Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Niat Masyarakat Untuk Terus Menggunakan Aplikasi Satu Sehat
DOI:
https://doi.org/10.54066/jura-itb.v1i3.428Keywords:
e-government, harapan hasil pribadi, , niat penggunaan berkelanjutanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat pengguna untuk terus menggunakan sistem e-government pada aplikasi Satu Sehat. Penelitian ini menggunakan model kesuksesan yang dikembangkan oleh Delone dan Mclean dengan alat analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan software pendukung Partial Least Square (PLS). penelitian ini memodifikasi dari model penelitian sebelumnya dengan menambahkan faktor harapan hasil pribadi. Sehingga faktor-faktor pada penelitian ini adalah kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, harapan hasil pribadi, efikasi diri, kepuasan dan niat penggunaan berkelanjutan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 329 responden. Namun hanya 300 responden yang memenuhi kriteria yang digunakan pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan dan harapan hasil pribadi secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Sedangkan efikasi diri tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Selanjutnya, kepuasan pengguna secara signifikan merupakan faktor yang berpengaruh terhadap niat pengguna untuk terus menggunakan sistem e-government pada aplikasi Satu Sehat.
References
Alruwaie, M., El-Haddadeh, R., & Weerakkody, V. (2020). Citizens’ continuous use of eGovernment services: The role of self-efficacy, outcome expectations and satisfaction. Government Information Quarterly, 37(3), 101485.
Bandura, A. (1977). Self-efficacy: Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. Psychological Review, 84(2), 191–215.
Bhattacherjee, A. (2001). Understanding Information Systems Continuance: An Expectation-Confirmation Model. MIS Quarterly, 25(3), 351–370.
Compeau, D. R., & Higgins, C. A. (1995). Computer Self-Efficacy: Measure And Initial Development Of A Test. MIS Quarterly, 19(2), 189–211.
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (1992). Information systems success: The quest for the dependent variable. Information Systems Research, 3(1), 60–95.
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: A ten-year update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9–30.
Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Indeed a silver bullet. Journal of Marketing Theory and Practice, 19(2), 139–152.
Halawi, L., Aronson, J., & McCarthy, R. (2005). Resource-Based View of Knowledge Management for Competitive Advantage. Electronic Journal of Knowledge Management, 3(2).
Jaafreh, A. B. (2017). Evaluation Information System Success: Applied DeLone and McLean Information System Success Model in Context Banking System in KSA. International Review of Management and Business Research, 6(2), 829–845.
Johnson, R. D., & Marakas, G. M. (2000). Research Report: The Role of Behavioral Modeling in Computer Skills Acquisition - Toward Refinement of the Model. Information Systems Research, 11(4), 402–417.
Jung, Y., Perez-Mira, B., & Wiley-Patton, S. (2009). Consumer adoption of mobile TV: Examining psychological flow and media content. Computers in Human Behavior, 25(1), 123–129.
Kaya, B., Abubakar, A. M., Behravesh, E., Yildiz, H., & Mert, I. S. (2020). Antecedents of innovative performance: Findings from PLS-SEM and fuzzy sets (fsQCA). Journal of Business Research, 114(June 2019), 278–289.
Prasetiyo, D. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Pengguna Dan Manfaat Bersih Atas Implementasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi Pada Kantor Vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan Lingkup Wilayah Dki Jakarta. 8.
Santa, R., MacDonald, J. B., & Ferrer, M. (2019). The role of trust in e-Government effectiveness, operational effectiveness and user satisfaction: Lessons from Saudi Arabia in e-G2B. Government Information Quarterly, 36(1), 39–50.
Sari, H. P. (2021). Aplikasi PeduliLindungi dan Sederet Keluhan Warga Terkait Penggunaannya... Kompas.Com.
Stefanovic, D., Marjanovic, U., Delić, M., Culibrk, D., & Lalic, B. (2016). Assessing the success of e-government systems: An employee perspective. Information and Management, 53(6), 717–726.
Veeramootoo, N., Nunkoo, R., & Dwivedi, Y. K. (2018). What determines success of an e-government service? Validation of an integrative model of e-filing continuance usage. Government Information Quarterly, 35(2), 161–174.
Wara, L. S., Kalangi, L., & Gamaliel, H. (2021). Pengujian Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone Dan Mclean Pada Sistem Aplikasi Pemeriksaan (Siap) Di Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing “Goodwill,” 12(1), 38–50.
Yuliasari, E. (2014). Analisis Faktor Determinan Penggunaan Sistem Aplikasi Pemeriksaan Laporan Keuangan dan Implikasinya. Jnteti, 03(2), 1–30.