Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening pada Minuman Yotta di Cabang Tinumbu
DOI:
https://doi.org/10.54066/jurma.v2i4.2734Keywords:
Service, Quality, Product, SatisfactionAbstract
The aim of this study is to determine the effect of service quality and product quality variables on repurchase decisions through consumer satisfaction as an intervening variable. This research employs a quantitative approach utilizing primary data obtained through questionnaires from respondents. The population in this study consists of 1,380 consumers of Yotta Tinumbu Branch, Makassar City, based on sales data from August to December. The sample in this study was selected using Hair's method, with a total of 150 respondents. The analysis method is conducted using SEM-PLS. The results of this study show that service quality and product quality have a positive and significant impact on consumer satisfaction at Yotta Tinumbu branch. Furthermore, consumer satisfaction also has a positive and significant impact on repurchase decisions. Service quality directly affects repurchase decisions, while product quality does not have a significant impact on repurchase decisions. Additionally, service quality influences repurchase decisions through consumer satisfaction as an intervening variable, whereas product quality does not have a significant impact through this variable.
References
Irlhamalirmy, R. R., & Mahaputra, M. R. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan (Literature review manajemen pemasaran). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora, dan Politik, 1(1), 85–97.
Cynthira, D., Hermawan, H., & Irzuddin, A. (2022). Pengaruh lokasi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 9(1), 104–112.
Nadirya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh kualitas produk, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian fashion 3Second di marketplace (Studi pada mahasiswa pengguna fashion 3Second di Kota Semarang). Prosiding Seminar Nasional Unimus, 3.
Hariryanto, H., Arif, M. Y., & Praja, Y. (2022). Pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap minat beli ulang melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada Toko F3 Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(9), 1784–1795.
Anggrainy, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan pada konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94.
Herlambang, A. S., & Komara, E. (2021). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan kualitas promosi terhadap kepuasan pelanggan (Studi kasus pada Starbucks Coffee Reserve Plaza Senayan). Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Perbankan, 7(2), 56–64.
Budirarmo, B., Udayana, I. B. N., & Lukitaningsih, A. (2022). Pengaruh kualitas layanan, kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(2), 226–233.
Wardani, I. Y. (2022). Pengaruh kualitas produk dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian ulang melalui kepuasan pelanggan pada 200 Café and Food di Kota Malang. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 3(2), 89–100.
Valentine, L., Airsyah, M. N., Rizono, S. B., Yuliranto, A., & Zaman, M. B. (2023). Analisis persepsi harga, cita rasa, kualitas layanan, dan fasilitas terhadap keputusan pembelian ulang Mie Gacoan Tegal: Studi kasus pada mahasiswa UMUS. GERMILANG: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 3(4), 425–443.
Ababir, R., Muttaqien, F., & Nawangsih. (2019). Analisis kualitas produk, word of mouth, dan lokasi terhadap keputusan pembelian mobil X-Trail pada PT. Wahana Wirawan Manado. Progress Conference, 572–581.
Suryani, S., & Rosalina, S. S. (2019). Pengaruh brand image, brand trust, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel moderating (Studi pada startup business unicorn Indonesia). Journal of Business Studies, 4(1), 49.
Wardani, A., Hartono, S., & Kustiryah, E. (2020). Keputusan pembelian ulang melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening ditinjau dari kualitas produk dan kualitas pelayanan pada Pasar Triwindu Surakarta. Jurnal Ilmiah Ekonomika, 4(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Manajemen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.