Pengaruh Pengetahuan dan Pengalaman terhadap Minat Menjadi Auditor Internal dengan Dukungan Orang Tua sebagai Variabel Moderasi
(Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya)
DOI:
https://doi.org/10.54066/jura-itb.v3i1.2955Keywords:
Experience, Internal Auditor, Knowledge, Moderation, ParentAbstract
Internal audit is an assessment function that has been developed independently of an organization in assessing and testing activities that support services to business organizations. Internal audit carries out objective evaluations within the organization, overseeing the functions of accounting, finance, and various other areas as the basis for administrative services. This research aims to examine the influence of knowledge, experience and parental support on students' interest in becoming internal auditors. The variables used in this research are knowledge and experience as independent variables, parental support as a moderating variable and interest in becoming an internal auditor as the dependent variable. The data used in this research was collected using a questionnaire method distributed to accounting students class of 2020 who had completed internal audit courses and carried out practical field work. A total of 89 respondents were the result of the data from the number of samples that were successfully processed. Probability sampling method with purposive sampling technique used. The analysis techniques in this research are multiple linear regression analysis and moderated regression analysis (MRA). The results of this research show that knowledge and experience directly influence interest in becoming an internal auditor and parental support is able to moderate knowledge and experience in students' interest in becoming an internal auditor.
References
Anwar, M. (2015). Contingency theory and its implications to corporate financial planning and organization structure. Jurnal Aplikasi Manajemen, 13(3), 363–370.
Arnita, V. (2018). Pengaruh orangtua terhadap mahasiswa akuntansi dalam pemilihan karir menjadi profesi akuntan. Jurnal Akuntansi dan Bisnis: Jurnal Program Studi Akuntansi, 4(2), 19.
Baridwan, Z. (2020). Perkembangan teori dan penelitian akuntansi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 15(4), 486–497.
Desire, A. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dengan konsentrasi audit internal terhadap profesi auditor internal (Studi kasus pada akademisi akuntansi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara). Jurnal Akuntansi, 6(1), 5–10.
Dewi, D. A. K. (2018). Persepsi mahasiswa akuntansi terhadap minat mahasiswa akuntansi menjadi auditor internal [Thesis].
Gosali, C., et al. (2024). Pengaruh pengalaman magang dan kepribadian enterprising terhadap kesiapan kerja dengan minat karir sebagai variabel moderasi. Action Research Literate, 8(7).
Hariyati, Nuswantara, D. A., et al. (2022). Management accounting information system and intellectual capital: A way to increase SME’s business performance. Jurnal Siasat Bisnis, 27(1), 61–75.
Hariyati, & Tjahjadi, B. (2015). Hubungan antara strategi inovasi dengan kinerja keuangan yang dimoderasi oleh modal intelektual dan kinerja pelanggan.
Irfana, M. J., & Muid, D. (2012). Analisis pengaruh debt default, kualitas audit, opinion shopping dan kepemilikan perusahaan terhadap penerimaan opini audit going concern. Diponegoro Journal of Accounting, 1(2), 1–10.
Lestari, D. P. (2017). Analisis tingkat ketimpangan pembangunan di kawasan Mamminasata [Undergraduate thesis]. UIN Alauddin Makassar.
Lestari, M. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi di Semarang dalam pemilihan karir sebagai akuntan publik dengan penghargaan finansial sebagai variabel moderasi.
Majid, J. (2021). Kontribusi teori contingency: Upaya mewujudkan good governance melalui e-government di Indonesia. Assets, 11(December).
Maryati, U., et al. (2020). Analisis pengambilan keputusan taktis: Tetap mempertahankan koran cetak atau mengganti ke media online. Akuntansi dan Manajemen, 15(1), 1–17.
Mukti, A. H., et al. (2024). Apakah persepsi mahasiswa penting dalam karier auditor?: Studi pada mahasiswa program studi akuntansi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Goodwood Akuntansi dan Auditing Reviu, 2(2), 73–87.
Purwati, A. S., & Zulaikha, S. (2020). Teori kontinjensi, sistem pengendalian manajemen dan outcomes perusahaan: Implikasinya dalam riset masa kini dan masa yang akan datang. Fakultas Ekonomi UNSOED.
Rahma, N. (2023). Analisis determinan minat mahasiswa Prodi Akuntansi UIN Malang berkarir sebagai akuntan publik.
Ramdani, R. F. (2013). Analisis persepsi mahasiswa akuntansi dalam memilih karir (Studi empiris mahasiswa akuntansi di perguruan tinggi di Semarang) [Thesis].
Rio, B. (2015). Pengaruh capital, liquidity, efficiency, dan risk ratio terhadap profitabilitas sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Rusniati. (2022). Pengaruh dukungan orang tua terhadap perencanaan karir pada mahasiswa angkatan 2018 di Kecamatan Bandar Petalangan Kabupaten Pelalawan [Thesis]. Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/11502/1/Rika Dewi Kusumastuti-FEIS
Santoso, E. B., & Wiyono, I. Y. (2013). Pengaruh reputasi auditor, prediksi kebangkrutan, disclousure dan leverage terhadap penerimaan opini audit going concern. Akrual: Jurnal Akuntansi, 4(2), 139–154.
Siregar, K. A. (2018). Pengaruh persepsi dan minat mahasiswa terhadap pemilihan karir sebagai auditor di kantor akuntan publik (Studi kasus mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU).
Sundari, S. (2016). Pengaruh motivasi dan pengetahuan tentang profesi auditor terhadap minat menjadi auditor pada mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Profita, 2(3), 1–15.
Susanto, V., et al. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan karir mahasiswa S1 akuntansi sebagai akuntan publik. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan, dan Akuntansi, 13(2), 149–179.
Tampubolon, G. O., et al. (2024). Analisis penggunaan biaya diferensial dalam pengambilan keputusan manajerial. Jurnal Manajemen, 3(6), 2564–2573.
Tri Kusno Widi Asmoro, A. W. S. (2017). Faktor-faktor yang memengaruhi mahasiswa akuntansi dalam pemilihan karir sebagai akuntan publik. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 15(2), 176–183.
Wuryani, E., et al. (2010). Efektivitas peranan auditor internal dalam mewujudkan good corporate governance pada perbankan. Akrual: Jurnal Akuntansi, 1(1), 14–27.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Riset Akuntansi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.