Literature Review: Implementasi Teknik Role Playing dalam Konseling Kelompok untuk Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa

Authors

  • Ramadhan Ramadhan Universitas Sriwijaya
  • Muhammad Handi Pratama Universitas Sriwijaya
  • Aisyah Nurbaiti Universitas Sriwijaya
  • Ratna Sari Dewi Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.54066/jupendis.v3i2.3188

Keywords:

Emotional Intelligence, Group Counseling, Role Playing

Abstract

Emotional intelligence is an important aspect in students' personal and social development, as it affects their ability to understand and manage emotions, establish social relationships, and deal with academic pressures. One approach that can be used to develop students' emotional intelligence is to use group guidance services with the role playingmethod. This research uses the literature review method by collecting and analyzing various articles that discuss the application of the role playing method in group counseling services. This method allows students to play a role in a particular social situation so that they can practice expressing emotions, understanding other people's points of view, and developing interpersonal skills. The results show that role playing is effective in developing students' emotional awareness, empathy, and communication skills. Therefore, this method can be optimally applied by guidance and counseling teachers in supporting the development of students' emotional intelligence at school.

 

 

References

Anas, M. (2014). Mengenal Metode Pembelajaran. Pasuruan: CV. Pustaka Hulwa.

Anggraini, A. A., & Harahap, A. C. P. (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Siswa. Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan, 7(2), 155-163.

Anisahria, A., Ratu, B., & Suhrah, S. (2025). Konseling Kelompok Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta didik. Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop, 5(1), 51-58..

Aprilia, Z., Suryati, S., & Fitri, H. U. (2023). Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Role Play dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Didik Pemasyarakatan. Journal of Society Counseling, 1(1), 93-99.

Djaali, H. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Erford, B. T. (2016). Teknik yang harus diketahui setiap konselor. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Febriani, R. D., Yusuf, A. M., & Iswari, M. (2016). Perbedaan aspirasi karier siswa ditinjau dari jenis kelamin, jurusan, dan tingkat pendidikan orangtua serta implikasinya terhadap pelayanan bimbingan dan konseling. Konselor, 5(3), 160-171.

Idamayanti, K., & Djanah, M. (2021). Keefektifan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa SMP. Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia, 4(2), 123-128.

Illahi, U., Neviyarni, N., Said, A., & Ardi, Z. (2018). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku agresif remaja dan implikasinya dalam bimbingan dan konseling. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(2), 68-74.

Izza, S. R., Damayanti, A., Hariastuti, R. T., & Mardiyas, S. (2025). Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa Kelas Xi 5 Sman 4 Jember. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 10(3), 64-72.Jannah, M., Elina, Y., & Siska, M. (2023). Pengaruh Layanan Konseling kelompok Dengan Teknik Role Playing Terhadap Penyesuaian Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2).

Kustiana, R. L. J., Rohaeti, E. E., & Pahlevi, R. (2024). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Pada Peserta Didik Kelas Xi Di Sman 5 Cimahi. FOKUS: Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 7(6), 532-546.

Lestari, I. (2012). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulasi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2).

Mamahit, H. C., Dinoto, R., Nataniel, M., Lewoleba, M. P., & Reandsi, H. W. (2021). Penerapan teknik bermain peran melalui konseling kelompok untuk melatih perilaku asertif sepuluh siswa kelas VIII SMP Kolose Kanisius Jakarta. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 673-683.

Nasution, S. H., Lubis, L., & Rusman, A. A. (2023). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Teknik Role Playing Di Mas Al-Washliyah 22 Tembung. Research and Development Journal of Education, 9(2), 1036-1049.

Nisa, W., & Muhid, A. (2022). Peran layanan bimbingan dan konseling kelompok dengan teknik role playing dalam meningkatkan kecerdasan emosional: Literature review. SHINE: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 1-13.

Novialdi, A., & Telaumbanua, K. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa. Jurnal Education and Development, 9(2), 647-650.

Rahmawati, A. M., Asri, D. N., & Christiana, R. (2024, September). Keefektifan konseling kelompok teknik role playing untuk menurunkan perilaku perundungan siswa. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling, 8(1), 33-39

Ramadhani, N., Pandang, A., & Buchori, S. (2024). Implementation of Group Counseling Using Role playing Techniques to Reduce Bullying Behavior for High School Students in Majene Regency. Pinisi Journal of Art, Humanity, and Social Studies, 4(2), 267-276.

Safitri, A., & Hasgimianti, H. (2021). Implementasi Teknik Role Playing dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan, 2(1), 36-42.

Santoso, J. T. T. B. (2011). Model Role Playing Dalam Pembelajaran Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang. Dinamika Pendidikan, 6(1), 78-83.

Sari, F. P., & Saparahayuningsih, S. (2023). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Menggunakan Teknik Expressive Writing Bentuk Katarsis Terhadap Peningkatan Pengendalian Emosi Pada Siswa Kelas Vii B Smp Negeri 9 Bengkulu Tengah. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 6(1), 1-8.-8.

Uno, H. B. (2014). Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Vat, A. P. L., Dharmayanti, P. A., & Putri, D. A. W. M. (2023). Pengembangan buku panduan konseling kelompok teknik role playing untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa sma. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 473-478.

Widyati, V., Wasidi, W., & Herawati, A. A. (2020). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengurangi Ketidaksantunan Berbahasa Pada Siswa Kelas VIII A Smp Negeri 2 Kota Pagar Alam. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 3(3), 244-252.

Downloads

Published

2025-04-11

How to Cite

Ramadhan Ramadhan, Muhammad Handi Pratama, Aisyah Nurbaiti, & Ratna Sari Dewi. (2025). Literature Review: Implementasi Teknik Role Playing dalam Konseling Kelompok untuk Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa. JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS), 3(2), 268–294. https://doi.org/10.54066/jupendis.v3i2.3188