Penerapan Teknik Pembelajaran Ekspositori: Strategi Efektif Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa

Authors

  • Tiara Asnanda Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Intan Lestari Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Gusmaneli Gusmaneli Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i3.1803

Keywords:

Expository Learning Strategies, Student Understanding

Abstract

This article aims to describe (tell) the Basic Concepts of Expository Learning Strategies which can improve students' understanding in learning. This research uses library research methodology and is qualitative in nature, because the data collected uses textual analysis contained in books and journals related to expository learning strategies. The results of this research are the first in this study to obtain a basic understanding of expository learning strategies. These two principles. The three weaknesses and advantages. The four steps. The five applications of this strategy are to increase students' understanding during the learning process.

 

References

Ariani, T. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika. Jurnal inovasi dan pembelajaran fisika, 4(1)

https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/4258

Asep, Siska Septiani, dkk.(2023). Strategi Pembelajaran, (Banten: Sada Kurnia Pustaka)

Asrori, M. (2013). Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 26

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengertian+strategi +&btnG=#d=gs_qabs&t=1708971111310&u=%23p%3DIE1StM-iwc4J

Damayanti Nababan, Juliana Pakpahan, & Juni Pane. (2023). Relevansi Strategi Pembelajaran Ekspositori Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(4), 12471– 12476

https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/658

Dedi Mulyasına, dkk. (2018). Khazanah Pemikiran Pendidikan Islam (Bandung: CV. cendikia Press)

Hamzah. (2022). Strategi Pembelajaran Guru Edukatif. (Sumatera Barat: CV. Azka Pustaka).

Hasruddin Dute. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masyarakat Pluralistik. (Jakarta, Publica Indonesia Utama)

Hermayanti Sithi. (2012). Strategi Pembelajaran. (Surabaya: Inno Fast Publishing)

Kahmadhani Herlambang. (2016). Penelitian dalam Pendidikan Agama Islam (Yogyakarta, CV Budi utama)

Nababan, D., Manurung, S. S., & Marbun, R. F. (2023). Analisis Perbedaan Strategi Pembelajaran Ekspositori Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 601-610

https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/168/166

Napitupulu, D. S., Situmorang, H. B., Khoiruna, I., Priantono, D., & Rahmadhani, V. (2022). Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada Pelajaran SKI. AlQalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 14(2), 92-97

https://journal.uiad.ac.id/index.php/al-qalam/article/view/1368/773

Nasution, W. N. (2017). Strategi pembelajaran. (Medan: Perdana Publishing) Ragin, G.,

Refando, A., & Utami, D. C. (2020). Implementasi Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar Pandawa, 2(1), 54-60.

https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/535

Safriadi, S. (2017). Prosedur Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Ekspositori. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 47-65.

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=strategi+ekspositori &btnG=#d=gs_qabs&t=1708975383119&u=%23p%3DKP4572dgM30J

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. (Jakarta: Kencana Prenada)

Saputra, I. W. (2023). Implementasi Strategi Pembelajaran Ekspositori Di Dalam Pai. Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 6(12).

https://scholar.google.com/scholar?q=related:MMhwVR11s8sJ:scholar.google.co m/&scioq=prinsip+strategi+pembelajaran+ekspositori&hl=id&as_sdt=0,5 #d=gs_qabs&t=1708970917172&u=%23p%3DMMhwVR11s8sJ

Susila Rita Heni. (2021). Strategi Belajar dan Pembelajaran. (Aceh: Syiah Kuala Univercity Press)

Widaningsih Ida. (2019). Strategi Dan Inovasi Pembelajaran Bhindo Di Era Revolusi Industri. (Ponorogo Uwais Inspirasi Indonesia)

Wina Sanjaya. (2014). Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan. (Jakarta: Kencana Prenada Media)

Zainuri, H. S., Parapat, K. M., Nurhafizah, N., Siregar, N. E., Azhari, Y., & Yusnaldi, E. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori pada Mata Pelajaran IPS di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 32503- 32508

https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/12312

Published

2024-04-29

How to Cite

Tiara Asnanda, Intan Lestari, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Penerapan Teknik Pembelajaran Ekspositori: Strategi Efektif Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa. JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS), 2(3), 01–15. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i3.1803