Pengaruh Computer Self Efficacy, Literacy Digital, Dan Social Influence Terhadap Penggunaan Dompet Digital Pada Mahasiswa Akuntansi Untag Surabaya

Authors

  • Octavia Dwi Sagita Sari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Putri Nadiya Puspitasari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Imeltiana Imeltiana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Maria Yovita .R. Pandin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.54066/jura-itb.v1i3.430

Keywords:

computer self-efficacy, literacy digital, social influence, dompet digital

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh computer self efficacy, literacy digital, dan social influence padapenggunaan dompet digital oleh mahasiswa akuntansi Untag Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan alat penunjang SPSS versi 22.Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Untag Surabaya.Sebanyak 106 mahasiswa telah ditetapkan sebagaisampel penelitian ini karena telah memenuhi kriteria.Teknik regresi linier berganda digunakan untuk analisis hipotesis dalam penelitian ini.Hasil analisis data diketahui bahwa variable computer self efficacymemiliki nilai signifikansi 0,067 > 0,05 dan literacy digitalmemiliki nilai signifikansi 0,067 > 0,05 sehingga dapat dipastikan kedua variabel tersebuttidak memiliki pengaruh pada dompet digital pada mahasiswa akuntansi Untag, sedangkanvariabelsocial influence memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05dapat dipastikan memiliki pengaruh pada penggunaan dompet digital mahasiswa akuntansi Untag Surabaya.

References

Bandura, A. (1997). Self Efficacy. The Exercise of Control. New York: W.H. Froeman and Company.

Compeau, D. R., & Higgins, C. A. (1995). Computer Self-Efficacy: Development of a Measure and Initial Test. MIS Quarterly.

dkk, K. A. (2005). The Influence of Trainee Gaming Experience and Computer Self-Efficacy on Learner Outcomes of Videogame-Based Leraning Environments. Diane Publishing Co.

Dinata, K. B. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Vol.19 , 106.

Dinata, K. B. (2021). Literasi Digital dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Eksponen Vol.11 , 25.

Eryadi, H. T., & Yuliana, E. (2016). Pengaruh Perceived Value dan Socila Influence Terhadap Purchase Intention Smartphone 4G Pada Pelanggan Bandung Electronic Center. eProceedings of Management Vol.3 , 88.

F, S., J, M.-A., & G, K. (2011). vision for industrial ecology. journal of industrial ecology, 654-656.

Feist, J., & Feist, G. J. (2010). Theories of personality. Jakarta : Salemba Humanika.

Gilster, P. (1997). Digital Literasi . New York: INC Publisher .

Hidayat, M. T., Aini, Q., & Fetrina, E. (2020 ). Penerimaan Pengguna E-wallet Menggunakan UTAUT 2. Jurnal Teknik Elektro dan Teknologi Informasi , 239-424.

Hobbs, R. (2017). Create to Learn: Introduction to Digital Literacy. Inc Publisher .

Jonathan, R., & Soelasih, Y. (2022). Pembentuk Intention to Use Dompet Digital Melalui Consumer Attitude. Jurnal Manajemen Vol.19 , 41.

Kuncoro, M. (2009). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi . Jakarta: ERLANGGA.

Manurung, R. A., & Silalahi, P. R. (2022). Pengaruh Penggunaan Dompet Digital Terhadap Mental Accounting pada Remaja di Kota Medan. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen Vol.2 , 133-134.

Mohammadyari, & Singh, H. (2015). Computers & Education Understanding the effect of e-learning on individual performance : The role of digital literacy. . Computers & Education.

Mustaqim, Rizky, N., Kusyanti , & Aryadita. (2018). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan e-commerce XYZ menggunakan Model UTAUT. 2584-2593.

Pandin, M. Y., Prihastuty, D. R., Trihastuti, A., & Yustini, R. S. (2023). Mediation Effect of Computer Self-Efficacy, Between Learning Motivation and Learning Achievement. Jurnal Ekonomi Manajemen , 27.

Pradana, Y. (2018). Atribusi Kewargaan Digital dalam Literasi Digital. Untirta Civic Education Journal Vol.3 , 170.

Ramadhanty, V. D., Permana, R. I., Fauzia, B. R., & Rahmawati, N. A. (2021). Analisis Faktor Penggunaan Dompet Digital di Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Surabaya. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi Vol.8 , 313.

Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Jurnal Kehumasan Vol.1 , 74.

Rizal, A. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran Di Era Masyarakat Industri. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Syah, R., Darmawan, D., & Purnawan, A. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Literasi Digital. Jurnal Aksara Agar Berdaya Vol.10 , 62.

S, M., Suyoto, & Pranowo. (2016). Exploring mobile wallet adoption in Indonesia using UTAUT2: An approach from consumer perspective. ICST, 11-16.

Sari, A. Y. (2021). Pengaruh performance Expectancy, Social Ifluance, Literasi Keuangan Digital dan Computer Self Efficacy terhadap Penggunaan E-wallet pada Mahasiswa Akuntansi UNY. Pengaruh performance Expectancy, Social Ifluance, Literasi Keuangan Digital dan Computer Self Efficacy terhadap Penggunaan E-wallet pada Mahasiswa Akuntansi UNY .

Sari, M., Adiwibowo, L., & Hurriyati, R. (2012). Analisis Perilaku Pengguna Teknologi Informasi Pada Perguruan Tinggi Berstatus BHMN. (Studi Penerapan Teknologi Informasi Pada FPEB-Universitas Pendidikan Indonesia)., 9-10.

Sense, C. (2009). Digital Literacy and Citizenship in the 21st Century. San Fransisco: Common Sense Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D - MPKK. Bandung : ALFABETA .

Tanakinjal, G. H., Andrias, R. M., Sondoh, S. L., & Ibrahim, A. A. (2012). Relationship Between Perceived Benefits And Social Influence Towards Self-Disclosure And Behavioral Intention In Web 2.0. european journal of business and social sciences, 63-75.

Tusyanah. (2022). Eksplorasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Adopsi Transaksi Nontunai dengan Model Utaut pada Generasi Millenial. Qiara Media .

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View. MIS quarterly, 425-478.

Wang, Chou, E. S.-T., & Pei-Yu, N. (2014). Consumer Characteristics, Social Influence, and System Factors on Online Group-Buying Repurchasing Intention. Journal of Electronic Commerce Research, 119-132.

Widjarjono, A. (2010). Analisis multi variat terapan . Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Wright, B. (2015). TOP 10 benefits of Digital skills . Retrieved Juni 15, 2023, from Web Percent: http://webpercent.com/top-10-benefits-of-digital-skills/

Downloads

Published

2023-06-24

How to Cite

Octavia Dwi Sagita Sari, Putri Nadiya Puspitasari, Imeltiana Imeltiana, & Maria Yovita .R. Pandin. (2023). Pengaruh Computer Self Efficacy, Literacy Digital, Dan Social Influence Terhadap Penggunaan Dompet Digital Pada Mahasiswa Akuntansi Untag Surabaya. Jurnal Riset Akuntansi, 1(3), 312–328. https://doi.org/10.54066/jura-itb.v1i3.430