PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TELUR AYAM BROILER PADA TOKO ANNA DI DESA PONDONG BARU KECAMATAN KUARO

Authors

  • Ainun Ainun STIE Widya Praja Tanah Grogot
  • Amir Hamzah STIE Widya Praja Tanah Grogot
  • Yusriana Yusriana STIE Widya Praja Tanah Grogot

DOI:

https://doi.org/10.54066/jurma.v1i2.414

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk (X1) dan harga (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) telur ayam broiler pada toko Anna di Desa Pondong Baru Kecamatan Kuaro.Sampel pada penelitian ini adalah pembeli telur ayam broiler pada toko Anna yang membeli produk telur ayam pada bulan Desember 2022 dengan teknik sampling insedental dan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 32 orang. Pembeli sebagai sampel pada penelitian ini diberikan kuesioner yang terdiri dari 19 pernyataan. Tanggapan pada kuesioner diuji validitas dan reliabilitas sebelum dilakukan analisis regresi linear berganda.Hasil pengujian instrument penelitian yaitu kuesioner menunjukkan bahwa 19 butir pernyataan valid karena r hitung > r tabel. Selain itu, seluruh pernyataan reliabel karena nilai Cronbach’s Alpha > 0,60 (0,945 > 0,60).Persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y= -69,359 + 0,852 X1 + 0,275 X2. Nilai koefisien korelasi ganda sebesar 0,861 yang artinya korelasi sangat kuat antara kualitas produk (X1) dan harga (X2) dengan keputusan pembelian (Y) telur ayam broiler pada toko Anna di Desa Pondong baru Kecamatan Kuaro. Nilai Koefisien Determinasi 0,724 yang artinya variasi kualitas produk (X1) dan harga (X2) dapat menjelaskan keputusan pembelian (Y) telur ayam broiler pada toko Anna di Desa Pondong Baru Kecamatan Kuaro sebesar 72,4% sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti sebesar (100 – 72,4)% = 27,6%.Pengujian simultan menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel (41,639 > 3,33) atau p-value (Fhitung) < α (0,000 < 0,05) sehingga H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa minimal ada satu diantara variabel kualitas produk (X1) dan harga (X2) yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) telur ayam broiler pada toko Anna di Desa Pondong Baru Kecamatan Kuaro.Selanjutnya, dilakukan pengujian parsial dengan melihat nilai thitung masing- masing variabel independen yang terdiri dari kualitas produk (X1) dan harga (X2) masing-masing sebesar 5,386 dan 1,357 yang jika dibandingkan dengan ttabel sebesar 2,045, maka kualitas produk (X1) sebesar 5,386 > 2,045, berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) telur ayam broiler pada toko Anna dikarenakan t hitung > t tabel. Sedangkan harga (X2) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) telur ayam Broiler pada toko Anna dikarenakan t hitung < t tabel..

References

Abubakar, Rusydi. 2018. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arifin, Irfan. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Roti pada CV. Prima Sari Bakery Kecamatan Rumbai Pesisir. Pekan Baru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Daga, Rosnaini. 2017. Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan. Sulawesi Selatan: Global RCI.

Effendi, Usman. 2018. Asas Manajemen. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Jawa Timur: Unitomo Press.

Kotler, Philip. Keller, Lane, Kevin. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. Armstrong, Gary. 2019. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1 Jakarta: Erlangga.

Mesra. 2017. Statistika Ekonomi dan Bisnis. Medan: Penerbit Buku Pendidikan Deepublish.

Rahmat. 2022. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Minuman pada Kopi NUA. Tanah Grogot. STIE Widya Praja Tanah Grogot.

Ritonga., M. et. al. 2018. Manajemen Pemasaran Konsep dan Strategi. Medan: CV. Manhaji.

Sudrajat, Didi. 2018. Metode Penelitian Pendidikan dengan Pendekatan Kuantitatif. Solo: Inputs, PT. Indo Pustaka Sinergi.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta.

. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke-2. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni,Wiratna. 2019. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PustakaBaruPress.

, Wiratna. 2019. Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Downloads

Published

2023-06-23

How to Cite

Ainun Ainun, Amir Hamzah, & Yusriana Yusriana. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TELUR AYAM BROILER PADA TOKO ANNA DI DESA PONDONG BARU KECAMATAN KUARO. Jurnal Riset Manajemen, 1(2), 165–176. https://doi.org/10.54066/jurma.v1i2.414

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.