Efektivitas Teknik Role Playing dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Pengembangan Sosial dan Emosional Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.54066/jupendis.v3i2.3207Keywords:
Emotional Development, Group Counseling, Role-Playing, Social SkillsAbstract
The aim of this study is to determine the extent to which role-playing methods can be optimally applied in group counseling sessions as an approach to develop students' social and emotional skills. The method used is a literature review of articles published between 2015 and 2025 that discuss the application of role-playing techniques in the context of guidance and counseling. The findings indicate that this technique is effective in enhancing interpersonal and intrapersonal communication, self-confidence, self-esteem, solidarity, assertive behavior, and self-efficacy. Additionally, role-playing can reduce negative behaviors such as bullying, verbal aggression, social anxiety, and gadget addiction. The simulation of real-life situations in this technique provides space for reflection and active learning for students. Therefore, role-playing is recommended as an interactive and applicable method that is relevant to group counseling services to support students' holistic development.
References
Aisha, I, F. (2023). Kemampuan Mengelola Emosi Pada Siswa Kelas XI IIS Sma N 1 Binjai Kab. Langkat. Mudabbir, 3(2). https://jurnal.permapendis sumut.org/index.php/mudabbir
Anggrawati, D., & Kasih, F. (2021). Model Bimbingan Kelompok dalam Menggunakan Metode Role Playing untuk Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi pada Peserta Didik. Journal of Education Research, 2(4), 132–140. https://doi.org/10.37985/jer.v2i4.64
Ariana, N. (2022). Penggunaan Model Teknik Role Playing melalui Layanan Bimbingan Kelompok sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Diri pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Tunjungan Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022. Educatif Journal of Education Research, 4(4), 100–107. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i4.247
Astuti, F. H., & Mustakim, I. (2021). Keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan motivasi belajar. Jurnal Realita Bimbingan dan Konseling (JRbk), 6(2), 1391-1405. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/realita
Azizah, A. (2017). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling naratif. Jurnal BK UNESA, 7(2), 1–7.
Baharuddin, Z., dkk. (2024). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Play Terhadap Peningkatan Self Efficacy dalam Belajar. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(2), 61–68. https://doi.org/10.31960/konseling.v5i2.2235
Corey, G. (2013). Theory and practice of group counseling (9th ed.). Belmont, CA: Brooks/Cole, Cengage Learning.
Dharmayanti, P. A. (2023). Teknik role playing dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMK. Universitas Pendidikan Ganesha.
Fatimah, D. (2015). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 23–29. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk
Hadia, S. N., & Silondae, D. P. (2023). Penerapan layanan konseling kelompok teknik role playing untuk menurunkan perilaku agresi verbal siswa. Jurnal Bening, 7(1), 95–104. https://ejurnal.istn.ac.id/index.php/bening
Jaelani, M., dkk. (2024). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa SMA Negeri Kelas XI. JKIP:Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 5(4), 965–971.
Kusumawati, E. (2025). Analisis pengaruh teknik role play dalam layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan self esteem siswa: Studi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(3), 1758–1767. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.6981
Maisyaroh, S., & Astuti, A, D., (2024). Penerapan Teknik Role Playing Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Toleransi Siswa di SMA Negeri 1 Jeneponto. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 14(1), 11–26. https://doi.org/10.25273/counsellia.v14i1.17730
Nurbaini, N., dkk. (2023). Analisis Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Role Playing Untuk Mengatasi Perasaan Tidak Percaya Diri Siswa Di SMA Dharma Patra P. Berandan. Mandub: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(3), 299–307.
Popytasari, H., & Naqiyah, N. (2021). Teknik Role Playing dalam Bimbingan dan Konseling untuk Perilaku Bullying di Sekolah Menengah. Jurnal Fokus Konseling, 7(2), 76–89. https://doi.org/10.52657/jfk.v7i2.1425
Putri, I. F., Kasih, F., & Kardo, R. (2024). Efektivitas bimbingan kelompok dengan menggunakan metode role playing untuk mengatasi perilaku bullying (Studi eksperimen pada peserta didik kelas X di SMAN 1 Luhak Nan Duo Pasaman Barat). Bestari: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 174–184. https://e-journal.smpn1padang.sch.id/index.php/bestari
Rahman, A. (2019). Pengaruh teknik role playing pada bimbingan kelompok terhadap berkurangnya perilaku bullying siswa bermasalah di SMK Negeri 1 Barru. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), 55–65.
Riyanto, D. dkk. (2024). Role playing untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas XI di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Jurnal Konseling Edukasi, 7(2),313-324.
Safitri, A., & Hasgimianti, H. (2021). Implementasi Teknik Role Playing dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan, 2(1), 36. https://doi.org/10.24014/japkp.v2i1.12448
Samsaifil, & Sari, N. (2022). Bimbingan kelompok teknik role playing dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 1-12.
Setyowati, A., & Maharani, M. (2023). Keefektifan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(3), 321–326. https://doi.org/10.26539/teraputik.631169
Sitompul, D. N. (2015). Pengaruh Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role-Playing Terhadap Perilaku Solidaritas Siswa dalam Menolong Teman. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1).
Sugihartono, Dkk. 2011. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Yusmainar, dkk. (2024). Efektivitas bimbingan kelompok menggunakan metode role playing dalam meminimalisir kecenderungan nomophobia. JUANG: Jurnal Wahana Konseling, 7(2), 255–264.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.