PENINGKATAN KUALITAS BACA DAN TULIS BAGI ANAK USIA PRA SEKOLAH DENGAN METODE MEMBACA MENULIS PERMULAAN
DOI:
https://doi.org/10.54066/jkb-itb.v1i1.126Keywords:
Membaca, Menulis, Tongkonan.Abstract
Menulis dan membaca adalah dua aspek yang tidak dapat dipisahkan. Kemampuan baca dan tulis siswa akan menjadi dasar untuk pembelajaran pada tahap berikutnya. Pada tingkat kualitas baca dan tulis yang masih cukup rendah keberhasilan pembelajaran ini akan sulit terjadi, misalnya menulis dan membaca huruf serta angka secara terbalik bahkan membaca secara terbata-bata pada tingkatan kelas tinggi. Penelitian ini berfokus pada Tongkonan yang menjadi tempat pusat pembelajaran yang dilakukan selama penelitian sebagai pusat literasi lolo tau berbasis peningkatan kualitas baca dan tulis dengan metode Membaca Menulis Permulaan (MMP). Metode Membaca Menulis Permulaan yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan metode abjad dan metode pendekatan suku kata serta pendekatan kata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, yakni observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Membaca Menulis Permulaan (MMP) dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis peserta didik.
References
Pedoman KKN Tematik Angkatan XXIX Tahun 2022/2023. Makale: UKI Toraja Press.
Setiawati, A., 2022. Makna Unsur-Unsur Arsitektur Tongkonan (Studi Perbandingan pada Dua Bangunan Tongkonan di Wilayah Adat Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja). Dari: http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/161690 [Accessed 11 September 2022].
Jayadi, H., 2014. Teknologi dan Konstruksi Rumah Tradisional Toraja (Tongkonan) Technology And Construction Of Toraja Traditional House (Tongkonan). Dari: http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/161690 [Accessed 12 September 2022].
Sudarsi, Taula’bi’, Allo, E., 2019. Vol 25, No 2.Filosofi Tallu Lolona dalam Himne Passomba Tedong (Etnografi Kearifan Lokal Toraja). Dari: https://sawerigading.kemdikbud.go.id/index.php/sawerigading/article/view/666 [Accessed 6 September 2022].
Muhyidin, A., 2016. Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Bahasa Indonesia di Kelas Awal. Dari: https://www.neliti.com/id/publications/327144/pembelajaran-membaca-dan-menulis-permulaan-bahasa-indonesia-di-kelas-awal [Accessed 6 September 2022].
Mulyani, S., 2009. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Siswa Kelas I Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Terpadu. Dari: https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/14388/MjkyMDA=/Upaya-meningkatkan-kemampuan-membaca-menulis-permulaan-siswa-kelas-I-melalui-penerapan-pendekatan-pembelajaran-terpadu-PTK-di-SDN-04-Punduhsari-abstrak.pdf [Accessed 6 September 2022].
Mutingah, S., 2009. Peningkatan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan dengan Metode Kata Lembaga Di Kelas II SDN Nayu Banjarsari Surakarta. Dari: https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/10532/MjM4ODE=/Peningkatan-kemampuan-membaca-menulis-permulaan-dengan-metode-kata-lembaga-di-kelas-II-SDN-Nayu-Banjarsari-Surakarta-abstrak.pdf [Accessed 6 September 2022].
Dahniar, D., 2013. Peningkatan Keterampilan Membaca Lanjutan Dengan Metode Sas Siswa Kelas II SDN 2 Ogowele. Dari: https://media.neliti.com/media/publications/121139-ID-peningkatan-keterampilan-membaca-lanjuta.pdf [Accessed 13 September 2022].
Tatmikowati, A., 2022. Penggunaan Metode Abjad Dan Suku Kata Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Satu Mi Selawe Taji, Karas, Magetan. Dari: http://etheses.iainponorogo.ac.id/19379/ [Accessed 16 September 2022].
Pramudiyanti, N., 2013. Keefektifan Pembelajaran Model Mmp Berbantuan Cabri 3d Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Dimensi Tiga. Dari: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/3342 [Accessed 20 September 2022].