Analisis Permasalahan Belajar : Faktor-Faktor Efektivitas Proses Pembelajaran Pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i1.1186Keywords:
Learning, EffectivenessAbstract
Learning effectiveness refers to the extent of the process. Education or learning achieves the desired goals with good results. This can be measured through achievement of learning objectives, level of student understanding, improvement of skills, and use of knowledge gained in practical situations. Learning focus refers to the central point or main concern in the learning process. The learning process refers to a series of activities, interactions, and strategies used in an educational context to help students acquire knowledge, skills, understanding, and competencies. The effectiveness of learning is influenced by various factors that can influence it, the factors being competition and focus on learning.
References
Krismayanti, Widya dan Mansurdin, Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Sekolah daasar, Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, Volume 8 Nomor 7, Universitas Negeri Padang, Kota Padang, hal 103, 2020.
Razak, Safira Amalia dan Ahmad Rivauzi, Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 10 Paadang, Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 7 Nomor 1, ISSN: 2614-6754 (print), ISSN 2614-3097 (online), Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Negeri Padang, Kota Padang, hal 896, 2023.
Sarwandi dkk, Pengembangan Media Pembelajaran Pada SDS Alwashliyah 13 Pasar Senen, Jurnal Pengabdian Masyarakat, volume 2 nomor 3, ISSN: 2962-1186, Universitas Budi Darma, Kota Medan, hal 130, 2023.
Rohmawati, lia. (2019) Efektiftas pembelajaran dengan media diorama berbasis kearifan lokal subtema keunikan daerah tempat tinggalku kelas IV SDN Negeri Pandanan.
Suci Mimi Permani. (2020). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS DARING PADA MATA KULIAH INSYA’ DI STAI MA’ARIF SAROLANGUN. Vol I No 2.
Rohmawati, Afifatu, (2015) Efektifitas Pembelajaran, Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol. 9, No.1,
Yestian, Dea Kiki, Nabila Zahwa Fondatia, 2020, PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR,Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 4, No. 1,
Sari, Lisa Permata, Siti Quratul Ain. Peran Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, (Pekanbaru:2023), Vol. 7, No. 1, Hal. 77
Manurung, S. H. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01), 42695.
Sudjono,Anas, 2003. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grapindo Persada.
Slameto. 2003 Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : rineka cipta.
Widaryanto, Sidik. (2016). Hubungan Antara Fasilitas Belajar Dengan Hasil Belajar SIswaKelas IV di SDN Gugus WijayaKusuma Kecamatan Ngaliyan Kota Semaranf, Skripsi Universitas Negeri Semarang.
Wirda, Yendri dan Ikhya Ulumudin dkk. (2020). Faktor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa, Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Margaretha. (2013). Menentukan Kalimat utama Pada Tiap Paragraf melalui membaca insentif dapat meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 2 SDNegeri Tlogo Tahun 2012/2013, Skripsi Universitas Kristen Satya Wacana.
Pramesty, Anggun. (2021). Analisis kesulitan Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas V SDN Merak Batin Natar Lampung Selatan, Skripsi UIN Raden Intan Lampung.