Penerapan Media Shorby dalam Teks Artikel pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA 1 Semarang

Authors

  • Fasha Nabilah Aprilliani Universitas Negeri Semarang
  • Asep Purwo Yudi Utomo Universitas Negeri Semarang
  • Wahyu Rahmawati Universitas Negeri Semarang
  • Malikhah Malikhah Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i2.108

Keywords:

artikel, penerapan, shorby, kelebihan, kekurangan

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia masih dianggap membosankan dan tidak menarik karena materi yang dibahas dalam pembelajaran memiliki pola yang sama. Seiring dengana perkembaagan zaman, guru memanfaatkan teknologi untuk mengefektifkan pembelajaran di kelas. Media yang digunakan oleh guru salah satunya adalah shor.by. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peerapan media shor.by dalam pembelajaran teks artikel di kelas XII. Dalam menggumpulkan data, peneliti menggunakan metode desktiptif kualitatif. Teknik penggumpulan datanya yang digunakan antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi kegaitan siswa. Manfaat penelitian ini adalah untuk menemukan kekurangan dan kelebihan penggunaan media shor.by  dalam pembelajaran. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah penggunaan shorby dalam pembelajaran teks artikel di kelas XII memiliki kekurangan dan kelebihan. Kekurangan yang dimiliki antara lain 1) memerlukan jaringan internet, 2) memerlukan kerepatan dalam penulisan laman, 3) memerlukan biaya dalam penggunaannya. Sedangkan kelebihan dari media shorby adalalah memberikan perbedaan pengalaman belajar, memudahkan guru dan peserta didik untuk saling mengakses materi teks artikel, meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia terutama materi teks artikel.

References

Alya Utami, L., Muhamad Anjar, Y., & Hanifah Salsabila, U. (2022). Efektivitas Media Teknologi Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran. 7–8.

Amir, R., Latif Amri, M. A., & Gaffar, F. (2021). Penerapan Teknologi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Warga Belajar Dalam Menangulangi Penularan Covid-19 Pada Penyelenggaraan Pendidikan Nonformal. 11. http://ojs.unm.ac.id/index.php/

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Ardhi, O. :, Wicaksono, D., & Wakid, D. M. (n.d.). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR THE IMPLEMENTATION OF WEB BASED LEARNING MEDIA TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES OF STANDARD EQUIPMENT COMPETENCE USING MEASURING TOOLS.

Ari Suharjanto, dkk. “Penerapan Media Pembelajaran dengan Penggunaan Software Prezi dalam Upaya Meningkatan Minat Belajar Mata Diklat Komunikasi”. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pap/article/view/2544

Fahri Yasin, M., & Sasongko, W. (n.d.). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS WEB. Jurnal Teknologi Pendidikan. https://drive.google.com/file/d/13P-tTjfXqHOQLFCOsUUCUT_t2EdnZ5e2/view

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanifah, U., Niar, S. &, Universitas, A., & Dahlan Yogyakarta, A. (2021). PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN. In Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan (Vol. 3, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika

Ilham Rio Aditya. “Penerapan Media Pembelajaran 3D Sketchup untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, vol. 6, 1, 2020, https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian ptb/article/download/35880/31980/

Lestari, S. (2018). PERAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN DI ERA GLOBALISASI. 2(2). https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Miftah, M. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Kwnagsan, Vol. 2, No. 1, 1 – 11. https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/11

Parikesit, H., Mona Adha, M., Tosy Hartino, A., & Prawisudawati Ulpa, E. (2021). IMPLEMENTASI TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH MASA PANDEMIK COVID-19. In Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha (Vol. 9, Issue 2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP

Parlindu, Doby Putra, dkk. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian UMJ, 1 – 8. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit

Purwo, A., Utomo, Y., Uki, , & Yulianti, H. (2017). JPBSI 6 (2) (2017) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MENYUNTING KARANGAN BERMUATAN NILAI-NILAI KARAKTER BERBASIS TIK PADA MATA KULIAH UMUM BAHASA INDONESIA. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi

Rahmani, Aulia Rizki, Abduh Muhammad. (2022). Efektivitas Media Power Point Interaktif Terhadap Motivasi san Hasil Belajar Kognitif Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, Vol. 6, No. 2, 2456 – 2465. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Indonesia.

Sari, Vidia Heni, Hary Suswanto. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis WEB untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar ProgramKeahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 7, 1008-1016. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suharjanto, A., Sawiji, H., & Susilowati, T. (n.d.). Penerapan Media Pembelajaran Dengan Penggunaan Software Prezi dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mata Diklat Komunikasi.

Sulasmianti, Nova. (2021). Pembelajaran Berbasis WEB Memanfaatkan Google Sites. P E N D I D I K A N D A N P E M B E L A J A R A N. 9(2), 1–66.

Suminar, D. (2019). PENERAPAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI. 2(1), 774–783.

Suryaman, Suherli, & Istiqomah. 2018. Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Syafriafdi, Non. (2020). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Jurnal Al – Aulia, Vol. 6, No. 1, 1 – 8. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/al-aulia/article/view/187

Wahyuningtyas, N., Anggraini, R., Dwi R, F. A., & Sari, N. Y. (2022). PENGEMBANGAN WEB BASED LEARNING SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA SMP. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(2), 312. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8627

Yudianto, Arif. (2017). Penerapan Video sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 234 – 237. http://eprints.ummi.ac.id/354/3/33.%20PENERAPAN%20VIDEO%20SEBAGAI%20MEDIA%20PEMBELAJARAN

Downloads

Published

2023-03-09

How to Cite

Fasha Nabilah Aprilliani, Asep Purwo Yudi Utomo, Wahyu Rahmawati, & Malikhah Malikhah. (2023). Penerapan Media Shorby dalam Teks Artikel pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA 1 Semarang. JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS), 1(2), 31–44. https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i2.108

Most read articles by the same author(s)