PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA UMKM

Authors

  • Billy Surya Hanjaya Universitas Ma Chung
  • Bayu Setyo Budihardjo Universitas Ma Chung
  • Catharina Aprilia Hellyani Universitas Ma Chung

DOI:

https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v1i3.290

Keywords:

Social Media Marketing, Keputusan Pembelian, UMKM

Abstract

Digital marketing adalah strategi pemasaran menggunakan teknologi digital untuk mempromosikan dan menjual produk atau jasa suatu bisnis. Dalam digital marketing, berbagai kanal digital seperti website, media sosial, email, iklan online, dan mesin pencari digunakan untuk menjangkau konsumen potensial dan meningkatkan visibilitas bisnis. Social media marketing dapat digunakan untuk membangun merek, menarik pengunjung ke website atau toko online, meningkatkan penjualan, dan memperluas jangkauan pasar. Dalam penerapannya sosial media marketing terdiri dari  sistem website, IG, Tiktok pada konten-konten yang menarik sehingga adanya suatu keputusan pembelian pada konsumen terhadap UMKM. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan oleh konsumen sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Keputusan ini dapat disebut sebagai keputusan pembelian konsumen. Metode penulisan penelitian ini merupakan metode penelitian studi literatur, yaitu  dengan mengkaji dan menganalisis artikel dan jurnal ilmiah yang sesuai dengan subjek atau masalah penelitian yang berkaitan dengan pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian konsumen. hasil dari pengkajian dan analisis dari hasil penelitian sebelumnya menunjukan social media marketing dapat memberikan dampak positif dan signifikan bagi perusahaan pelaku UMKM,

 

References

Upadana, W. K., & Pramudana, A. S. (2020). Brand Awareness Memediasi Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, Vol. 9. https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/download/57389/34537

Pranata, D. R., & Pramudana, A. S. (2018). Peran Kesadaran Merek (Brand Awareness) dalam Memediasi Hubungan Iklan Oppo dengan Niat Beli Konsumen. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i10.p2

Priatni, S. B., Hutriana, T., & Hindarwati, E. N. (2019). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention dengan Brand Awareness sebagai Variabel Intervening pada Martha Tilaar Salon Day Spa. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan, Vol. 5, No. http://journal.ibs.ac.id/index.php/JEMP/article/view/165/152

Taan, H., Radji, D. L., Rasjid, H., & Indriyani. (2021). Social Media Marketing untuk Meningkatkan Brand Image. SEIKO : Journal of Management & Business, Volume 4(Issue 1), 315–330. https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/8803/Social-Media-Marketing-Untuk-Meningkatkan-Brand-Image.pdf

Zanjabila, R., & Hidayat, R. (2017). Analisis Pengaruh Social Media Markerting terhadap Keputusan Pembelian Bandung Techno Park (Studi Pustaka pada Pelanggan Bandung Techno Park 2017). E-Proceeding of Applied Science, 3, 368. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/135775/jurnal_eproc/analisis-pengaruh-social-media-marketing-terhadap-keputusan-pembelian-bandung-techno-park.pdf

Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J.CO Donuts & Coffe Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol 7, No. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/20968

Mulyansyah, G. T., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian Kuliner di Kawasan G-walk Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), Volume 9,. https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiD5-Cz_tr-AhUO7TgGHW4kCPcQFnoECBMQAQ&url=https%3A%2F%2Fejournal.unesa.ac.id%2Findex.php%2Fjptn%2Farticle%2Fview%2F40498%2F35097&usg=AOvVaw13PGahVmBDMxFlZxQh6CJs

Sumber dari internet dengan nama penulis

Yusuf. (2021). Pengertian Keputusan Pembelian Menurut Para Ahli. UTBKCAK. https://utbkcak.com/pengertian-keputusan-pembelian/#Suharso_2010

Firdiansyah, A. (2022). Memahami Social Media Marketing, dari Pengertian Sampai Strateginya. Glints. https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-social-media-marketing/#.ZFNLlqBBy5e

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Billy Surya Hanjaya, Bayu Setyo Budihardjo, & Catharina Aprilia Hellyani. (2023). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA UMKM. JURNAL RISET MANAJEMEN DAN EKONOMI (JRIME), 1(3), 92–101. https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v1i3.290