Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Produk terhadap Kepuasan Pelanggan di E-commerce Shopee

Authors

  • Reisya Aulia Anhar Universitas Pembangunan Jaya
  • Keysha Azahra Ramadhani Universitas Pembangunan Jaya
  • Omar Mochtar Andela Universitas Pembangunan Jaya

DOI:

https://doi.org/10.54066/jurma.v2i4.2735

Keywords:

Quality, Service, Price, Product

Abstract

This study aims to analyze the effect of service quality and product price on customer satisfaction at Shopee. Service quality, which includes ease of access, transaction security, delivery speed, and other supporting features, is an important factor in creating customer satisfaction. Meanwhile, competitive product prices, discounts, and promotions are also the main considerations for consumers in choosing an e-commerce platform. The results of the study show that service quality and price have a significant effect on customer satisfaction. Good service quality can improve customer experience, while competitive prices increase customer attraction to shop.

References

Agustina, E. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Percetakan Aneka Jaya Pematangsiantar.

Aisy, G. R., & Windiarti, S. (2022a). Kepercayaan dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada E-Commerce Shopee. Sosio E-Kons, 14(2), 144. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v14i2.12071

Aisy, G. R., & Windiarti, S. (2022b). Kepercayaan dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada E-Commerce Shopee. Sosio E-Kons, 14(2), 144. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v14i2.12071

Alfianto Anugrah Ilahi, & Arifuddin. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah. In Amsir Bunga Rampai Journal (Vol. 1).

Anwardin, K., Saufi, A., & Athar, H. S. (2021). Pengaruh Daya Saing, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keberlangsungan Usaha. ALEXANDRIA (Journal of Economics, Business, & Entrepreneurship), 2(1), 6–10. https://doi.org/10.29303/alexandria.v2i1.29

Aryani, D. N., Hartutik, Desi Derina Yusda, Ni Desak Made Santi Diwyarthi, & Yanti Setianti. (2023). Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Marketplace Shopee. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(6), 2438–2443. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i6.1664

Auliya, V., & Febria Lina, L. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Daring Pada Kepuasaan Konsumen Di E-Commerce Shopee (Vol. 4, Issue 2).

Cynthia Setyoparwati Indirasari. (2019). Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Konsumen Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Di Indonesia.

Devi, A. C., Candra, A., Universitas, D., Perjuangan, B., Uus, K., Fadli, M. D., Buana, U., & Karawang, P. (2023). Analisis Keputusan Pembelian Produk E-Commerce Shopee Di Kalangan Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang. Journal of Student Research (JSR), 1(5), 113–123. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i5

Emeralda, Jeni Wulandari, & Diang Adistya. (n.d.). Analisis E-Trust, E-Wom, Dan E-Service Quality Dalam Keputusan Pembelian Online.

Ermawati. (2023). Comparative Analysis of E-Commerce: Customer Satisfaction for Shopee and Tokopedia E-Service Quality. Journal of Management and Creative Business (JMCBUS), 1(2).

Firdaus Rufliansah, F., & Hermani Daryanto Seno, A. (n.d.). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen Rainbow Creative Semarang). In Jurnal Administrasi Bisnis: Vol. IX.

Gita Pawitra Soni Harsono, T. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Emosional Terhadap Kualitas Hubungan Dan Loyalitas Pelanggan Kfc Di Surabaya. In Journal of Business and Banking (Vol. 3, Issue 1). http://suarapembaca.detik.com/

Hafidah, N. (n.d.). Kajian Prinsip Hukum Jaminan Syariah Dalam Kerangka Sistem Hukum Syariah.

Insana, D. R. M., & Johan, R. S. (2020). Peningkatan Kepuasan Konsumen Melalui Penggunaan E-Commerce. Sosio E-Kons, 12(02), 125. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v12i02.6451

Iwan Sahara, N., & Adi Prakoso, F. (n.d.). Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA) Journal Homepage Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lazada (Studi di Wilayah Jakarta Selatan).

Japarianto, E., & Adelia, S. (n.d.). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35─43

Kadir Julius, Muhammad Kurniawan, Erfan Robyardi, & Joni Iswan. (n.d.). Analisis Keterjangkauan Harga, Kesesuaian Harga Dan Daya Saing Harga Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Pada Toko Kopel Bulog Divre Sumsel Palembang.

Kaushik Das, Priyanka Sudhir, Michael Gryseels, & Khoon Tee Tan. (2016). Unlocking_Indonesias_digital_opportunity.

Lisu, S. N. (n.d.). Analisis Mempengaruh Bukti Fisik Dan Empati Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Bambu Kuning Atambua.

Manggala, H., & Adirinekso, G. P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Shaburi Kelapa Gading). Jurnal Ilmu Manajemen, 19, 39–53.

Minarti, M. S. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Shopee.

Normasari, S., Kusumawati, A., & Kumadji, S. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan.

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77. https://doi.org/10.33369/jip.6.1

Nyoman, N., Yasa, K., Made, N., & Anggraeni, S. (2012). E-Service Quality Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Dalam Penggunaan Internet Banking (Vol. 16, Issue 2). http://jurkubank.wordpress.com:Telp.+62361224133;Fax.+62361241929

Prihatin, Y. T., Mursito, B., & Wijayanti, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Faktor Emosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di UD Toko Pelangi Surakarta. http://www.journal.uniba.ac.id/index.php/jmbi

Pulungan Asrina. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan).

Rita Dwi Saputri. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee Indonesia.

Rosdiana, E., HADI, S., & UMI, K. (2019). Pengaruh Harga, Keanekaragaman Produk, Dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Shopee. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Shopee

Saidani, B., Lisa Monita Lusiana, & Aditya, S. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Website Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Minat Pembelian Ulang Pada Pelanggan Shopee.

Sarnoto, A. Z., Rahmawati, S. T., Ulimaz, A., Mahendika, D., & Prastawa, S. (2023). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Student Center Learning terhadap Hasil Belajar: Studi Literatur Review. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 615–628. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i2.828

Saskia, P. W. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Online Shop Shopee.

Siswadi, F., Muharam, H., & Hannan, S. (N.D.). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan. In Jurnal Pustakawan Indonesia (Vol. 18, Issue 1).

Sumarsid, & Atik, B. P. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi) (Vol. 12, Issue 1).

Supartono. (2022). Pengaruh Harga, Kemudahan Bertransaksi, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Online Di E-Commerce Shopee Pada Masa Pandemi Covid 19. https://thidiweb.com/20.12.2015

Suryo, D. P. B. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Di E-Commerce Shopee.

Tri Ardana, H., & Sumaryanto. (2024). Pengaruh E-Service Quality, Brand Image Dan Marketing Communication Terhadap Keputusan Pembelian Di Platform E-Commerce Shopee. 3, 2024–2024.

Whimphie Billyarta, G., & Sudarusman, E. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik (E-Servqual) Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Marketplace Shopee Di Sleman Diy.

Downloads

Published

2024-11-28

How to Cite

Reisya Aulia Anhar, Keysha Azahra Ramadhani, & Omar Mochtar Andela. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Produk terhadap Kepuasan Pelanggan di E-commerce Shopee. Jurnal Riset Manajemen, 2(4), 360–375. https://doi.org/10.54066/jurma.v2i4.2735