Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.54066/jupendis.v1i3.492Keywords:
: Kognitif, Perkembangan, PsikologiAbstract
Psikologi perkembangan anak usia dini adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang perkembangan mental, fisik, kognitif, bahasa, moral, dan sosio-emosional anak serta tumbuh kembang anak secara lebih spesifik. Anak-anak usia dini berada pada masa keemasan (golden age). Masa ini disebut masa keemasan sebab pada usia ini terjadi perkembangan yang sangat menakjubkan dan terbaik sepanjang hidup manusia. Perkembangan yang menakjubkan tersebut mencakup perkembangan fisik dan psikhis. Dari segi fisik anak mengalami perkembangan yang sangat luar biasa, mulai dari pertumbuhan sel-sel otak dan organ tubuh lainnya sampai perkembangan kemampuan motorik kasar seperti berjalan, berlari, melompat, memanjat, dan sebagainya. Perkembangan fisik lainnya yang tidak kalah pentingya adalah perkembangan kemampuan motorik halus yang merupakan kemampuan melakukan koordinasi gerakan tangan dan mata, misalnya menggenggam, meraih, menulis, dan sebagainya.
References
Andi Thahir. Psikologi Perkembangan. Lampung: Aura Publishing. 2020.
Eka Rizki Amalia, dkk (2021). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode Bercerita. Institut Pesantren KH. Abdul Chalim (IKHAC). Mojokerto.
Erni Murniarti (2020). Konsep Dasar / Pengertian Perkembangan Peserta Didik Menurut Perspektif Rentang Hidup, Prinsip, Periodisasi Perkembangan Peserta Didik Menurut Perspektif Rentang Hidup Dan Tugas-Tugas Perkembangan Peserta Didik Menurut Perspektif Rentang Hidup. Universitas Kristen Indonesia.
Hamdanah. Mengenal psikologi dan fase-fase perkembangan manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2017.
Masganti Sit. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing. 2015.
Novitawati dan Nina Permatasari. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Malang: Ahlimedia Press. 2022.
Robert W. Kail dan Hayna W. Reese (Ed.). Advances Child Development and Behavior. Vo. 29 USA, Elsevier Science. 2002.