Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran IPS
DOI:
https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i1.1167Keywords:
Technology, Challenges, Learning ProcessAbstract
The research conducted aims to empirically measure the impact of the use of technology in the teaching and learning process. It involves monitoring, measuring, and analyzing the effectiveness of technology in improving student understanding, information retention, and learning outcomes. evaluate education policies that support or hinder the integration of technology in teaching and learning. In this modern era, technology has become an integral component in education, with significant implications on how learning and teaching are conducted. The method used is a descriptive method with a Library Reaserch approach. One of the paradigm changes in education is inclusive education. The early history of special education in Indonesia is known for the implementation of 3 types of schools, namely Special Schools (SLB), Extraordinary Elementary Schools (SDLB), and Integrated Schools. The use of technology in the Social Sciences (IPS) learning process has the potential to enhance the learning experience, however, it also involves a number of challenges and obstacles that need to be overcome. Although technology can be a powerful tool in social studies learning, some concepts or learning methods may not be effectively realized through technology. This requires creative thinking and adaptation to stay fit for learning objectives.
References
Nurillahwaty, Eka, ‘Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan’, Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3.1 (2021), 123–33 <https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika>
Fathurrahman, A., Sumardi, S., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 843-850.
Pratiwi, Meidiani Elsandra, Kunto Imbar, and Dewi S. Prawiradilaga, ‘Pemanfaatan Prinsip Personalisasi Belajar Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Designing E- Learning’, Jurnal Pembelajaran Inovatif, 5.1 (2022), 56–62 <https://doi.org/10.21009/jpi.051.07>
Amin, Akbar dan Nia Novian. (2019) Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan Program Sarjana Universitas PGRI Palembang.
Anwar, Saifuddin. Metode Penelitian, Pustaka Pelajar Offset, Yogyakarta, Cet III, 2001
Arsyad, Azhar 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ghufron, M. A. (2018). Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, Jakarta, 2 Agustus 2018 REVOLUSI INDUSTRI 4.0: TANTANGAN, PELUANG DAN SOLUSI BAGI DUNIA PENDIDIKAN.
Ginari Almar Atus Ghaniy. Dkk "Implementasi Program Kampus Mengajar Dalam Adaptasi Teknologi Melalui Aplikasi QUIZIZZ di SD NEGERI 1 PARAS", Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2021, hlm. 5.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar.Bandung: Pustaka Setia.
Heryani Ani. Dkk ( 2022) Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Literasi Digital pada Pembelajaran IPS di SD Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan. Vol.31 No. 1 Hal. 24
Liriwati, Fahrina Yustiasari, "Transformasi Kurikulum; Kecerdasan Buatan Untuk Membangun Pendidikan Yang Relevan di Masa Depan" , Ihsan : Jurnal Pendidikan Islam, Vol.1 No. 2, 2023, hlm. 64.
M, Fakhruddin. Jurnal Prespektif Ilmu Pendidikan: PERUBAHAN PARADIGMA DALAM ORGANISASI BELAJAR DI ABAD 21. (2013) Universitas Negri Jakarta
Margareta, Sinta. Hubungan Pelaksanaan Sistem Kearsipan dengan Efektiftas Pengambilan Keputusan Pimpinan Universitas Pendidikan Indonesia (2013)
Muchamad, Irvan. (2018) Jurnal FKIP Unipa Surabaya: Implementasi pendidikan inklusif sebagai perubahan paradigma pendidikan di Indonesia
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran - Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: REFERENSI (GPS Press Group).
Munir. 2012. MULTIMEDIA Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Musfiqon 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka
Prastowo, Andi. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian, ArRuzz Media, Jogjakarta, cet III, 2016, hlm.208
Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Salsabila, Unik Hanifah, (2021) Jurnal keislaman dan ilmu pendidikan: peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
Siti Masrichah, "Ancaman Dan Peluang Artificial Intelligence (AI)" , Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, Vol.3, No.3, September 2023, hlm. 84.
Sudi, Suryadi Sudi. (2015). Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu:Peranan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kegiatan pembelajaran dan perkembangan dunia pendidikan, rantauprapat Medan
Suryani, D., Wijayanti, D., & Guntoro, S. (2021). Penerapan Kecerdasan Buatan dalam Pengembangan Kurikulum Vokasi di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 30(2), 139-148.
Suyuti dkk. (2023) Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Jurnal on Education. Vol.6 No. 1.
Syafitri, Mutia Ade, (2022) Jurnal Pendidikan Tambusai: Peran Teknologi Informasi dalam pendidikan IPS, Universitas Pendidikan Indonesia
Zulkifli. 2012. Pengertian Media Menurut Para Ahli, Jakarta: Andi Offset.