Pemanfaatan YouTube untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi di SMP
DOI:
https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i2.109Keywords:
youtube, media, pembelajaran, bahasa Indonesia, teks eksplanasiAbstract
Pembelajaran yang baik perlu rencana yang sistematis supaya dapat terlaksana dengan efektif dan efisien. Berdasarkan observasi profiling peserta didik yang pernah penulis lakukan, peserta didik lebih mudah memahami informasi jika materinya disajikan dalam bentuk audio visual. Contoh bentuk media audio visual yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran adalah YouTube. Ada dua tujuan dalam penelitian ini: (1) memaparkan pemanfaatan YouTube untuk pembelajaran bahasa Indonesia materi teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII C SMP N 2 Semarang dan (2) memaparkan respon peserta didik terhadap pemanfaatan YouTube untuk pembelajaran teks eksplanasi. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan 33 peserta didik kelas VIII C. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi dan angket. Instrumen data penelitian ini yakni berupa lembar observasi guru serta angket dengan menggunakan model skala likert. Hasil pemanfaatan YouTube dalam materi pembelajaran teks eksplanasi menunjukkan kriteria “Sangat Baik” dengan persentase yang diperoleh dari 12 aspek penilaian lembar observasi pendidik yaitu 93,75%. Untuk memperkuat data tersebut, penulis juga memberikan data yang didapatkan melalui angket yaitu respon peserta didik Data respon peserta didik menunjukkan kriteria “Memenuhi” dengan tingkat pencapaian 3,28 berdasarkan patokan pada interval 3,01-3,99.
References
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003, 3.
Faatin, Nisriina Amiirah & Rusnilawati. “Pengembangan Media Digital Wordwall Ditinjau dari Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Materi Operasi Bilangan Kelas VI.” Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 10, 221—238, 2022, https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v10n2.p221--238.
Faisal, Abdul Haris, dkk. “Media Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Aplikasi Android untuk Siswa SMA.” Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 8, 1—17, 2020, https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p1--17
Farhatunnisya, A. “Pemanfaatan Video YouTube dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Insan Litera.” Comm-Edu (Community Education Journal), Volume 3, 109–114, 2020.
Haryatmoko. Jalan Baru Kepemimpinan & Pendidikan: Jawaban atas Tantangan Disruptif Inovatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2020, 141.
Maulana, Arris. “Pengembangan Media Video Presentasi pada Mata Kuliah Hidrologi di Universitas Negeri Jakarta.” Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 7, 170—183, 2019, https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p170--183.
Maulidiyah, Ismi. “Efektivitas Aplikasi Telegram sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Kwangsan Jurnal Teknologi Pendiidkan, Volume 10, 75—88, 2020, https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v10n1.p75--88.
Moleong, L. J. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Remaja Rosdakarya, 2010, 4.
Noor, Muhammad. Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jakarta: PT. Multi Kreasi Satudelapan, 2021, 5.
Nuranafi, Dwi Anggita & Rusnilawati. “Efektivitas Discovery Learning Menggunakan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis.” Kwangsan Jurnal Teknologi Pendiidkan, Volume 10, 239-260, 2022, https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v10n2.p239--260.
Perdana, Indra, dkk. “Persepsi Siswa terhadap Pemanfaatan Media Kahoot dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Kwangsan Jurnal Teknologi Pendiidkan, Volume 8, 290-306, 2020, https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n2.p290--306.
Sadiman, Arie. 2003. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2003, 7-8.
Setiawan, T. Y., Arsil, A., & Noviyanti, S. (2021). “Pemanfaatan Youtube pada Sistem Pembelajaran dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19 di Kelas Iic Sekolah Dasar.” Jurnal Universitas Jambi, 2021.
Sugiyono. Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2009, 93.
Suryadi, Ahmad. Teknologi dan Media Pembelajaran Jilid I. Sukabumi: CV Jejak Anggota IKAPI, 2020, 15.
Sutirman. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013, 17.
Tohari, Hamim, dkk. “Pengaruh Penggunaan Youtube terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa.” Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 7, 1-13, 2019, https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p1--13.
Utomo, Asep Purwo Yudi, dkk. “Optimalisasi Digital Library dalam Pelatihan Penyusunan Soal
High Order Thinking Skills (HOTS) Bermuatan Nilai Konservasi.” Indonesian Journal of Conservation, Volume 8, 60-67, 2019, http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijc.
Utomo, Asep Purwo Yudi & Yulianti. “Pengembangan Media Interaktif Menyunting Karangan Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Berbasis TIK pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 6, 48-55, 2017, http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi.
Utomo, Supri Wahyudi & M. Ubaidillah. “Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp pada Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Mata Kuliah Akuntansi Internasional di Universitas PGRI Madiun.” Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 6, 199-211, 2018, https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p199--211.
Wulandari. “YouTube sebagai Media Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19.” Institut Agama Islam Negeri Parepare, 2021.
Zoebaidha, Siti. “Penggunaan Media Prezi dan Kahoot serta Pemberian Reward sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi.” Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 8, 2020, https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n2.p213--233.