Meningkatkan Rasa Kepercayaan Diri pada Peserta Didik melalui Konseling Kelompok di Sekolah

Authors

  • Dania Hasanah Universitas Sriwijaya
  • Suci Dinaria Universitas Sriwijaya
  • Aida Safitri Universitas Sriwijaya
  • Graciella Lumban Gaol Universitas Sriwijaya
  • Ratna Sari Dewi Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.54066/jupendis.v3i2.3213

Keywords:

Counseling Techniques, Group Counseling, Self-Confidence

Abstract

This study aims to evaluate how effective group counseling is in developing students' self-confidence, as well as identifying various techniques that can be used in the process in the school environment. The research method uses a literature review, which focuses mainly on the analysis of various library sources. The results of the review found that group counseling has indeed been proven to be able to develop students' self-confidence. There are various techniques that can be applied in group counseling sessions to support the development of students' self-confidence, such as Cognitive Behavior Therapy (CBT), Self-Instruction, Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), Group Discussion, Cognitive Restructuring, Self Talk, Cinema Therapy, Experiential Learning, and the Client Centered approach. The application of these techniques in group counseling sessions is believed to be able to help students in forming and strengthening their self-confidence.

References

Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135-148.

Afifah, N., Nasution, F. (2023). Peran Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri dan Kesejahteraan (Well Being) Siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 368-380.

Alawiyah, H. S., & Kanda, A. S. (2024). Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri. Tabsyir: Jurnal Dakwah dan Sosial Humaniora, 5(2), 33–40. https://doi.org/10.59059/tabsyir.v5i2.1081

Apriyanto, T. D., & Asni. (2024). Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMPN 33 Bekasi. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(3), 1733–1742. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.4910

Ariyanti, S., Saam, Z., Yakub, E. (2022). Efektivitas Konseling Kelompok Melalui Teknik Play Therapy untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 1345-1350.

Athifah, N., Muslihati, M., & Rahman, D. H. (2023). Panduan Konseling Kelompok Teknik Self-Instruction untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Sikap Asertif Santri Korban Bullying. Buletin Konseling Inovatif, 3(3), 237–246. https://doi.org/10.17977/um059v3i32023p237-246

Aulia, I. R., Dasalinda, D., Heriyani, E., & Widiastuti, H. T. (2025). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Konsep Diri Peserta Didik SMP. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(2), 1103–1116. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6875

Desrianti, H. F., Rohaeti, E. E., Agustine, T. (2025). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMP Nusantara Raya. Jurnal Fokus, 8(1), 12-20.

Fahmi, N. N., & Slamet, S. (2016). Layanan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 13(2), 69–84. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-05

Hartati, A. (2022). Pengaruh Konseling Kelompok dalam Mengatasi Masalah Kepercayaan Diri Siswa SMP Negeri Kota Mataram. Jurnal Realita Bimbingan dan Konseling (JRbk), 7(2), 1651-1663.

Komariyah, S., & Lathifah Nuryanto, I. (2019). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Client Centered untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP N 16 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.456

Mahanum. (2021). Tinjauan Kepustakaan. Alacrity: Jurnal Of Education, 1(2), 1-12.

Maulidyah, F. E., & Muwakhidah, M. (2024). Efektivitas Teknik Cinema Therapy dalam Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(12), 10. https://doi.org/10.17977/um065.v4.i12.2024.10

Mulkiyan, M. (2017). Mengatasi Masalah Kepercayaan Diri Siswa melalui Konseling Kelompok. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 136–142. https://doi.org/10.29210/120800

Novita, L., Sumiarsih. (2021). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 92-96.

Nurkiah, S., & Sulkifly. (2020). Penerapan Teknik Konseling Restrukturasi Kognitif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Jambura Guidance and Counseling Journal, 1(1), 14-30.

Pulungan, I. A., Pardede, N., & Asmaryadi, A. (2024). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas XII IPS MAN 3 Mandailing Natal. Ristekdik : Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(2), 346. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i2.346-358

Puspasari, K. D. (2023). Meningkatkan kepercayaan diri di sekolah pada remaja panti asuhan melalui konseling kelompok perilaku. Procedia : Studi Kasus dan Intervensi Psikologi, 11(4), 156–160. https://doi.org/10.22219/procedia.v11i4.25195

Qudsiyah, U., & Pernama, A. (2022). Efikasi Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy dengan Teknik Self-Instruction untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(3), 709–716. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i3.278

Ridwan, M., Am, S., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42. https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427

Rukmana, O. L., Kusbandiami, & Lathifah, M. (2020). Strategi Restructuring Cognitive Dalam Konseling Kelompok CBT Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII G di SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 5(2), 62–67. https://doi.org/10.21067/jki.v5i2.4295

Sabarrudin, Silvianetri, & Nelisma, Y. (2022). Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Belajar: Studi Kepustakaan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4).

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Sartika, R., & Hadiwinarto. (2020). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Kepercayaan Diri Siswa yang Mengalami Body Shaming SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 3(3), 236–243. https://doi.org/10.33369/consilia.3.3.236-243

Setianingrum, P., & Asni, A. (2024). Pengaruh Konseling Kelompok dengan Teknik Self Talk terhadap Kepercayaan Diri Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 9184–9188. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5295

Siahaan, D. N. A., Neviyarni, Karneli, Y., & Netrawati. (2020). Konseling Kelompok dengan Pendekatan REBT untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Korban Kekerasan. AL-IRSYAD: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 10(1), 8. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i1.7507

Siregar, S. A. D., & Yusri, F. (2023). Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Kepercayaan Diri Korban Bullying Pada Anak Usia SD. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.30605/cjpe.612023.2264

Siswadi, A. A., & Ulumudin, F. (2018). Efektivitas Konselig Kelompok dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 1(2), 58. https://doi.org/10.22460/fokus.v1i2.4167

Sulistyowati, S. (2020). Konseling Kelompok Dengan Teknik Cognitive Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5741

Toy, R. O., & Malelak, E. O. (2023). Keefktifan Konseling Kelompok dengan Teknik Permainan untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja. Jurnal Konseling Indonesia, 8(2).

Ulfah., Arifudin, O. (2020). Implementasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tabsinia, 1(2), 138-146.

Ulviani, T., Netrawati, & Karneli, Y. (2023). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dalam Berinteraksi Sosial dengan Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy: Literature Review. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(4), 389–395. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i4.76

Wahyu, W., Al Farabi, M., & Siregar, A. (2024). Penerapan Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Talk untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri (Self Confidence) Siswa Kelas XI MIPA 5 MAN 3 Medan. Lokakarya: Jurnal Research and Education Studies, 3(1), 120. https://doi.org/10.30821/lokakarya.v3i1.3370

Wahyuningsih, S., Japar, M., & Nuraini, P. (2021). Pengaruh Konseling Kelompok Humanistik Dengan Teknik Experiential Learning Dan Client Centered Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Borobudur Counseling Review, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.31603/bcr.4882

Wicaksono, H. H., Kinanthi, K. H., Salsabilla, S., Lestari, R. (2022). Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja Panti. Jurnal Abdi Psikonomi, 3(2), 107-115.

Zalvagina. (2024). Lebih dari Sekedar Percaya Diri: Membangun Self-Confidence Sehat pada Anak Sekolah Dasar (Usia 12 Tahun). Jurnal Pendidikan dan Psikologi Pintar Harati, 2(1), 37-47.

Downloads

Published

2025-04-23

How to Cite

Dania Hasanah, Suci Dinaria, Aida Safitri, Graciella Lumban Gaol, & Ratna Sari Dewi. (2025). Meningkatkan Rasa Kepercayaan Diri pada Peserta Didik melalui Konseling Kelompok di Sekolah. JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS), 3(2), 350–365. https://doi.org/10.54066/jupendis.v3i2.3213

Most read articles by the same author(s)