Implementasi Aplikasi Afresto Browser Berbasis Android Dalam Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Di SMA Negeri 9 Semarang

Authors

  • Khusnul Fadlyani Universitas Negeri Semarang
  • Asep Purwo Yudi Utomo Universitas Negeri Semarang
  • Brillian Syaifullah Universitas Negeri Semarang
  • Fahrudin Bustomi Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i2.110

Keywords:

teknologi, media, ujian, andorid, penerapan aplikasi afresto browser

Abstract

Teknologi pembelajaran yang sudah sangat berkembang pesat dari zaman ke zaman. Teknologi yang seharusnya dapat memberikan keefektifan untuk semua pihak. Aplikasi exambro atau yang dikenal dengan ujian berbasis online dengan browser kini hadir dalam memudahkan pelaksanaan pelaksaaan ujian di sekolah. Aplikasi afresto merupakan salah satu jenis dari Exambrowser yang digunkan untuk ujian berbasis online. Aplikasi exambro ini tidak dimiliki oleh aplikasi yang lainnya, karena keefektifan exambrowser ini dapat memudahkan semua pihak. Afresto yang dijalankan berbasis android sehingga penelitian ini bertujan untuk mengetahui bagaimana penerapan aplikasi Afresto yang telah berjalan dalam pelaksanaan PAS (Penilaian Akhir Semester). Dalam penerpaan aplikasi afresto di android dapat di unduh terlebih dahulu pada menu playstore, kemudian melakukan instalasi hingga aplikasi tersebut dapat dijalankan dala andorid masing-masing peserta didik. Afresto telah diterapkan dalam pelaksanaan PAS, dengan cara masuk kedalam soal ujian peserta didik harus memasukan ID dan pasword yang telah dibuat oleh admin sekolah. Setelah log in, peserta didik akan diminta untuk memasukan kode akses atau token yang didapatkan dari admin atau opertor. Aplikasi ini sangat menarik untuk dikaji, karena tidak dimiliki oleh aplikasi yang lain. Dalam penerapan aplikasi afresto juga sangat memberikan respon dari semua pihak. Secara keseluruhan aplikasi tersebut sangat memberikan kemudahan bagi semua pihak di sekolah. Kelebihan yang sangat menonjol adalah aplikasi afresto sudah terintegrasi dengan e-Raport, sehingga guru tidak perlu repot untuk mengoreksi dan menginput nilai manual kedalam e-Raport karena sudah otomatis dari aplikasi afresto itu sendiri. Respon dari peserta didik juga baik, walapun aplikasi tersebut berbayar atau dengan moda full online, tetapi peserta didik sangat atusias dengan mengerjakan soal ujian melalui aplikasi tersebut.

References

Bobde, S & Chaudari, S. Ujian Berbasis Web. Jurnal Penelitian dan Pengembangan, Vol 2., 5., 58-61.2017

Dalle, Juhriansyah. Pengantar Teknologi Informasi. Depok: Grafindo Persada, 2020, 3.

Fakhruddin, Rakha. Pembangunan Sistem Ujian daring pada Sekolah Menengah Atas Berbasis Android (Studi kasus: SMAN 3 Lamongan). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 5, No. 6, 2108-2117. 2021.

Fahyuni, Eni Fariyatul. Teknologi, Informasi, dan Komunikasi: Prinsip dan Aplikasi Dalam Studi Pemikiran Islam). Sidoarjo: UMSIDA Press, 2017, 4.

Hasan, Muhammad., Dkk. Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Grup, 2021, 3

Husain Balqis., Basri Megawati. Pembelajaran E-Learning Di Masa Pandemi. Surabaya: Pustaka Aksara, 2021, 1

Kesi. Perubahan Lanskap Pendidikan Dengan PJJ Pasca Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana, 2020, 1

Kristyanto, Dian. Urgensi Buku Digital Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Libraria, Vol. 8, No. 2, 1-2, 2020

Moleong., J. Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2018, 6

Novitasari, Duwi. Pengembangan Media Pembelajaran Electronic Book (e-book) Berbasis Edmodo Kelas X SMK Kartikatama Metro. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 7, No. 2, 107-113, 2019.

Penta Ilham., Maharani Anita. Implementasi Blanded Learning Vokasi Pada Masa Pandemi untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 2021, 2.

Prihati, dkk. Analisis e-Learning Afresto dengan Prinsip Usability. Jurnal Cakrawala Informasi, Vol. 1 No. 2., 2-5, 2021. https://doi.org/10.54066/jci.v1i2.146

Pratama., J. Alfredo. Pengembangan Aplikasi Pendeteksian Kecurangan dalam Ujian daring Menggunakan Konsep Cotext Aware pada Platform Android. Jurnal Pengembangan Teknologi dan Ilmu Komputer, Vol. 5, No. 5, 2-3, 2021. https://j-ptiik.ub.ac.id

Rukajat, A. Teknik Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Deepublish, 2018, 3

Ramli Muhammad. Media dan teknologi Pembelajaran. Jakarta: IAIN Antasari Press, 2012, 5

Setiawan Asep. Media Pembelajaran Cara Belajar Aktif: Guru Bahagia Mengajar Siswa Senang Belajar. Bandung: Widina Bhakti Persada, 2022, 16.

Setiawan, Debi. Penerapan Exambro Sebagai Pendukung CBT (Computer Based Test). Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat, Vol. 1, No. 1, 2021.

Sumantri, Agus., Dkk. Booklet Pembelajaran daring. Jakarta: Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, 2020, 1

Utomo, Asep Purwo Yudi. Pengembangan Media Interaktif Menyunting Karangan Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Berbasis TIK Pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 6, No 2, 2-3, 2017. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi

Utomo, Asep Purwo Yudi, dkk. Optimalisasi Model Pelatihan Terpadu dalam Penyusuna Ebook Pembelajaran sebagai Implementasi Paperless Bagi Guru di SMPN 41 Semarang. Jurnal Implementasi, Vol. 1, No 1, 1-2, 2021. https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/ji/index

Wahyudi, Hendro Setyo., Sukmasari, Mita Puspita. Teknologi Dan Kehidupan Masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi, Vol. 3, No. 1, 3-24. 2014.

Watrianthos, Ronal. Pengantar Teknologi Informasi. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021, 9

Wicaksono, Ardhi Dwi. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menggunakan Alat-alat Ukur Kelas X Teknik Kendaraan Ringan B Di SMK Piri Sleman. Sarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman Yogyakarta, 2016.

Yaumi, Muhammad. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group, 2018, 2

Downloads

Published

2023-03-09

How to Cite

Khusnul Fadlyani, Asep Purwo Yudi Utomo, Brillian Syaifullah, & Fahrudin Bustomi. (2023). Implementasi Aplikasi Afresto Browser Berbasis Android Dalam Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Di SMA Negeri 9 Semarang. JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS), 1(2), 60–78. https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i2.110

Most read articles by the same author(s)