Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Implementasi Strategi Kontekstual

Authors

  • Faizah Fitrah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Sulthoni Alfathon Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Gusmaneli Gusmaneli Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i3.1831

Keywords:

CTL, Contextual, Education

Abstract

Education is a means of obtaining quality human resources to ensure the sustainability and progress of a nation. Education greatly influences the quality of a nation's human resources. Therefore, education must be promoted for all the young men and women of the nation's hopes. In achieving educational goals that make the life of the nation and state more intelligent, many things and methods are used for efficiency in the implementation of an educational process. One of them is the CTL (Contextual Teaching and Learning) learning approach method.

References

Al-tabani, Trianto. 2014. Mendesaian Model Pembelajaran Inovatic, Progresif dan Kontekstual. Surabaya : Prenadamedia Group.

B. Elaine, Johnson. 2012. Contextual Teaching and Learning. terj. Bandung: MLC

Depdiknas. 2004. Standar Kompetensi Guru Pemula SMP-SMA. Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Tinggi.

Kadir, Abdul. 2013. Buku Pintar Programer Pemula PHP. Yogyakarta: Mediakom.

Kaif, Sitti Hermayanti, Dkk. Strategi Pembelajaran (Macam-Macam Strategi Pembelajaran yang Dapat diterapkan Guru) . Surabaya: Inoffast Publishing.

Kunandar. 2010. Guru Profesional Impelentasi Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukes Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Muslich, Masnur. 2008. KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Panduan Bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.

M, Muslich, 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo

Nur, M. 2002. Psikologi Pendidikan: Fondasi untuk Pengajaran. Surabaya: PSMS Program Pascasarjan Unesa.

Prawiradilaga, Dewi dan Eveline Siregar. 2004. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Rifa'i, Achmad dan Anni, Chatarina Tri. (2011). Psikologi Pendidikan.Semarang

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers. Jakarta.

Sani, Ridwan Abdul. 2013. Inovasi pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Askara

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana

Shoimin, A. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Slavin, Robert E. 2009. Cooperatif Learning.Bandung: Nusa Media

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sunhaji. 2022. Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah/Madrasah (Studi Teoritik Dan Praktik Di Sekolah/Madrasah). Jawa Tengah : CV. ZT Corpora.

Wijaya, Jaka Imam Mahesa. 2020. How to Teach Arabic? (Metode, Strategi, Evaluasi, dan Permainan Pengajaran Bahasa Arab). Guepedia.

Published

2024-05-06

How to Cite

Faizah Fitrah, Sulthoni Alfathon, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Implementasi Strategi Kontekstual. JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS), 2(3), 16–30. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i3.1831