen is quantitative. The results of this research show that there is no partial positive and significant effect between product quality on purchasing decisions as evidenced by the regression coefficient value of 0.118, t value of 0.970 and significance value of 0.336; there is a partial positive and significant influence between service on purchasing decisions as evidenced by a regression coefficient value of 0.623, a calculated t value of 3.305 and a significance value of 0.002; there is a simultaneous positive and significant influence between product quality and service on purchasing decisions, proven by The calculated f value is 45.570 and the significance value is 0.000. Purchasing decisions are influenced by product and service quality by 56.4% and the remaining 43.6 are influenced by other variables not examined in this research.
References
Amarullah, S., Maulidi, A., Syarifudin, E., & Fauzi, A. (2023). Pengaruh harga, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada marketplace. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(10), 4607–4617.
Brama Kumbara, V. (2021). Determinasi nilai pelanggan dan keputusan pembelian: Analisis kualitas produk, desain produk dan endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.568
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen pada marketplace. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224.
Gufron, M., & Wahyuni, D. U. (2019). Pengaruh harga, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian spare part diesel Jiang Dong (JD) di Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2383
Hadya Rizka, S., & Sutardjo Agus, M. A. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap pengambilan keputusan pembelian baju batik di toko “Florensia” Kota Sawahlunto. Matua, 3(1), 13–24.
Hidayat, A. R. (2023). Analisa waktu optimasi perawatan mesin CNC milling dengan pendekatan value stream mapping serta perbaikan dengan Failure Mode and Effect Analysis pada mesin CNC milling. Jurnal Rekayasa Mesin, 18(3), 345. https://doi.org/10.32497/jrm.v18i3.4099
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada media online shop Shopee di Pekanbaru. Jurnal Valuta, 4(1), 71–85.
Kumrotin, E. L., & Susanti, A. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Cafe Ko.We.Cok di Solo. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 6(1), 1. https://doi.org/10.29103/j-mind.v6i1.4870
Lesmana, R. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen PT. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 115. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i2.2464
Nasution, A. A., & Rambe, R. F. (2021). Penyuluhan customer service dan positioning product pada PT. Barus Indah di Kota Medan. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Universitas Ma Chung (pp. 154–163). https://doi.org/10.33479/senampengmas.2021.1.1.154-163
Prasetyani, I. W., Waluyo, H. D., & Budiatmo, A. (2014). Pengaruh kualitas pelayanan, citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor Honda Beat di PT. Nusantara Sakti Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 3(2), 1–7.
Ratnasari, N. (2023). Pengaruh lingkungan kerja dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada Toko Airlangga Mandiri Magetan. Institut Agama Islam Negeri Ponogoro.
Refiyana, A., Manajemen, E. V.-J. I., & (2024). Uji asumsi klasik dalam regresi linier pada perhitungan menggunakan laporan keuangan di sektor telekomunikasi Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnalistiqomah.Org, 1(Februari), 107–118.
Rifai, A. D., & Tuti, M. (2022). Pengaruh persepsi harga, promosi, dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Human Capital Development, 9(3), 1–13.
Rusdianti. (2024). No Title [主観的健康感を中心とした在宅高齢者における健康関連指標に関する共分散構造分析].
Sahambangung, I., Mantiri, M., & Sampe, S. (2021). Kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Lapangan Sawang Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro. Jurnal Governance, 1(2), 2.
Siti Jubaidah, I. D. B. I. A. B. S. (2021). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian di CV. Giat Plat Pekanbaru. Jurnal Manajemen, 1(1), 93–108.
Tanjung, A. J., Imran, M. A., Dalimunthe, W. S., Lubis, S. H., & Syahputra, U. (2021). Pengaruh profesionalisme, karakteristik pekerjaan dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai di Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu Utara. JRAM (Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma), 7(2), 179–187. https://doi.org/10.30743/akutansi.v7i2.3375
Wulandari, R. D., Sabrina, R., & Rambe, M. F. (2020). Peran motivasi dalam memediasi pengaruh gaya kepemimpinan otokratis dan komunikasi terhadap kinerja karyawan era pandemi Covid-19. MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 7(1), 59–72. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS EKONOMI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.