Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek

Authors

  • M. Alfitra Salam Politeknik Negeri Medan
  • Ilham Hidayah Napitupulu Politeknik Negeri Medan
  • Erwinsyah Simanungkalit Politeknik Negeri Medan
  • Harris Pinagaran Nst Politeknik Negeri Medan
  • Aulia Benazira Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v2i4.2460

Keywords:

Price, promotion, customer satisfaction, gojek

Abstract

This study aims to analyze the influence of price and promotion on Gojek customer satisfaction among students of the Business Administration Department at the State Polytechnic of Medan. This research uses a quantitative method with data collection through questionnaires, involving 101 respondents who are students of the Business Administration Department at the State Polytechnic of Medan and users of Gojek services. The data analysis technique used in this research is multiple linear regression analysis. The results show that price and promotion have a positive and significant impact on customer satisfaction. This means that the better the price and promotion offered by Gojek, the higher the level of customer satisfaction. These findings imply that Gojek management needs to continually pay attention to pricing and promotional strategies to improve customer satisfaction, especially among students.

References

Adi, M. F. T., Sutopo, S., & Noviandari, I. (2021). Pengaruh promosi, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada layanan GoFood Gojek di kawasan Rungkut Surabaya (studi kasus konsumen GoFood Gojek di kawasan Rungkut Surabaya). UBHARA Management Journal, 1(2), 293-300.

Akbar, R. S. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan promosi terhadap kepuasan konsumen melalui loyalitas konsumen Go-Jek (studi kasus pada konsumen Go-Jek Indonesia) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia).

Alma, P. (2019). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan pada konsumen GoJek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86-94.

Devi, L. K. I. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee (studi kasus pada mahasiswa di Surabaya) (Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya). Retrieved from http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29623

Fakhrudin. (2022). Bauran pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh harga dan promosi terhadap loyalitas pelanggan pengguna jasa transportasi online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148-159.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan kepuasan pelanggan: Pemasaran dan kepuasan pelanggan. Unitomo Press.

Monalizabeth. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi online Grab Bike (studi kasus pada mahasiswa jurusan administrasi niaga Politeknik Negeri Medan) (Skripsi, Politeknik Negeri Medan).

Oktari, V. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan GoJek pada mahasiswa Universitas Bangka Belitung (Doctoral dissertation, Universitas Bangka Belitung).

Satriadi, W., Hendrayani, E., & Siwiyanti, L. N. (2021). Manajemen pemasaran.

Septiani, R. (2020). Pengaruh e-service quality, persepsi harga, dan promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan (studi pada pelanggan jasa transportasi online GoJek di Yogyakarta). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 98-108.

Setiawan, D. A., Husen, I. A., Yuliansyah, R., & Wasif, S. K. (2022). Pengaruh promosi, kualitas pelayanan, dan nilai pelanggan terhadap kepuasan konsumen GoJek (studi kasus di wilayah Kelurahan Cipinang Besar Utara). Jurnal Inovasi Penelitian, 2(9), 3131-3148.

Siregar, A. A. A. (2022). Pengaruh harga, kualitas layanan, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan pada jasa transportasi online GoJek (studi kasus pada mahasiswa program studi manajemen Universitas Mikroskil) (Doctoral dissertation, Universitas Mikroskil).

Sugiyono, P. (2022). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Published

2024-09-23

How to Cite

M. Alfitra Salam, Ilham Hidayah Napitupulu, Erwinsyah Simanungkalit, Harris Pinagaran Nst, & Aulia Benazira. (2024). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek. JURNAL RISET MANAJEMEN DAN EKONOMI (JRIME), 2(4), 180–197. https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v2i4.2460