Pengaruh Persepsi E-Service Quality pada Layanan Pemesanan Tiket Kereta Api Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pengguna Traveloka

Authors

  • Haqimah Shafa Salsabilla uin walisongo semarang
  • Lathifah Zakiyatuz Zahra uin walisongo semarang
  • Milladyah Laila Sari uin walisongo semarang
  • Khairani Zikrinawati uin walisongo semarang
  • Zulfa Fahmy uin walisongo semarang

DOI:

https://doi.org/10.54066/jikma.v1i2.460

Keywords:

E-service; E-ticketing; Satisfaction

Abstract

. This research was conducted based on the increasing use of the internet use in Indonesia and the opportunities for online train ticket sales namely e-ticketing and the possibility of having a relationship with customer satisfaction. This research aims to determine the effect of perceived e-service quality on train ticket booking services on students satisfaction using Traveloka. This research used a quantitative research method by distributed questionnaires online. This research used a sampling technique namely non-probability sampling with purposive sampling. Data collection was done by spreading the questionnaires to related respondents. The population in this research are 114 students from various universities who have booked train tickets at Traveloka. The result of this research indicated that there is a positive and significant effect between perception of e-service quality in train ticket booking services on students who use Traveloka satisfaction

References

Abdul, A. R., & Ika, N. K. W. (2021). Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust Terhadap E-Loyality Melalui Variabel Penghubung E-Satisfaction (Studi Kasus: Pelanggan Traveloka di Surabaya). Jurnal Sosial Ekonomi Dan Politik, 2, 26–33. http://www.jsep.org/index.php/jsep/index

Adhitya Rinaldi, & Suryono Budi Santoso. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Traveloka di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 7(2), 1–14. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/20901

Akbar, R. F. (2015). Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1), 189–210. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.791

Amalia, I. P., & Widodo, A. (2020). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Loyalty Pada Aplikasi Kai Access Melalui E-Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Administrasi Bisnis FKB Universitas Telkom PENDAHULUAN Perkembangan teknologi semakin maju saat ini membuat masyar. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 2.

Anugrah Pratama, T., & Pasca Arnu, A. (2022). Pengaruh E-Service Quality dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Traveloka di Indonesia (Survey pada pengguna aplikasi Traveloka di Indonesia). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 511–524. https://doi.org/10.5281/zenodo.7080659

Berliana, M., & Zulestiana, D. A. (2020). Pengaruh E-Service Quality terhadap Customer Satisfaction dan Loyalty pada Pengguna Gopay di Indonesia. REMIK (Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer), 4(2), 11. https://doi.org/10.33395/remik.v4i2.10532

Bolton, R. N., Parasuraman, A., Hoefnagels, A., Migchels, N., Kabadayi, S., Gruber, T., ... & Solnet, D. (2013). Journal of Service Management , 24 (3), 245 – 267. Understanding Generation Y and Their Use of Social Media: A Review and Research Agenda, 24(3), 245–267.

Dita Puspita Sari. (2021). Pengaruh Iklan, Harga Dan E-Service Quality Terhadap Repurchase Intention Pada Pengguna Online Travel Agent Traveloka. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.

Fauzi Baskara, R., Dwi Anastasia Mardiatmi, B., & Gunaedi Argo, J. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Aplikasi Traveloka. Korelasi, 2, 1645–1659.

Fernaldy, I. (2017). Analisis Pengaruh E-Service Quality Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Nasabah Layanan E-Banking (Studi Pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia Di Malang). (Doctoral Dissertation, Universitas Brawijaya).

Ginting, M. C., & Silitonga, ivo maelina. (2019). Pengaruh Pendanaan Dari Luar Perusahaan dan Modal Sendiri Terhadap Tingkat Profitabilitas pada Perusahaan Property And Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen, 5(2), 195–204. http://ejournal.lmiimedan.net/index.php/jm/article/view/69

Hasibuan, S. N. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Harga dan Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pelanggan Traveloka di Kota Medan. Manajemen Pemasaran, 25–44.

Istighfarnissa, N., Pradhanawati, A., & Prabawani, B. (2022). Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust terhadap E-Loyality dengan E-Satisfaction sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pembelian Tiket di Situs Traveloka). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(3), 399–410. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.34880

Jayanti, F., & Arista, N. T. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura. Competence : Journal of Management Studies, 12(2), 205–223. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v12i2.4958

Laksita, A. S., & Pradana, M. (2021). Pengaruh Harga Dan E-service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan Traveloka Di Yogyakarta. EProceedings of Management, 8(5), 6066–6078.

Magdalena, A., & Jaolis, F. (2018). Analisis Antara E-Service Quality, E-Satisfaction, dan E-Loyalty Dalam Konteks E-Commerce Bukalapak. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(2), 1–11.

Messakh, H. (2016). Pengaruh Kualitas E-Service terhadap Loyalitas Pelanggan Traveloka melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Agora, 4(1), 350–356.

Pradana, M., & Reventiary, A. (2016). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Customade (Studi Di Merek Dagang Customade Indonesia). Jurnal Manajemen, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.26460/jm.v6i1.196

Pramudita, S. A., & Agustina, E. R. (2018). E-Service Quality dan E-Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Website Traveloka . com Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan hal yang tidak dapat dihindari oleh setiap negara di dunia , maka informasi bisa diketahui dengan ce. Competitive, 15(1), 105–114.

Putriana, N. (2021). Pengaruh Kepercayaan Dan E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Pelanggan Pengguna Aplikasi Traveloka Selama Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Pelanggan Tiket Pesawat Bagi Pengguna Traveloka di Indonesia). (Doctoral Dissertation, UPN Veteran Jawa Timur).

Rosyidin, D. M., & Prihatini, A. E. (2020). Pengaruh E-Service Quality Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Pada Traveloka.Com (Studi Pada Konsumen Traveloka.Com Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(2), 41–49. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.27187

Ruslim, T. S. ., & Mukti, R. (2016). Identifikasi Kepuasan Konsumen Di tinjau Dari Segi Harga Dan Kualitas Pada Restoran Abuba Steak Di Greenville Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Volume 2, Nomor 1, Maret 2016. 2, 51–65. http://id.wikipedia.org/wiki/Harga,

Theresia, N. M. M. D. T., & Wardana, I. M. (2019). Pengaruh Pengalaman Belanja Online, Kepuasan Pelanggan, Dan Adjusted Expection Terhadap Niat Membeli Kembali Melalui Traveloka. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 4899. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p07

Virgianne, Y., Ariani, N. M., & Suarka, F. M. (2019). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Wisatawan Nusantara di AiryRooms Kecamatan Kuta Bali. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 3(1), 108–125.

Zakiah, L. (2015). Pengaruh E-Service Quality Dan Promosi Daring Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Pembelian Ulang Pada Pemesanan Hotel Di Situs Traveloka. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April).

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Haqimah Shafa Salsabilla, Lathifah Zakiyatuz Zahra, Milladyah Laila Sari, Khairani Zikrinawati, & Zulfa Fahmy. (2023). Pengaruh Persepsi E-Service Quality pada Layanan Pemesanan Tiket Kereta Api Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pengguna Traveloka. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(2), 170–179. https://doi.org/10.54066/jikma.v1i2.460