Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Olahraga Tradisional Permainan Dagongan
DOI:
https://doi.org/10.54066/jikma.v2i5.2469Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 5 SD melalui penerapan olahraga tradisional permainan dagongan. Studi ini dilakukan di SDN Petemon Surabaya dengan total 30 siswa, terdiri dari 12 laki-laki dan 18 perempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam motivasi belajar siswa setelah penerapan permainan dagongan, dengan peningkatan rata-rata skor motivasi sebesar 25% pada akhir siklus kedua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi olahraga tradisional dalam pembelajaran dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar.
References
Anggara, W. (2002). Regulasi Diri dalam Belajar. Universitas Indonesia.
Atkinson, J. W. (1964). An Introduction to Motivation. Van Nostrand.
Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.
Dubrin, A. J. (2008). Essentials of Management. South-Western Cengage Learning.
Fox, R. (1993). Motivation: Concepts and Applications. Prentice Hall.
Hopkins, D. (1993). A Teacher's Guide to Classroom Research. Open University Press.
Huffman, K., Vernoy, M., & Vernoy, J. (1997). Psychology in Action. John Wiley & Sons.
Kemmis, S., & Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin University Press.
Kusumah, W., & Dwitagama, D. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Indeks.
Maslow, A. H. (1943). A Theory of Human Motivation. Psychological Review, 50(4), 370-396.
Ningrum, R. (2014). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Universitas Negeri Semarang.
Pintrich, P. R., & Schunk, D. H. (1996). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications. Prentice Hall.
Rifai, M., & Catarina, A. (2009). Teori Pembelajaran Konstruktivisme. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sardiman, A. M. (2000). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.
Suyanto, S. (1993). Classroom Action Research. Universitas Negeri Malang.
Tampubolon, D. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Negeri Yogyakarta.
William, R. (2008). Motivation in Education. Pearson Education.
Winkel, W. S. (1996). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Gramedia.
Woolfolk, A. (2004). Educational Psychology. Pearson Education.
Zimmerman, B. J., & Cleary, T. J. (2006). Adolescents' Development of Personal Agency. Lawrence Erlbaum Associates.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.