Analisis Pelaksanaan Praktikum Biologi Dan Permasalahannya Di SMAS Muhammadiyah 9 Kualuh Hulu

Authors

  • Fitriyani Fitriyani Universitas Islam Negri Sumatera Utara
  • Syarifah Widya Ulfa Universitas Islam Negri Sumatera Utara
  • Miza Nina Adlini Universitas Islam Negri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.54066/jupendis.v1i4.944

Keywords:

Laboratory, Biology, Analysis

Abstract

This research aims to analyze and determine the implementation of biology practicum and analyze the problems at SMAS Muhammadiyah 9 Kualuh Hulu. This research was conducted in a laboratory room at SMAS Muhammadiyah 9 Kualuh Hulu. This research is a type of qualitative research in this research which produces descriptive data in the form of written or spoken words from the behavior of the people being observed. Participants in this research were students in classes X, XI, XII IPA. This research uses research procedures in the form of observation, interviews, documentation, questionnaires. The instruments in this research were interview sheets and questionnaire sheets. Data analysis techniques, data reduction (data reduction), data display (data presentation), Conclusion Drawing or Verification (Conclusion or verification). Data validity test, namely triangulation.

References

Ali, A.(2017). Analisis Pelaksanaan Praktikum Anatomi Fisiologi Tumbuhan Jurusan Pendidikan Biologi Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017. Jurnal Biotek, 5 (1), 1-11.

Anggraeni, A.(2013). Pengelolaan Laboratorium Biologi Untuk Menunjang Kinerja Pengguna Dan Pengelola Laboratorium Biologi Sma Negeri 2 Wonogiri. Unnes.J.Biol.Educ, 2 (3), 1-9.

Arikunto, S.(2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. PT BumiAksara

Arsyad ,Nurul, M.E.W.(2019) Pengaruh Pelaksanaan Praktikum terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Animalia pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Maros. Prodising Seminar Nasional Fkip Univ Muslim Maros, 1 (1), 1-7.

Byarlina, G.(2010). Penerapan Metode Praktikum Pada Pembelajaran Fisika TopikGetaran Dan Gelombang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik SMP.Bandung: UPI.

Chodijah, S.(2016). Analisis Pelaksanaan Praktikum Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 1 Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016.Lampung:UNLA.

Dewi,I.S.(2014). Analisis Kendala Pelaksanaan Praktikum Biologi Di Sma Negeri Se-Kota Palangka Raya. EduSains, 2 (1), 1-7.

Elvita,N.(2017). Analisis Pemanfaatan Laboratorium dalam Pembelajaran IPA dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN Se-Kota Padang Panjang.Batusangkar: IAIN Batusangkar.

Emzir.(2010). Analisis Data : Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers

Fikri, M. I.(2015). Analisis Keterlaksanaan Penggunaan Petunjuk Praktikum Materi Jaringan Tumbuhan Dan Jaringan Hewan Kelas Xi Ipa Mata Pelajaran Biologi Di Ma Nu 3 Ittihad Bahari Demak Tahun Ajaran 2015/2016 .Semarang: UIN WALISONGO

Ghani, A. R.(2014). Metodologi Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Hanafi.(2011). Metodelogi Penelitian Bahasa. Jakarta: Diadit Media Press

Hadad, A.M., Malik. A. dan Wamaer, D,(2006), karakteristik dan potensi tanaman buah merah ( Pandanus conoideus Lamk.) di Papua, Prosiding Seminar Nasional BPTP Papua, Jayapura 24-25 Juli 2006. Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, Bogor, 243-255.

Harahap, J.(2019). Analisis Kelayakan Buku Panduan Praktikum Kimia Kelas XII Semester II Berdasarkan BSNP Sesuai Kurikulum 2013.Jurnal Science and Technolog, 2 (1), 1-6

Hasruddin.(2012). Analisis Pelaksanaan Praktikum Biologi Dan Permasalahannya Di Sma Negeri Sekabupaten Karo. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 9 (1), 1-19.

Khamidah, N, dan Aprilia.(2014). Evaluasi Program Pelaksanaan Praktikum Biologi Kelas XI SMA Se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta Semester II Tahun Ajaran 2013/2014.JUPEMASI-PBIO 1(1): 5-8.

Khaerunnisa, dan Siti.(2019). Analisis Tingkat Kesulitan Yang Dialami Peserta Didik Dalam Praktikum Biologi Di Sma.Jurnal Pijar MIPA, 14 (1), 1-12.

Kemendikbud, (2003).Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003,Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kepmendiknas.(2001). Undang-Undang Nomor 107/U/2001, Tentang Penyelenggaraan Program Pendidikan Tinggi Jarak Jauh Menteri Pendidikan Nasional.

Lepiyanto,A.(2014). Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Berbasis Praktikum.Jurnal Pendidikan Biologi. 5 (2), 1-6.

Lestari, M.(2017). Analisis Ketersediaan Peralatan dan Keterlaksanaan Kegiatan DiLaboratorium Biologi SMA Negeri se-Kabupaten Pasaman. Journal Biosains, 1(2), 1-10.

Maharani, R. I.(2018). Analisis Cek Keselamatan dan Kesehatan Kerja siLaboratorium Biologi FIMIPA UNNES. Integrated Lab Journal, 06 (1), 1-12.

Marcella, Z.(2018). Analisis Hambatan Pelaksanaan Praktikum IPA Terpadu di SMPN 17 dan SMPN 19 Kota Jambi.Jurnal Pendidikan Fisika, 2 (2), 1-8.

Munandar, K.(2016). Pengenalan Laboratorium IPA-Biologi Sekolah.Bandung: PTRefika Aditama.

Nainggolan, D.(2001), Aspek Ekologis Kultivar Buah Merah Panjang ( Pandanus conoideus Lamk.) di Daerah Dataran Rendah Manokwari, Fakultas Kehutanan, Universitas Negeri Papua, Manokwari.

Nasution, S.(2006). Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.

Nazila, N.(2017). Analisis Pelaksanaan Praktikum Pada Pembelajaran BiologiKelas X MAN Tanjungpinang Tahun Ajaran 2016/2017. Maritim: UNIVERSITAS MARITIM

Permendikbud Nomor. 65 Tahun 2013, Tentang Standart Proses.

Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007, Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA).

Permendikbud 8A1 2013, Tentang Standart Nasional Pendidikan.

Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian. Bandung:Alfabeta

Rustaman , N.(2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: UPI. Sadsoeitoeboen, M.J. (1999). Pandanaceae; Aspek Botani dan Etno botani dalam Kehidupan Suku Arfak di Irian Jaya.Program Pacasarjana.IPB. Bogor

Siburian, F.(2016). Analisis Pelaksanaan Praktikum Pada Mata Pelajaran BiologiDi Kelas X Sma Negeri 16 Medan. Jurnal Pelita Pendidikan, 5 (2),1-11.

Sugioyono.(2014).Metode Penelitian Bisnis.Bandung:Alfabeta

Suharsimi, A. (2005) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta : PT.Rineka Cipta, 2011, Cet.XII), hlm.149.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2008), Cet. 6, hlm. 272.

Suharni,S.(2018). Analisis Pelaksanaan Praktikum Biologi Kelas Vii Di Smp Negeri Se- Kecamatan Medan Kota.Edu Science, 5 (1), 1-10.

Susiwi,(2009). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Pada Model Pembelajaran Praktikum D-E-H. Jurnal Pengajaran MIPA, 14 (2), 1-5.

Syaiful,B.D. dan Aswan Z.(2013). Strategi Belajar Mengajar.Jakarta : PT. Rineka Cipta, 1996.Strategi Belajar Mengajar.Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Tesch. M, dan Duit R.(2004). Experimentieren im physikunterrich Etrgebnisse einer videostudie.International Jurnal Of Science Education. 10 (4), 1-18.

Wardi, R. Y.(2010). Peningkatan Pelaksanaan Praktikum Biologi Berorientasi LifeSkill Pada Proses Pembelajaran Sma Negeri 1 Majauleng Kab. Wajo.Makassar.

Widoyoko, (2009). Evaluasi Program Pembelajaran .Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Yuswanto,(2016). Analisis Hasil Belajar Praktikum Ipa Ditinjau Dari KemampuanAfektif Siswa Pada Kelas Viii Di Mts N Surakarta Ii Tahun Ajaran 2014/2015. Surakarta

Downloads

Published

2023-10-02

How to Cite

Fitriyani Fitriyani, Syarifah Widya Ulfa, & Miza Nina Adlini. (2023). Analisis Pelaksanaan Praktikum Biologi Dan Permasalahannya Di SMAS Muhammadiyah 9 Kualuh Hulu. JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS), 1(4), 329–336. https://doi.org/10.54066/jupendis.v1i4.944