PENGARUH KUALITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PEJAHIT SAHABAT JL.PATUAN ANGGI PANCURAN GEROBAK, KOTA SIBOLGA
DOI:
https://doi.org/10.54066/jmbe-itb.v1i1.67Keywords:
Kualitas, Harga dan Kepuasan PelangganAbstract
Kualitas dan harga merupakan variabel yang dapat memberi rasa kepuasan pelanggan, kedua elemen tersebut menjadi faktor pembeda setiap produk, jika kualitas dan harga dapat sesuai dengan ekspektasi konsumen, maka rasa kepuasan akan didapat konsumen. tujuan penelitian ini yaitu: Untuk Mengetahui Seberapa Besar Pengaruh Kualitas Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Penjahit Sahabat Jl. Patuan Anggi Pancuran Gerobak, Kota Sibolga. Hipotesis penelitian ini, yaitu : Ada Pengaruh Kualitas Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Penjahit Sahabat Jl. Patuan Anggi Pancuran Gerobak, Kota Sibolga. Jumlah populasi sebanyak 120 orang dan sampel 30 orang. Jenis data digunakan data primer dan sekunder. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ditemukan Ada pengaruh kualitas secara indivudual terhadap kepuasan pelanggan pada Penjahit Sahabat di mana di mana nilai t-hitung sebesar 3,038 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,042 (3,038 > 2,042) atau signifikan (Sig-t) sebesar 0,005 lebih kecil dari α (0,05). Ada pengaruh harga secara indivudual terhadap kepuasan pelanggan pada Penjahit Sahabat di mana di mana nilai t-hitung sebesar 3,369 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,042 (3,369 > 2,042) atau signifikan (Sig-t) sebesar 0,002 lebih kecil dari α (0,05). Ada pengaruh kualitas dan harga secara serempak terhadap kepuasan pelanggan pada Penjahit Sahabat, dimana ditemukan nilai Fhitung > Ftabel (17,177 > 3,32) dan Sig.á (0,000a) lebih kecil dari alpha 5% (0,005). Besarnya pengaruh kualitas dan harga terhadap kepuasan pelanggan adalah 56% dan sisanya 44% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
References
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta.: Rineke Cipta.
Azwar. 2013. Reliabilitas Dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Deliyanti. Oentoro, 2012. Manejemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LaksBang Pressindo.
Fahmi Firdaus Rufliansah, Agus Hermani Daryanto Seno. 2015. Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen Rainbow Creative Semarang)
Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. IX, No. IV |
Kotler, Philip. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip. dan Amstrong, Gary. 2011. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa Iman Nurmawan. Jakarta : Erlangga.
Kotler dan Keller. 2013. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Jakarta : Erlangga
Ni Putu Juliani. I Gede Putu Kawiana. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen.
Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata Pebruari 2022, Vol. 2 (No. 1): Hal 129-138
Purnomo, Edwin Setyo. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Best Autoworks.
Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 1, Nomor 6, Februari 2017: 755 - 764
Situmorang Syafrizzal dan Luti. 2012. Analisis Data. USU Press 2012. Medan
Stanton, William J. 2016. Prinsip Pemasaran. Cetakan Ketujuh. Jakarta : Penerbit Erlangga
STIE Al-Washliyah Sibolga-Tapanuli Tengah. 2020. Pedoman Penulisan Penelitian Penyusunan Skripsi. Sibolga Tapanuli Tengah.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta
Sutojo dan Kleinsteuber F, 2012, Strategi Manajemen Pemasaran. Jakarta : Damar Mulia Pustaka
Tjiptono, Fandy. 2014. Strategi Pemasaran. Yogyakarta. : Andi.
Tanjung, Mansur. 2021. Mekanisme Anggaran Biaya Pemasaran Terhadap Target
Penjualan. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Sayriah. Vol.2.hal.56-68.
Umar. Husein, 2015. Metode Penelitian Aplikasi Dalam Pemasaran. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.