Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kesejahteraan Subjektif pada Siswa (Definisi Kesejahteraan Subjektif)

Authors

  • Lily Hidayati Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari
  • Reza Amanda Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari
  • Sani Samara Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari
  • Yuneni Agustin Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari
  • Sukatin Sukatin Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari

DOI:

https://doi.org/10.54066/jupendis.v1i3.491

Keywords:

Dukungan Sosial, Kesehteraan Subjektif, Siswa

Abstract

Kesejahteraan subjektif adalah perasaan bahagia dan terpuaskan yang dialami oleh individu atau siswa, dan merupakan bagian penting dari kualitas hidup mereka sendiri. Siswa, sebagai salah satu kelompok masyarakat, memiliki tuntutan dan tekanan yang berbeda dalam hidup mereka, dan dukungan sosial dapat memainkan peran penting dalam mempengaruhi kesejahteraan subjektif mereka. Dukungan sosial dapat berupa dukungan emosional, praktis, dan informasi dari orang lain, seperti teman, keluarga, dan guru. Dalam konteks sekolah, dukungan sosial dari guru dapat membantu siswa mengatasi masalah akademis dan emosional, dan membantu mereka merasa lebih baik, pecaya diri, serta nyaman dengan lingkungan sekolah. Dukungan sosial dapat memainkan peran penting dalam mempengaruhi kesejahteraan subjektif siswa. Dukungan sosial dari guru, teman, dan keluarga dapat membantu siswa mengatasi masalah dan merasa lebih baik dan terhubung dengan lingkungan sekolah. Oleh karena itu, penting untuk memfokuskan upaya peningkatan dukungan sosial bagi siswa, untuk membantu mereka mencapai kesejahteraan subjektif yang optimal. Ini bisa dilakukan melalui berbagai cara, seperti memfasilitasi kegiatan kelompok dan membantu siswa membangun relasi positif dengan teman sekelas, atau dengan memberikan dukungan dan keterbukaan dalam lingkungan keluarga.

References

Cahya Suryani. Dukungan Sosial di Media Sosial. Universitas Islam Majapahit. 2017.

Ed Diener, “Subjective Well-Being,” Psychological Bulletin 95, No. 3 (1984): 542–575, https://doi.org/10.1037/0033-2909.95.3.542.

Galuh Deftianty Wibowo. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesejahteraan Subjektif Pada Siswa Selama Belajar Daring. Skripsi Sarjana, Program Sarjana Psikologi UIN Raden Intan Lampung, (2022).

Gusti Jhoni Putra. Dukungan Pada Pasien Luka Kaki Diabetik. Sidoarjo: Oksana Publishing. 2019.

Jati Ariati . Subjective Well-Being (Kesejahteraan Subjektif) Dan Kepuasan Kerja Pada Staf Pengajar (Dosen) Di Lingkungan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Universitas Diponegoro: Jurnal Psikologi Undip. Vol. 8, No. 2. (2010).

M. Fadli Nugraha. Dukungan Sosial Dan Subjective Well Being Siswa Sekolah Singosari Delitua. Universitas Medan Area: Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi, dan Kesehatan. Vol. 1, No. 1. (2020).

Muhammad Ardiansyah dan Farah Aulia. Faktor Penentu Kesejahteraan Subjektif Mahasiswa : Sebuah Studi Eksploratif di Universitas Negeri Padang. Universitas Negeri Padang: Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 5, No. 1. (2021).

Tehetna Alemu Caserta, The Psychosocial Wellbeing of Orphans and Youth in Rwanda: Analysis of Predictors, Vulnerability Factors and Buffers (Faculty of Social Sciences of the University of Helsinki, 2017).

Muchlisin Riadi. Pengertian, Bentu, dan Manfaat Dukungan Sosial. diakses pada 25 Juni 2023.

https://www.kajianpustaka.com/2017/12/pengertian-bentuk-dan-manfaat-dukungan-sosial.html

Downloads

Published

2023-07-04

How to Cite

Lily Hidayati, Reza Amanda, Sani Samara, Yuneni Agustin, & Sukatin Sukatin. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kesejahteraan Subjektif pada Siswa (Definisi Kesejahteraan Subjektif). JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS), 1(3), 177–185. https://doi.org/10.54066/jupendis.v1i3.491