Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Motivasi Guru di SMK DR SOETOMO Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.54066/jurma.v2i3.2338Keywords:
Leadership Style, Teacher Motivation, Principal Leadership, DR SOETOMO Vocational School, SurabayaAbstract
This research aims to examine the influence of the principal leadership style on teacher motivation at DR SOETOMO Vocation School, Surabaya. This research is motivated by the importance of the leadership role of school pricipals in creating a conducive work environment and motivating teaching staff to achieve optimal performance. This research uses a quantitative approach with a survey design, involving 31 teachers as respondent. Data was collected through a questionnaire designed to measure the leadership style and level of teacher motivation. Data analysis was carried out using simple linear regression techniques to identify the relationship between leadership style variables and motivation. The research results show that leadership has a positive and significant influence on teacher motivation. Transformational and participative leadership styles tend to increase teachers motivation, while authoritarian leadership styles have a less significant effect. These findings suggest the need for principals to adopt a more supportive and empowering leadership style to increase teacher motivation and performance. This research contributes to the development of effective leadership strategis in educational environments.
References
Adam, A. (2019). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Gondokusuman Daerah Istimewa Yogyakarta (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.
Anwar, A. (2018). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMPN 1 Awangponor Kabupaten Bone (Skripsi). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Diakses pada 13 September 2022.
Ariersta, R. (2014). Analisis pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan gaya kepemimpinan transaksional terhadap kinerja karyawan (Studi pada PT. PLN Persero Distribusi Jawa Tengah dan DIY) (Skripsi). Universitas Diponegoro Semarang. Diakses 22 September 2022 dari http://erprints.undip.ac.id.
Arikurnto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Asmani, J. M. (2018). Tips menjadi guru inspiratif, kreatif, dan inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Bangurn, N. F. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan melalui komitmen organisasi PT Perkerbunan Nusantara XII Kantor Direksi. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 14, 1-13. Diakses pada 22 September 2022 dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmdb/article/download/29179/75676578856.
Bursro, M. (2018). Teori-teori manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Prenada Media Group.
Cahyani, R. D. (2019). Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru dengan motivasi sebagai variabel intervening. Diakses pada 22 September 2022 dari http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/17775/k.%20NASKAH%20PUBLIKASI.pdf?sequence=11&isAllowed=y.
Damanik, R. (2019). Pengaruh disiplin kerja dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru. Diakses pada 14 September 2022 dari https://erjournal.stkipburdidaya.ac.id/index.php/ja/article/download/231/164.
Danim, S. (2013). Menjadi komunitas pembelajar: Kepemimpinan transformasional dalam komunitas organisasi pembelajaran. Jakarta: PT. Burmi Aksara.
Derwi, K. S. (2013). Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja karyawan dan komitmen organisasi pada PT. KPM. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, 7(2), Agustus 2013.
F. Lurthans. (2015). Organizational behavior. New York: McGraw-Hill.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariat dengan program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gill, A., Fitzgerrald, S., Bhurtani, S., Mand, H., & Sharma, S. (2010). The relationship between transformational leadership and employee desire for empowerment. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 22(2), 263–273.
Hadiati. (2018). Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru MTs Ser-Kota Bandar Lampung. Diakses pada 13 September 2022 dari http://erjournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/3078.
Hartati, E. (2019). Survei kinerja guru SMK Negeri 1 Makassar dalam kegiatan belajar mengajar berdasarkan kurikulum 2013 (Studi tentang faktor penghambat dan faktor pendorong). Diakses pada 12 September 2022 dari https://erjournals.urmma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/349.
Hasan, B. S. (2020). Pengaruh kepemimpinan, disiplin kerja, dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi. Diakses pada 25 September 2022 dari http://jurnalmahasiswa.stiersia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3063.
Hasanah, U. (2020). Pengaruh kepemimpinan transformasional dan komitmen organisasi terhadap kinerja guru dengan etika kerja Islam sebagai variabel moderating. Diakses pada 22 September 2022 dari http://lib.unnes.ac.id/39014/1/7101416198.pdf.
Hasiburan, M. S. P. (2019). Manajemen: Dasar, pengertian, dan masalah. Jakarta: Burmi Aksara.
Herrawati. (2022). Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru pada SMP Negeri 258 Jakarta Timur. Diakses pada 13 September 2022 dari http://akrabjurara.com/index.php/akrabjurara/article/view/1821.
Hidayat, S. (2021). Pengaruh kompetensi dan komitmen organisasional terhadap kinerja guru dan pegawai pada SMP dan SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1).
Imbron. (2021). Pengaruh disiplin kerja dan kompetensi terhadap kinerja guru. Diakses pada 13 September 2022 dari http://operjournal.unpam.ac.id/index.php/JIPER/article/view/11035.
Kharis, I. (2015). Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan dengan motivasi kerja sebagai variabel intervening (Studi pada karyawan Bank Jatim Cabang Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 3(1).
Kurniawati, T., et al. (2021). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru (Madrasah Aliyah Bahrul Ulum Desa Air Ermas Kecamatan Singingi). Diakses pada 13 September 2022 dari https://erjournal.uniks.ac.id/index.php/JOM/article/download/601/333/.
Lestari. (2019). Pengaruh disiplin kerja dan kompetensi terhadap kinerja guru pada SMK 2 Tangerang Selatan. Diakses pada 13 September 2022 dari http://operjournal.unpam.ac.id/index.php/FRKM/article/view/3393.
Manurung, N. (2016). Pengaruh disiplin kerja, motivasi kerja, kepuasan kerja, dan kompetensi terhadap komitmen organisasi. Diakses pada 25 September 2022 dari https://journals.urms.ac.id/index.php/dayasaing/article/view/3788.
Ningsih, P. (2022). Pengaruh kompetensi, dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara dengan komitmen sebagai variabel intervening (Studi kasus pada SMA Negeri 1 Pasangkayu dan MA DDI Pasangkayu). Diakses pada 15 September 2022 dari https://merdia.neliti.com/merdia/publications/154413-IDpengaruh-komitmen-kompetensi-dan-lingkungan.pdf.
Surnarno. (2015). Pengaruh disiplin kerja dan budaya organisasi terhadap kinerja guru dengan komitmen kerja sebagai variabel intervening (Studi kasus pada guru SMA Kersatrian dalam Yayasan Pendidikan Kersatrian). Diakses pada 15 September 2022 dari https://www.neliti.com/publications/172253/pengaruh-komitmen-organisasional-dan-budaya-organisasi-terhadap-kinerja-guru-di.
Wibowo, E. D. (2017). Pengaruh budaya organisasi dan kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja serta dampaknya pada kinerja aparatur sipil negara pada Sekretariat Daerah Kabupaten Cirebon. Diakses pada 22 September 2022 dari http://repository.unpas.ac.id/31543/.