Pengaruh Minat dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tanaman Hias di Desa Banyuurip Kecamatan Kedamean Gresik

Authors

  • Nur Jannah Oryza Putri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IBMT Surabaya
  • Iswati Iswati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IBMT Surabaya
  • Anis Fitriyasari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IBMT Surabaya
  • Eny Sulistyowati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IBMT Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.54066/jurma.v2i3.2214

Keywords:

Interest, Price, Purchase Decision, Ornamental Plant

Abstract

This research aims to analyze the influence of interest and price on purchasing decisions for ornamental plant products at flower shops in Banyuurip village, Kedamean Gresik district. This type of research is quantitative using an explanatory approach. The data collection technique was carried out using a questionnaire which was distributed to 100 customers who had made purchase transactions at least twice at the flower stand in Banyuurip Village, Kedamean Gresik District. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis t test, f test, classical assumptions, normality with the help of the SPSS program. The results of the research show that there is a positive and significant influence between purchasing interest and selling price on purchasing decisions for ornamental plant products at flower shops in Banyuurip village, Kedamean Gresik subdistrict." This research has the implication that flower shops in Banyuurip village must increase consumer buying interest so that consumers carry out purchase transactions regularly and sustainably and pay attention to selling prices that are competitive with other markets, the quality is the same but the price is slightly different or cheaper or the selling price is expensive but the quality is better.

 

 

References

AndiAndika, R. L., & Jhonni, R. D. (2018). Hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa SMK Karsa Mulya Palangka Raya tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Mahasiswa PTK Parentas, 4(1), 10–19.

Annisa, W. (2022). Analisis faktor–faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian tanaman hias di Kawasan Lubuk Minturun Kota Padang (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).

Arsi, A., & Herianto, H. (2021). Langkah-langkah uji validitas dan reliabilitas instrumen dengan menggunakan SPSS.

Darma, B. (2021). Statistika penelitian menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia.

Daud, M. A. Z. (2023). Pengaruh harga, promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian tanaman hias jenis Aglonema dimasa pandemi Covid-19. Jurnal Publikasi Sistem Informasi dan Manajemen Bisnis, 2(3), 105–118.

Fadli, A., & Caniago, S. (2022). Sinkronisasi Pasal 41 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Menurut Siyasah Dusturiyah Dalam Perlindungan Warga Negara Indonesia. JISRAH: Jurnal Integrasi Ilmu Syariah, 3(3), 431. https://doi.org/10.31958/jisrah.v3i3.8375

Fauzi, M. H., Susilowati, D., & Machfudz, M. (2021). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian tanaman hias pada masa pandemi Covid-19 di Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 9(3).

Hadriansyah, M. F. (2023). Pengaruh harga, kualitas produk dan promosi terhadap minat beli tanaman hias Milenial Garden (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana-Menteng).

Harly, G. S., & Octavia, D. (2014). Pengaruh endorsement fashion blogger terhadap minat beli merek lokal pada tahun 2013–2014 (Studi kasus pada fashion blogger Evita Nuh). Jurnal Manajemen Indonesia, 14(2), 140–151.

Haryono, E., Slamet, M., & Septian, D. (2023). Statistika SPSS 28.

Iswad, D. M., Gustiana, C., Mahyuddin, T., & Zain, K. M. (2022, January). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian tanaman hias Sri Rezeki (Aglonema sp.) di Desa Bangun Sari Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Prosiding Seminar Nasional Pertanian, 4(1), 21–29.

Pratama, & Aulia, R. (2022). Pengaruh kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi kasus smartphone Asus ROG di Kecamatan Jatinegara). REPOSITORY STIE INDONESIA (STEI) Jakarta, 3(April), 9.

Putri, M. S. (2021). Pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian tanaman hias dalam perspektif ekonomi Islam di Banda Aceh. Skripsi.

Putri, M. (2022). Minat beli konsumen terhadap tanaman hias Aglaonema (Studi kasus: Desa Bangun Sari, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang) (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Rahayu, A. W. (2024). Perilaku konsumen pada keputusan pembelian tanaman hias di Jakarta Selatan (Consumer behavior on purchase decisions for ornamental plants in the City of South Jakarta). Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 29(2), 196–206. https://doi.org/10.18343/jipi.29.2.196

Sinambela, R. Y. P., & DS, A. H. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap minat beli ulang konsumen (Studi pada Portobello Café Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(3), 231–240.

Surajiyo, S. E., Nasruddin, S. E., & Paleni, H. (2020). Penelitian sumber daya manusia, pengertian, teori dan aplikasi (Menggunakan IBM SPSS 22 for Windows). Deepublish.

Zakariah, M. A., & Afriani, V. (2021). Analisis statistik dengan SPSS untuk penelitian kuantitatif. Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah.

Zulfikar, Z., Muflikhati, I., & Rahmayani, J. I. (2023). Pengaruh pengetahuan, persepsi, dan sikap terhadap minat beli rumah berkonsep urban farming Makassar. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 9(2), 570–582. https://doi.org/10.17358/jabm.9.2.570

Published

2024-07-25

How to Cite

Nur Jannah Oryza Putri, Iswati Iswati, Anis Fitriyasari, & Eny Sulistyowati. (2024). Pengaruh Minat dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tanaman Hias di Desa Banyuurip Kecamatan Kedamean Gresik. Jurnal Riset Manajemen, 2(3), 66–80. https://doi.org/10.54066/jurma.v2i3.2214

Most read articles by the same author(s)