Pengaruh Penerapan Model Reading Guide Terhadap Minat Baca Siswa Kelas XI
DOI:
https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i2.106Keywords:
Pengaruh, Panduan membaca, Minat Baca.Abstract
Proses pembelajaran SKI di MAN 2 Bukittinggi pada umumnya masih menggunakan metode konvensional. Hal ini terlihat dari minat baca siswa dalam membaca buku SKI yang kurang, tidak adanya bahan bacaan singkat yang mudah dipahami oleh siswa, sehingga siswa cenderung pasif dan hanya mendengarkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh penerapan model panduan membaca terhadap minat baca siswa kelas XI mata pelajaran SKI MAN 2 Bukittinggi?”. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif jenis Quasi Experiment dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Kota Bukittinggi. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling dimana kelas XI GPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPK1 sebagai kelas kontrol. Data penelitian tentang minat baca siswa diperoleh dari jawaban angket. Hasil penelitian, berdasarkan analisis data penelitian diketahui bahwa hasil angket minat baca siswa dalam pembelajaran SKI dihitung dengan menggunakan uji-t. Dari hasil tersebut jelas bahwa perhitungan yang diperoleh adalah H0 ditolak karena thitung = 5,20 lebih besar dari ttabel = 2,042. yang mengikuti pembelajaran konvensional.
References
Agus Rifai, Perpustakaan Islam :Konsep,Sejarah,Dan Kontribusinya Dalam Membangun Peradapan Islam Masa Klasik, ke-1 (Jakarta: Pt Rajawali Pers, 2013)
Ahyar, Hardani dkk, Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.Yogyakarta:CV. Pustaka Ilmu., 2020
Aminah, ‘Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Pengembangan Budaya Dan Karakter Bangsa Pada Peserta Didik MTs Negeri 2 Bandar Lampung’, 2020, 20
Anisa Rizky Ramadaniah, Imron A. HAkim, ‘Minat Baca Anak Usia Sekolah Dasar Di Lingkungan Taman Baca Masyarakat Jayanti Palembang’, Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2.2 (2018), 108–15
Bidin, Yunus, Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter (Bandung: PT Refika Aditama, 2012)
Cepat, Teknik dan Metode Membaca, Speed Reading (Yogyakarta: A+ plus Books, 2010)
Demyat dan Mudjiono, Belajar Dan Pembelajaran, ke-1 (Jakarta: Rienka Cipta, 2013)
Dhieni, Nurbiana, Metode Pengembangan Bahasa (Jakarta: Universitas Terbuka, 2008)
Djaali, Piskologi Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2012)
Dkk, Hisyamzayni, Strategi Pembalajaran Aktif (Yogyakarta: Pustaka Insani Madani, 2008)
Fransiska, Fredina, and Zaim Elmubarok, ‘Efektivitas Metode Reading Guide Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas Xi Ips Man Demak’, Lisanul’ Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 4.1 (2015)
Hamalik, Oemar, Kurikulum Dan Pembelajaran, ed. by Ke-3 (Jakarta: Bumi Aksara, 2001)
Hanafi, M., Pembelajaran Sejarah Kebudayaa Islam, ke-1 (Jakarta: Dirjen Pendidikan Deparg, 2009)
Hariwijaya, M., Speed Reading (Jakarta: Tugu Publisher, 2011)
Iswantir, ‘Pendidikan Islam Sejarah , Peran Dan Kontribusi Dalam Sistem Pendidikan Nasional’, 2019, 127
Kemendikbud, ‘Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti’, Permendikbud, 2015, 45
Madrasah, Direktorat Kskk, Direktorat Jenderal, Pendidikan Islam, Kementerian Agama, and Republik Indonesia, ‘KMA 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI Dan Bahasa Arab’, 2019
Mawardi, Pembelajran Mikro Teaching (Banda Aceh: IDC LPTK, 2013)
Muhiddinur Kamal, Guru: Suatu Kajian Teoritis Dan Praktis, 2019
Pahrudin, Agus, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, ed. by Fakta Press (Bandar Lampung, 2007)
Putra, R. Masri Sarep, Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini (Jakarta: PT Indeks, 2008)
Rahim, Farida, Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar (Jakarta: Bumi Aksara, 2005)
Ramandanu, Febriana, ‘Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa’, Mimbar Ilmu, 24.1 (2019)
Ramdani, Meity H. Idris dan Izul, Menumbuhkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini (Jakarta: PT Luxima Metro Media, 2015)
Reading, Pembelajaran, Guide Pada, Siswa Kelas, D I Sd, and Belakang Padang, ‘ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar Vol. 1, No. 1, Tahun 2021 48’, 1.1 (2021), 48–56
RI, Departemen Agama, Standar Penilaian Di Kelas (Jakarta: Departemen Agama RI, 2003)
Sesmiarni, Zulfani, ‘Model Pembelajaran Ramah Otak Dalam Implementasi Kurikulum 2013’, 2013, 166
Soegiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, 2011
Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2006)
Suharsini Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rienka Cipta, 2013)
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Ke-6 (Jakarta: Bumi Aksara, 2008)
Suwardi, Mangemen Pembalajaran (Surabaya: JP Book, 2007)
Tarigan, Henry Guntur, Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (Bandung: Angkasa, 2008)
Wedra Aprison, Pengaruh Persepsi Motivasi, Iklim Kerja, Dan Kepemimpinan Terhadap Produktivitas Dosen Di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bukittinggi, Studi Tentang Produktivitas Dosen, 2018
Widodo, Arif, Dyah Indraswasti, Muhammad Erfan, Mohammad Archi Maulyda, and Aisa Nikmah Rahmatih, ‘Profil Minat Baca Mahasiswa Baru PGSD Universitas Mataram’, Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10.1 (2020), 34 <https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.5968