Pemanfaatan Google Form sebagai Media dalam Asesmen Formatif di Kelas XII IPS SMA Negeri 9 Semarang

Authors

  • Tetti Kusuma Widyawati Universitas Negeri Semarang
  • Asep Purwo Yudi Utomo Universitas Negeri Semarang
  • Fajar Fitra Dewi Universitas Negeri Semarang
  • Daniyar Rohman Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i1.114

Keywords:

Google Form, Learning Media, Techology, Formative Assessment, Experiment

Abstract

Students at the high school level are currently generation Z or often referred to as the digital generation because they have a dependence on technology. The solution that can be implemented so that students are focused and interested in learning is to utilize each student's device for the learning process. Google Form is one of the right choices as a learning medium such as in formative assessment. This study aims to describe the use of the Google form as a medium for formative assessment with the research sample being class XII IPS at SMA Negeri 9 Semarang. This study uses a descriptive quantitative approach with the experimental method. The results of this study are (1) 44.45% of students do the formative assessment maximally without the media google form. 90.91% of students do the formative assessment optimally by utilizing the Google form media. This shows that the use of the Google form as a medium in formative assessment has an influence on student learning outcomes. Student learning outcomes increased by 46.46%. (2) In terms of process and time, the use of google form is more effective than without google form. Students can use the time to discuss without fear of taking a long time to write answers. This provides the effectiveness of students in discussing and understanding related opinions and facts in articles.

References

Adawiyah, Siti Rabiatul dan Akhmad Haolani. “Kajian Teoretis Penerapan Self-Assessment Sebagai Alternatif Asesmen Formatif di Masa Pembelajaran Jarak Jauh”. Jurnal Ilmiah Mandala Education, volume 7, nomor 3, Agustus 2021, halaman 596-605.

Alfansyur, A., & Mariyani. "Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial". Historis : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, volume 5, nomor 2, halaman 146–150.

Amiroh, Dewi., Sentot Kusairi, Sugiyanto. “Pengembangangan Sistem Penilaian Formatif Berbantuan Web (Electronic Assessment Tool) untuk Menunjang Pembelajaran Fisika”. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, volume 5, nomor 3, Agustus 2020, halaman 488-498.

Batubara, H. H. "Penggunaan Google Form sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari". Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, volume 8, nomor 1, Juni 2016.

Christiani, Lintang Citra dan Prinisia Nurul I. “Generasi Z dan Pemeliharaan Relasi Antar Generasi dalam Perspektif Budaya Jawa”. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, volume 4, nomor 2, Oktober 2020.

Dania, Asa Sumbawa Nur dan Sri Muryaningsih. “Pemanfaatan Google Form untuk Evaluasi Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 di MIM Kedungwuluh Lor”. Renjana Pendidikan Dasar, volume 2, nomor 1, Februari 2022, halaman 1-8.

Febriadi, B., & Nasution, N. "Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi Google Form Sebagai Kuisioner Online untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan". Inovtek Polbeng - Seri Informatika, volume 2, nomor 1, halaman 68–72, Juni 2017

Hamid, Mustofa Abi, et al. Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis, 2020, halaman 1-5.

Hasan, Muhammad, et al. Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group, 2021, halaman 1-25.

Hasanah, H. "Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial)". At-Taqaddum, volume 8, nomor 1, halaman 21–46, Juli 2016.

Hastjarto, T. dicky. “Rancangan Eksperimen-Kuasi Quasi-Experimental Design”. Buletin Psikologi, volume 27, nomor 2, halaman 187-203, 2019.

Hastini, Lasti Yossi, et al. “Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia?”. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), volume 10, nomor 1, halaman 12-28, April 2020.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. “Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Studi Islam, volume 1, nomor 1, 2020.

Milawati, I, et al. Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group, 2021, halaman 26-58.

Mustika, I., & Isnaini, H. "Workshop dan Penyuluhan Asesmen Kognitif dan Nonkognitif Kurikulum Prototipe kepada Guru-Guru di Kabupaten Subang". Abdimas Siliwangi, volume 5, nomor 3, halaman 527–542, Oktober 2022.

Permatasari, N. A., Setiawan, D., & Kironoratri, L. "Model Penanaman Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring". Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, volume 3, nomor 6, halaman 3758–3768, Agustus 2021.

Rahmi, A., Fitriani, H., Faradhillah, F., & Deri, N. O. "Optimalisasi Google Form sebagai Media Multifungsi bagi Guru SMP Negeri 2 Wih Pesam di Masa New Normal". Jurnal Vokasi, volume 6, nomor 3, halaman 163–167, November 2022.

Saakina Assalaamy, Helmi Aziz, Khambali. “Efektivitas Penggunaan Media Google Form sebagai Evaluasi Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil Belajar Tema Membayar Zakat di SDN 173 Neglasari Bandung”. Prosiding Pendidikan Agama Islam, volume 7, nomor 1, 2021, halaman 37-44.

Samsiadi, & Humaidi, N. M. "Efektivitas Google Form sebagai Media Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Berau Kaltim". Research and Development Journal of Education, volume 8, nomor 3, halaman 666–673, Juli 2022.

Simanjuntak, Irena Agatha, et al. “Asesmen Formatif Perkembangan Bahasa Anak”. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, volume 4, nomor 8, Agustus 2019.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2018.

Sutrisno, E. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media Group Kencana, 2016.

Suwarno, Djoko, et al. Perzpectif. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata, 2018, 69-71.

Zulfadhli, M. "Pengetahuan tentang Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa Baru". Jurnal Pembahas:PembelajaranBahasadanSastra, volume 1, nomor 1, halaman 1–10, Januari 2022.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Tetti Kusuma Widyawati, Asep Purwo Yudi Utomo, Fajar Fitra Dewi, & Daniyar Rohman. (2023). Pemanfaatan Google Form sebagai Media dalam Asesmen Formatif di Kelas XII IPS SMA Negeri 9 Semarang. JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS), 1(1), 143–154. https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i1.114

Most read articles by the same author(s)