Analisis Penggunaan Game Based Learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54066/jupendis.v3i2.3189Keywords:
Game Based Learning, Learning Interest, Social StudiesAbstract
This study aims to analyze the use of the Game-Based Learning (GBL) method in enhancing students' learning interest in Social Studies at the elementary school level. The research employs the Systematic Literature Review (SLR) method by examining various relevant previous studies. The findings indicate that the implementation of GBL significantly increases student engagement, conceptual understanding, and learning motivation. Various game-based learning models, both those utilizing technology and interactive media, have been proven to create a more engaging and effective learning environment compared to conventional methods.
References
Abrar Putra Kaya Harahap, M., Zahara Simanjuntak, A., Hasana Ramadhani, N., Siregar, L., Balqis Nst, R., & Yusnaldi, E. (n.d.). Analisis penyebab ketidaksukaan siswa dalam pembelajaran IPS di tingkat sekolah dasar. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/index
Amanda, S., Nabila Zulkim, S., Adrias, A., Azmi Alwi, N., Hamka, J., Tawar Bar, A., Padang Utara, K., & Padang, K. (n.d.). Pengembangan media pembelajaran IPAS berbasis Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Morfologi, 2(4), 304–313. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i3.842
Apriliani, S. L., & Rahma, R. N. S. T. (2023). Upaya membangun minat siswa terhadap pembelajaran IPS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 5.
Carli Wiseza, F., Ibermarza, & Friska Andini, N. (2023). Penggunaan model pembelajaran game based learning terhadap hasil belajar IPS. Nur El-Islam: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan, 10(1), 124–138. https://doi.org/10.51311/nuris.v10i1.516
Dina, S., Fitria, N., Malawi, I., Maruti, E. S., & Ruvliana, V. (n.d.). Pengaruh pembelajaran berbasis game MathQuest (Mathematic Adventure Quest) terhadap motivasi belajar matematika siswa SDN 02 Gajah.
Fatimah, L., Fathani, A. H., & Awae, W. (2024). Analisis peningkatan minat belajar siswa melalui penerapan model game-based learning. Jurnal Pendidikan, 4(1), 73.
Fitriati, I., & Fadlillah, R. P. N. (2021). Implementasi digital game based learning menggunakan aplikasi Educandy untuk evaluasi dan motivasi belajar mahasiswa. Bima.
Hari Purnomo, N., Yudiana, A., Pendidikan Profesi Guru, M., & Universitas Negeri Surabaya. (n.d.-a). Efektivitas game based learning dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII-D SMP Negeri 56 Surabaya.
Hari Purnomo, N., Yudiana, A., Pendidikan Profesi Guru, M., & Universitas Negeri Surabaya. (n.d.-b). Efektivitas game based learning dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII-D SMP Negeri 56 Surabaya.
Hilmalia Rahma, S., & Asih Wiranti, D. (2024). Pengaruh model games based learning terhadap keterampilan berbahasa Jawa krama kelas V SDN 03 Sekuro. JEMARI: Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, 6(1).
Indriyansyah, F., & Hidayah, R. (n.d.). Penerapan metode games based learning dengan media interaktif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS tentang Indonesiaku Kaya Raya kelas V SD. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan.
Islam, K. R., Komalasari, K., Masyitoh, I. S., Juwita, J., & Adnin, I. (2024). Pengaruh model pembelajaran game based learning terhadap motivasi belajar peserta didik. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 10(3), 619. https://doi.org/10.32884/ideas.v10i3.1640
Isti Septianing, Lina Melati, Nabila Deo Cantika, & Wannuraniza Destiani. (2024). Pengaruh penerapan game based learning terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(1), 94–103. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2722
Ningrum, K. S., & Putri, S. S. R. (2024). Strategi pembelajaran berbasis permainan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mata pelajaran IPS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(9), 272–276.
Nur Alifah, H., Virgianti, U., Imam Zamah Sarin, M., Amirul Hasan, D., Fakhriyah, F., & Aditia Ismaya, E. (n.d.). Systematic literature review: Pengaruh media pembelajaran digital pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa SD. Jurnal Ilmiah dan Karya Mahasiswa, 1, 103–115. https://doi.org/10.54066/jikma-itb.v1i3.463
Widiana, W. (2022). Game based learning dan dampaknya terhadap peningkatan minat belajar dan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran sains di sekolah dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.48925
Widiyanto, R., Nugraheni, G. W., & Bojongsari, J. R. (2022). Penerapan game based learning menggunakan maze game dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 158–167. https://doi.org/10.15408/elementar.v2i2
Wijaya, S., Anggraeni, A., Riana, D., & Nuraeni, E. (2024). Rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Cigoong 3. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(1).
Winatha, R., & Setiawan, I. M. D. (n.d.). Pengaruh game-based learning terhadap motivasi dan prestasi belajar. The Effect of Game-Based Learning Towards the Learning Motivation and Achievement.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.